5 Alasan untuk segera Berpindah pada Android

11

Category : tentang TeKnoLoGi

Tahun 2011 bisa jadi merupakan tahun yang paling dinanti oleh para penggila ponsel SmartPhone, karena baru pada tahun inilah yang namanya ponsel pintar (ponsel yang mengadopsi sistem operasi) benar-benar bisa terjangkau oleh sebagian besar kantong masyarakat tanah air.

Dimulai dari perangkat Symbian yang berani menawarkan ponsel Nokia dengan kisaran harga 1,5 juta baik yang bermain pada desain qwerty maupun full layar sentuh. Sayangnya untuk bisa menurunkan harga hingga jangkauan tersebut, beberapa fitur terkini Nokia dengan terpaksa dipangkas.

Siapa sangka tak lama setelahnya, Android yang digawangi oleh beberapa brand yang sebelumnya sempat hampir tenggelam pamornya, ikut serta tampil dan langsung mencuat di kisaran harga terjangkau ini. Masih ingat dengan Promo LG Optimus Me tempo hari ? atau Samsung Galaxy Mini yang kurang lebih memiliki spec yang sama dan ditawarkan dengan harga yang sama pula ? siapa sih yang gag tertarik untuk ikut serta menjajal sebuah perangkat Android terkini, dengan rentang harga yang menawan ?

Jika alasannya masih pikir-pikir, well gag ada salahnya jika sekarang saya berikan 5 alasan tepat untuk dengan segera berpindah pada Android.

Pertama, sesuai bahasan diatas tentu saja variasi Harga. Android sejauh ini merupakan satu-satunya ponsel pintar yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi. Dari yang terjangkau, Best Buy ataupun kelas Premium. Tentu saja semua itu akan berbanding lurus dengan fitur dan kemampuan yang ditawarkan. Meski begitu, semurah-murahnya harga yang ditawarkan, dari segi fitur gag kalah bersaing kok. Lihat saja versi Android yang disertakan pada perangkat LG Optimus Me atau Samsung Galaxy Mini, 2.2 alias Froyo, standar Android masa kini (ssst.. Soal kelebihan Froyo, baca tulisan saya sebelumnya ya). Begitu juga dengan perangkat lokal CSL BlueBerry yang memberikan fitur sama dengan harga termurah, 1,15 Juta. Menarik bukan ?

Kedua, selain harga yang bervariasi, tentu saja ada beragam Brand yang bisa dipilih sebagai alternatif. Jika Symbian identik dengan Nokia, iOs dengan iPhone, begitu pula dengan BlackBerry, tidak demikian halnya dengan Android. Disini, apabila tidak ingin berkenalan dengan Samsung, silahkan melirik brand ternama lainnya seperti HTC atau Sony Ericsson. Atau bagi yang fanatis dengan Motorola, LG bahkan Philips pun ada. Bagaimana seandainya Budget sedikit cekak ? silahkan memilih perangkat lokal seperti CSL, IMO atau Nexian. Bagaimana ? belum tertarik juga ?

Ketiga, setelah harga dan brand, ada juga Desain perangkat yang bervariasi pula. Ngomong-ngomong soal variasi desain barangkali hanya ponsel yang menganut sistem operasi Symbian dan Windows Mobile saja yang sudah mampu menyamainya. Dari yang bentukan gembul lengkap dengan keypad qwerty, full layar sentuh, sliding keypad bahkan yang backflip pun ada. Belum lagi yang meang didesain untuk perangkat Outdoor, tahan debu, air dan guncangan. Hmmm… Bagaimana ? Bagaimana ?

Keempat, tentu saja giliran bicara kemampuan dan kelebihan fitur. Sudah membaca tulisan-tulisan saya terkait Android sejak bulan Maret lalu ? diajak bicara soal lifestyle jejaring sosial jelas mantap, diajak serius dengan pekerjaan kantoran juga oke, apalagi kalo diajak buat bersenang-senang dengan games-nya, waaahhh… bisa lupa waktu. Selain itu, fitur Tetheringnya yang mampu mengubah perangkat Android menjadi Portable Hotspot pun masih tergolong jarang ditemukan di perangkat lain. Kalopun ada, syaratnya musti pake bantuan kabel data, dan hanya bisa dibaca oleh satu perangkat yang disambungkannya, itupun musti install aplikasi sejenis terlebih dahulu. Ribet. Begitu juga bagi yang keranjingan Chatting, gag usah susah memaksa orang lain untuk membeli perangkat sejenis kalo Cuma untuk ngobrol gratis dan tukeran file lewat perangkat ponsel. Gunakan saja WhatsApp. Belum pernah dengar ? waduh…

Kelima atau yang terakhir, ini saya persembahkan bagi mereka yang gemar mencoba-coba aplikasi dan tentu saja Games. Android Market. Ada puluhan aplikasi dan juga Games yang ditawarkan di Android Market, dan yang terpenting… hampir semuanya, bisa diunduh, diinstalasi dan digunakan secara Gratis tis tis, tanpa dipungut biaya sepeserpun. Jika tidak suka, silahkan dihapus/uninstall dengan cepat. Jika memang tidak ada pilihan lain lagi, ya unduh kembali. Hehehe… varian dan fungsinya pun bermacam-macam, dari yang berkaitan dengan performa perangkat, produktifitas, perlindungan hingga yang bersifat hiburan seperti Thema atau Live Wallpaperpun ada. Syaratnya sederhana, punya alamat email dan koneksi data. Untuk yang terakhir, jika tergolong fakir koneksi, ya andalkan saja Hotspot gratisan di lokasi terdekat. Lumayan kan ?

Lima Alasan yang saya rasa sudah paling tepat untuk dengan segera berpindah pada Android. Bagaimana ? masih pikir-pikir juga ?


Comments (11)

wuaaahh,
Kalo saya lagi bingung nih,
Milih antara symbian s60v5 atau android..
Pngen nyoba android, tapi kalo pindah ke android, kasian pengunjung blog saya,
Hehehehe

[Reply]

pande Reply:

Hehehe… tadi sempet mampir. Tapi gag ada salahnya tetap prof dibidang S60v5 mumpung masih banyak orang yang pake. Saya pribadi lebih pro ke Android lantaran layar sentuhnya yang luwes tapi dengan harga yang terjangkau. hehehe…

[Reply]

Saya menyayangkan rilis N9 kemarin adalah ponsel Nokia terakhir yang berbasis Linux/MeeGo, sepertinya mereka akan beralih ke Windows Mobile.

Sementara saya sampai saat ini belum tertarik untuk menggunakan Androids, sepertinya selera saya belum ada di sana.

[Reply]

pande Reply:

Bukan ‘sepertinya’ lagi, tapi sudah beralih. Sementara Symbian masih tetap dikembangkan.
Android bagi saya pribadi sudah seperti Windows Mobile jadul. Pekerjaan, Games, SosMed, aplikasi dll sudah nyatu semua disitu. Sayangnya Win Phone 7 blom semapan itu. :)

[Reply]

Cahya Reply:

Kalau ada dana, saya sih ambil iPhone saja :D .

[Reply]

pande Reply:

ah, kalo saya ada dana, ambil Android murah aja. kan bisa dapet 3 biji ? :p

Kalo sy sih dari dulu nggak tertarik dgn NOKIA… hp pertama yg sy miliki Ericcson…. trus tambah 1 lagi.. motorola… trus capek pake 2 hp… ganti dgn Taxco V2 yg dual sim biar effisien… akhirnya tahun ini saat android blom ngetop… disaat orang berlomba membeli BB sy justru berburu Smartphone Android di china… akhirnya pilih Star A3000 dual sim proyo… saat itu paling murah cuma 1,6 jt udah ongkos kirim… intinya sy selalu mencari yg BEDA. Menggunakan Android emang beda… dengan bermacan type dan harga handset yg dapat disesuaikan dengan kantong… jauh lebih canggih dari BB atopun IP… cukup modal 35ribu per bulan (pake three unlimited) sy sdh bisa ber ONLINE EVERYDAY EVERYTIME…

[Reply]

pande Reply:

Ngomong”soal BEDA, saya pribadi dulu lebih suka dengan Handset Windows Mobile. salah satunya masih saya simpan sampai sekarang. :)

[Reply]

Konon dari segi kualitas iphone tetap no. 1.
salam

[Reply]

pande Reply:

Prinsip ada harga ada kualitas, bisa jadi hampir berlaku untuk semua hal, tak terkecuali gadget. Sayangnya harga iPhone bisa dikatakan sangat tidak terjangkau oleh sebagian besar pengguna gadget di negeri ini. That’s why Android still the Best :p

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge