Menu
Categories
TweetDeck, Aplikasi Wajib Jejaring Sosial pada Android
June 3, 2011 tentang TeKnoLoGi

Pernah merasa kewalahan untuk berinteraksi lewat semua akun jejaring sosial dalam satu waktu melalui perangkat ponsel ? jangan khawatir, kalian tidak sendiri. Hehehe…

Memiliki satu akun FaceBook untuk berteman dan cuap-cuap di dunia maya sepertinya tidaklah cukup. Belum lengkap jika tanpa diselingi dengan Twitter dan tentu saja FourSQuare. Bisa jadi ada banyak lagi yang dimiliki, seperti MySpace, HiFive atau bahkan buatan anak bangsa yang diakusisi Yahoo, Koprol. Lantas, bagaimana caranya agar bisa tetap eksis didunia maya tanpa perlu direpotkan banyak aplikasi jejaring sosial dalam sebuah perangkat ponsel Android ? Gunakan saja TweetDeck.

TweetDeck merupakan sebuah aplikasi StreamReader yang dikembangkan oleh Ian Dodsworth dimana memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih banyak akun lintas jejaring sosial melalui satu tampilan layar. Aplikasi yang pada awalnya diperuntukkan bagi pemilik dan pengguna akun jejaring Twitter ini, telah dikembangkan ke berbagai Platform seperti Microsoft Windows, Mac, linus bahkan perangkat mobile seperti Apple dengan iOS-nya dan tentu saja Android. Dalam perjalanannya, selain mampu mendukung Twitter, aplikasi ini pun mampu menjalankan beberapa akun jejaring sosial lainnya seperti FaceBook, MySpace, Linkedin dan juga FourQuare.

Uniknya, dengan menggunakan aplikasi TweetDeck ini, pengguna dapat melakukan Update Status (istilah beken para pemilik akun jejaring sosial), secara serempak di semua akun yang dimiliki. Saya pribadi hingga kini telah menggunakannya untuk akun Twitter, FaceBook dan FourSQuare sekaligus.

Dalam menggunakan aplikasi  TweetDeck ini, pengguna dapat melakukan perintah ReTweet, Reply dan  Reply All untuk akun Twitter, Comment dan Like untuk akun FaceBook serta Shout untuk akun FourSQuare ditambah masing-masing fungsi tambahan Share dan Translate bagi yang kesulitan untuk memahami Tweet rekan lain. Sedangkan untuk Update Statusnya selain menginputkan karakter huruf, TweetDeck juga mampu untuk berbagi gambar/foto dan juga Lokasi.

Untuk dapat mengenali penggunaan masing-masing akun, TweetDeck memberikan opsi perbedaan warna untuk menandai akun. Abu tua untuk Twitter, Biru tua untuk FaceBook  dan Biru muda untuk FourSQuare. Kalaupun pengguna menginginkan agar TweetDeck membedakan layar untuk masing-masing akun pun bisa. Tinggal menambahkan kolom tersendiri (add Column) untuk setiap akun yang dimiliki.

Fitur ‘add Column’ ini bisa juga digunakan untuk menambahkan kolom tersendiri bagi akun Twitter  Pribadi atau yang secara mengkhusus membahas topik tertentu seperti BaleBengong dengan topik seputar Bali, BlogDokter dengan info seputar Kesehatan, TeknoUp dengan info seputar Teknologi, GadgetLover dengan info gadget terkini, Ditlantasbali dengan info lalu lintas atau OrangDewasa dengan info ‘dewasa’nya.

Penggunaan TweetDeck sebagai salah satu media yang menggabungkan berbagai akun jejaring sosial dalam satu aplikasi, rupanya memiliki pesaing bernama Seesmic yang dapat pula ditemukan pada ponsel Android bahkan NoteBook dengan basis Microsoft Windows sekalipun. Namun pada intinya, ketimbang kerepotan dalam mengelola banyaknya akun jejaring sosial dalam sebuah perangkat ponsel khususnya Android, mengapa tidak ?

 

"7" Comments
  1. Ngopi yuk,,,masih subuh

    [Reply]

  2. Wajib baca nih!!”

    [Reply]

  3. Pada komputer di saya juga menggunakan TweetDeck bli..

    [Reply]

    pande Reply:

    TweetDeck di NoteBook cuma terkadang saja makenya. itupun kalo ingat. :p selama ini untuk NoteBook, saya menggunakan Seesmic

    [Reply]

  4. saya mau tanya , gimana cara nutup akun tweetdeck di samsung galaxy ace ya? saya nyari2 ga ketemu2, dan sampe sakarang ga saya tutup2. mohon bantuannya.. 🙂

    [Reply]

    pande Reply:

    Untuk TweetDeck memang tidak ada fitur Menutup Aplikasi, namun masih bisa “dipaksa” dengan menggunakan Task manager atau Advanced Task Killer. Kalopun fitur Log out siy ada, tapi kalo mau membukanya kembali ya musti Log In lagi. 🙂

    [Reply]

    bee Reply:

    tapi letal logoutnya dimana ? saya nyari juga gag ada..

    [Reply]

Leave a Reply
*