Gag sempat buka NoteBook di Proyek ? Gunakan saja AutoCAD WS for Android

2

Category : tentang TeKnoLoGi

Entah sejak kapan saya mulai jatuh cinta dengan aplikasi yang berbasis web, aplikasi yang kurang lebih tidak terlalu banyak menghabiskan memory bagi penggunanya namun akan sangat bergantung pada koneksi internet ini. Menggunakan Email, BLoG atau bahkan ketika membuat rencana dasar Sistem Informasi Jalan Raya saat Thesis tempo hari.

Cara kerja aplikasi macam ini kalo saya gag salah mengerti, hanya membutuhkan satu aplikasi master serta space tambahan untuk data yang diinstalasi dan dijalankan pada Server, untuk kemudian diakses oleh banyak orang yang tak lagi dibatasi tempat, lokasi, waktu hingga perangkat. Namun tentu saja aplikasi tersebut mutlak menyediakan tampilan (User Interface) yang mudah digunakan baik oleh orang awam ataupun memang diperuntukkan bagi mereka yang bergerak dalam bidang tersebut.

Selain minimnya kapasitas memory yang dihabiskan (karena master installer dan tentu saja data hanya diletakkan pada komputer Server), pengguna lain juga mampu mengakses aplikasi hanya berbekal alamat dan akun apabila aplikasi tersebut menyediakan opsi untuk membuat user data sehingga para pengguna pun mampu melakukan penyimpanan data dalam jumlah tertentu untuk mendukung aktifitasnya.

AutoCAD dikenal luas sebagai salah satu aplikasi standalone (berdiri sendiri) yang dikembangkan oleh AutoDesk yang secara khusus bergerak di bidang grafis vektor 2D maupun secara 3D. Bagi yang sudah kerap menggunakannya, AutoCAD merupakan salah satu aplikasi yang membutuhkan memory space tidak sedikit ditambah pula dengan kartu grafis untuk mempercepat proses Rendering. Itu sebabnya, seorang pengguna sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat pc ataupun NoteBook untuk kebutuhan grafis AutoCAD, yang  mutlak dipersyaratkan adalah Space Hard Disk, Memory RAM dan kartu Grafis. Lantas bagaimana seandainya kondisi yang dihadapi tidak memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap satu gambar desain (membuka sebuah NoteBook), dimana saat yang sama, satu keputusan akan perubahan gambar mutlak dibutuhkan  ?

Jika disitu terdapat sebuah perangkat/ponsel Android dan tentu saja koneksinya, Gunakan saja AutoCAD WS for Android.

AutoCAD WS for Android merupakan satu terobosan baru dari pengembang AutoDesk, yang memungkinkan penggunanya melakukan Viewer dan Editing pada sebuah gambar desain secara online melalui sebuah perangkat Android tanpa membutuhkan penghabisan Space serta Memory yang besar. Tinggal Sign In dan buka file gambar yang telah disimpan sebelumnya dalam akun tersebut.

Dari beberapa percobaan yang saya lakukan dalam mengoperasikan AutoCAD WS for Android ini, koneksi internet merupakan satu hal yang mutlak. Aplikasi tidak akan bisa digunakan apabila Proses Sign In (Log in) belum dilalui oleh setiap penggunanya. AutoCAD WS yang merupakan salah satu aplikasi berbasis Web, tentu saja sangat bermanfaat bagi mereka yang jarang memiliki waktu untuk membuka NoteBook, mengoperasikannya serta melakukan editing apalagi dalam keadaan mobile.

Saat melakukan fungsi Editing ternyata AutoCAD WS for Android memiliki kemampuan untuk mengakses tampilan gambar dalam Model maupun Layout. Beberapa fungsi dasar AutoCAD seperti Copy, Move, Rotate ataupun Line, Polyline, Circle,  Rectangle dan juga oSnap pun dapat digunakan dengan baik. Pula dengan pengukuran dimensi satu objek sekalipun. Tak hanya itu, Editing dapat pula memanfaatkan opsi painttool yang memungkinkan pengguna menggambarkan garis-garis sketsa buatan tangan.

Mengingat salah satu kelebihan AutoCAD WS for Android ini adalah pengguna mampu melakukan Editing ataupun Viewer satu desain dari mana saja dan kapan saja, maka salah satu opsi yang mutlak dilakukan adalah meng-upload atau menyimpan gambar desain tersebut dalam database personal akun yang telah dimiliki. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk itu, melalui perangkat Mobile Android dan perangkat PC/NoteBook.

Sejauh ini aplikasi AutoCAD WS baru tersedia hanya untuk perangkat Android dan tentu saja iPhone. Bisa didapatkan melalui Android Market atau App Store secara Gratis. Aplikasi serupa dahulu pernah juga saya gunakan, saat masih betah dengan OS Windows Mobile, sayangnya kemampuan yang dimiliki aplikasi tersebut (kalo gag salah namanya Cad Viewer) hanyalah sebagai Viewer saja, itupun gambar mutlak diposisikan pada Model, bukan layout. Ukurannya cukup ringkas, sekitar 800kb.

Untuk perangkat Nokia, sepengetahuan saya sih ada, hanya saja ya untuk bisa menggunakannya musti bayar $77. Itupun seri yang didukung adalah Symbian yang berlayar Landscape seperti E63 atau E71. Sedangkan untuk perangkat BlackBerry, ada yang tahu barangkali ? hehehe…

 


Comments (2)

Waahh..baru tau kalo gambar CAD bisa d buka d ponsel android..mantap tuh..tapi tentu saja tidak seleluasa buka d PC ya..ckckck :)

[Reply]

pande Reply:

Yup, memang tidak seleluasa di PC, tapi bisa diandalkan saat dibutuhkan kok. :)

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge