Antara Yahoo! Answer dan Semangat nge-BLoG PanDe Baik ; Happy Anniversary 5th BLoG www.pandebaik.com

4

Category : tentang DiRi SenDiri

Entah apa yang saya pikirkan ketika memutuskan untuk bergabung di Yahoo! Answer awal April lalu. Hanya sekedar ingin tahu, penasaran bahkan ada juga rasa untuk ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Hasilnya lumayan. Dalam jangka waktu satu setengah bulan, saya mampu meraih posisi di Level 4 dengan jumlah Poin 2.547, 130 Jawaban Terbaik dari 380 jawaban yang saya berikan dengan tingkat prosentase sebesar 25%. Hasil ini pula akhirnya memberikan ganjaran sebagai Kontributor TOP Yahoo! Answer pada kategori PDA & Gadget. Ada sedikit kebanggaan bahwa Level tersebut bisa dicapai dengan cara yang baik dan benar.

Memang tidak ada penghargaan khusus yang diberikan setiap kali jawaban yang kita berikan dinyatakan sebagai jawaban terbaik oleh si Penanya, namun ada juga rasa bangga ketika apa yang kita sampaikan minimal mendapatkan respon atau paling tidak bisa berguna bagi orang lain. Sebuah Spirit yang sama dengan aktifitas BLoG yang sudah berjalan 5 tahun ini.

26 Mei 2006 merupakan awal dari semua perjalanan www.pandebaik.com. Saat itu BLoG masih merupakan pengetahuan baru bagi saya, hingga isi tulisan saat itu beneran narsis abisss. Kadang jadi malu juga kalo lagi membacanya. Menumpang di alamat gratisan milik blogspot, hampir tidak ada pengunjung yang berkenan mampir saat itu. Baru mulai terdengar ketika saya mendapatkan voucher Free Hosting dari acara Launching-nya Bali Blogger awal tahun 2008 lalu. Itupun domain yang saya gunakan sudah tidak gratisan lagi. PanDeividuaLity.net. Sebuah nama yang sulit diingat bukan ?

Alamat www.pandebaik.com baru saya gunakan ketika melakukan Hijrah tempat hosting dari RakhaHost ke Bali Orange, dan masih berlangsung hingga hari ini. Pasca perpindahan ini rasanya semangat untuk menulis BLoG saya jadi makin besar. Makin jadi kecanduan, Addict dan sepertinya jadi makin gag bisa tidur kalo belum menulis. Hampir selalu ada saja yang namanya Ide Tulisan bersliweran di kepala. Dari yang gag penting sampe yang gag nyambung. He… Datang tiba-tiba meski sesaat sebelum beranjak tidur.

Berbagi pengetahuan dan pengalaman pada akhirnya menjadi misi terakhir yang saya lakukan untuk selalu konsisten menulis, meski jarak publikasi antara satu tulisan dengan tulisan lainnya memerlukan jeda waktu 2-3 hari sekali. Ini saya siasati lantaran waktu untuk menulis sudah tidak lagi bisa full day akibat dari beban pekerjaan dan tentu saja kehadiran Mirah GayatriDewi, putri kecil kami. Beberapa tema yang sempat saya tulis secara beruntun diantaranya Reuni SMA 6 Denpasar Angkatan 1992 bulan April 2010 lalu, kesibukan baru bersama LPSE Badung, merintis terbentuknya organisasi pemuda keagamaan Yowana Pande, Berburu BadGes FourSQuare, berbagi Tips penggunaan FaceBook atau bahkan Android yang sebulan terakhir saya lakukan. Semua itu muncul begitu saja tanpa ada beban yang harus saya pikul.

Di tahun kelima ini pula BLoG www.pandebaik.com mulai memasuki masa-masa yang yang barangkali sejak dua tiga tahun lalu sudah terpikirkan. Moneytize BLoG. Minimal mampu mendatangkan sedikit pemasukan sekedar untuk menggantikan biaya Domain dan Hosting tiap tahunnya. Terima Kasih untuk Warung BeBeque dan Mai Bus. Tapi Ngomong-ngomong soal Hosting, di tahun ini pula pada akhirnya saya memutuskan untuk menaikkan space hosting dua kali lipatnya. Ini saya lakukan setelah melihat sisa space yang ada sudah rada mepet-mepet, minta diselamatkan. Begitu juga dengan Bandwidth bulanan yang dinaikkan pasca kasus peghinaan Nyepi bulan Maret lalu, kunjungan langsung melonjak hingga 2500 orang dalam seharinya. Bersyukur satu bulan terakhir sudah kembali normal. Ternyata susah juga ya kalo yang namanya Traffic naik drastis ? hehehe…

Bersyukur pula yang namanya Spirit nge-BLoG masih bisa berlangsung seperti biasa. Tersendat-sendat. Hehehe… jadi makin sulit ketika mulai berkenalan dengan Yahoo! Answer. Keasyikan berbagi yang saya temukan dalam menjawab setiap pertanyaan (yang saya kuasai tentu saja Meskipun terkadang membuat ilfil lantaran banyaknya pertanyaan yang saling menghujat Agama), membuat waktu untuk menulis dalam bentuk tulisan BLoG makin lama makin sedikit saja. Bahkan Tulisan inipun datangnya last minute dan dituliskan ya last minute juga. Walau begitu, ada rasa senang ketika jawaban itu saya kirimkan.

Sudah lima tahun ya ternyata. Gag terasa memang. Dari 1.790 tulisan yang hingga kini ada di halaman  www.pandebaik.com ada sekitar 63 Draft Tulisan yang batal untuk dipublikasikan. Penyebabnya sederhana, karena ada beberapa tulisan yang saya buat jauh sebelumnya, kemudian disimpan terlalu lama sehingga baik konteks ataupun unsur faktual yang ada dalam tulisan tersebut malah menjadi basi dan tidak akurat. padahal saat dibuat sudah diusahakan dengan berbagai data yang terkini. Tapi ketimbang dibuang, saya biarkan saja tetap disitu.

Yah, meski agak tersendat, semoga BLoG ini masih bisa setia menemani hari –hari berikut dengan informasi ataupun cerita yang minimal bisa berguna kelak bagi yang membacanya. So, Happy Anniversary 5th BLoG www.pandebaik.com.


Comments (4)

Berburu poin rupanya :) – btw, kok ndak ada undangan syukurannya :D .
Cahya´s last blog post ..Seperti Dulu–Belajar dari Dasar

[Reply]

pande Reply:

hehehe… begitu masuk level 4, sudah gag ngotot lagi ngejawabnya. itupun dipicu pula karena banyaknya kesibukan seminggu terakhir. :)

[Reply]

emang kalo lebel semakin tinggi efeknya apa?

[Reply]

pande Reply:

Salah satu efek positifnya adalah tingkat kunjungan. karena dalam setiap jawaban, selalu dicantumkan alamat link baik blog ataupun tulisan yang dijadikan sebagai alternatif solusi. apalagi jika Jawaban tersebut kemudian menjadi yang Terbaik, sehingga lebih sering dilihat dan dikunjungi pengguna lain… hehehe…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge