Menu
Categories
Tips Merebut Mayor sambil Berburu Badges FourSQuare
July 21, 2011 tentang TeKnoLoGi

Sejak makin ramainya pengguna akun FourSQuare, salah satu media jejaring sosial yang berbasis lokasi, loncat pagar menjadi seorang Jumper yang secara khusus melakukan aktifitas Check-In-nya hanya untuk berburu Badges dan juga status MayorShip (penguasa satu lokasi atau Venue), pihak FourSQuare tampaknya ingin memotong keleluasaan itu dengan menerapkan satu aturan baku.

Status Mayor hanya dapat dikuasai dan didapat secara Real Time dengan memanfaatkan aplikasi FourSQuare dan juga lokasi yang dapat dideteksi dari pemancar jaringan terdekat. Sedangkan perburuan Badges, masih dapat dilakukan dengan cara lama yaitu memanfaatkan halaman mobile version dari FourSQuare yang diakses melalui jendela browser. Sayangnya, di aktifitas terakhir yang namanya Mayor tidak bisa didapat seperti aktifitas melalui aplikasi tadi.

Wajar, ini dilakukan lantaran selama melakoni status sebagai Jumper sejak setahun lalu, kebanyakan para Mayor atau penguasa Venue di luar Negeri sana adalah orang-orang lokal atau Indonesia. Padahal sangat jelas yang bersangkutan bisa dijamin blom sekalipun menginjakkan kakinya secara nyata di lokasi yang dimaksud.

Menjadi seorang Mayor di satu Venue lokal tertentu, saya yakin tidak akan memiliki manfaat apa-apa kecuali yang bersangkutan hanya ini mendapatkan tambahan Badges khusus yang mensyaratkan 10 status Mayor pada Venue yang ada.

Sayangnya untuk bisa mendapatkan status Mayor seperti yang telah dijelaskan diatas, mutlak membutuhkan aplikasi FourSQuare yang artinya hanya terdapat pada ponsel pintar atau tergolong SmartPhone saja. Jadi berbahagialah bagi kalian yang memilikinya.

Karena Aplikasi secara otomatis mendeteksi keberadaan si pengguna berdasarkan lokasi pemancar terdekat, maka pintar-pintarlah untuk melakukan pencarian disekitar lokasi yang kerap dikunjungi utamanya pada Venue yang belum memiliki Mayor. Untuk Venue seperti ini rata-rata hanya memerlukan waktu dua hari dalam seminggu untuk dua kali Check-In. Sedang untuk Venue yang telah memiliki Mayor, minimal dua hingga lima hari dalam seminggu, tergantung pada aktifitas si Mayor venue. Makin lama waktu yang dibutuhkan untuk merebut Status Mayor, maka bisa ditebak, makin rajin pula yang bersangkutan melakukan aktifitas Check-In di Venue tersebut. Maka saran saya sederhana saja. Tinggalkan.

Untuk membuktikan analisa diatas, sayapun telah mencobanya selama dua minggu terakhir. Tidak kurang 50 Venue mampu saya rebut dan curi Status Mayornya yang secara kebetulan rata-rata Venue tersebut berada disekitar lokasi yang kerap saya kunjungi. Apabila Rekan sedang berburu Badges MayorShip, cara diatas dapat dilakukan kok.

Lain lagi Bagi yang ingin berburu Badges atau berprofesi sebagai Jumper. Apabila Badges mutlak mensyaratkan satu Venue tertentu dengan memFollow satu akun pengembang yang bekerja sama dengan FourSQuare, saran saya gunakanlah Browser ponsel dengan mengakses mobile version milik FourSQuare. Tipsnya pun masih sama yaitu gunakan jeda waktu yang agak lama untuk berpindah tempat, terutama yang lokasinya beda negara. Satu hari dijamin manjur untuk mendapatkannya.

Sedangkan untuk Badges umum milik FourSQuare yang biasanya hanya mensyaratkan satu Venue dengan Kategori atau Tag tertentu sehingga bisa berlaku di semua negara, Rekan bisa melakukannya dengan memanfaatkan versi mobile browser ataupun aplikasi. Yang terpenting disini adalah melihat kesesuaian logo kecil yang menyertai Venue tersebut dengan yang dipersyaratkan.

Namun bagi Badges yang mensyaratkan waktu tertentu untuk bisa mendapatkannya dan dalam waktu singkat Badges sudah tidak berlaku lagi, seperti halnya Badges FireWorks beberapa waktu lalu, saran saya cari petunjuknya secepat mungkin dan lakukan aktifitas Check-In terakhir, ย sehari sebelumnya. Jika terlewatkan ya pasrahkan saja. Hehehe…

"9" Comments
  1. Beberapa waktu lalu, saya sempat asik main 4sq bli, cuma belakangan ini kok agak males ya. Cuma sesekali saja check in, itupun kalau ingat.

    [Reply]

    pande Reply:

    Hehehe… kalo bermain secara Normal memang kurang mengasyikkan Wir. itu sebabnya musti nyambi jadi Jumper atau malah berburu Mayor :p

    [Reply]

  2. Kenapa ya akun 4sq saya sering macet alias ngadat + ga bisa dioperasikan lagi? Padahal saya susah payah mengumpulkan badge krn berlomba memperbanyak badge dg teman2.
    Saya sdh 3kali ganti akun 4sq, tp setiap sdh terkumpul lbh dr 12badge selalu saja akun saya bermasalah. Selalu kembali ke menu awal spt hrs login/sqalah password.
    Tolong bantu saya menyelesaikan masaalah ini yaa, thx a lot.

    [Reply]

    pande Reply:

    Kelihatannya punya pengalaman sama nih. Akun saya yang pertama juga gitu, jadi memang agak susah… Syukur, akun ketiga ini jalan mulus hingga sekarang. ๐Ÿ™‚
    Barangkali ada teman lain yang bisa membantu ?

    [Reply]

  3. mas, klo gak pnya Smart Phone..Ada gak aplikasi bisa dpt mayor? Gw blum dpt badge Super Mayor nih, tp gw gak pnya Smart Phone ๐Ÿ™

    [Reply]

    pande Reply:

    Sepertinya tidak… tapi gampang kok. Minta di-Jokiin sama temen yang punya smartphone saja. hehehe…
    Sama dengan saat berburu Badges Waze yang mutlak membtuhkan smartphone, ini bisa didapat dengan minta bantuan joki. ๐Ÿ™‚

    [Reply]

  4. Pingback: PanDe Baik » Nge-Jumper Expertise BadGe FourSQuare

  5. kenapa lokasi foursquare di hp saya nggak berubah, padahal saya sudah berpindah tempat…..saya di Bali…lokasi(peta foursquare di hp) masih di Jkt…mohon info dari kawan2

    [Reply]

    pande Reply:

    Bisa jadi karena opsi ‘pemberitahuan lokasi disetujui, juga base awal dimana pengguna mengaktifkan opsi tersebut…

    [Reply]

Leave a Reply
*