Review Samsung Galaxy Tab GT-P1000

Hampir tidak ada hal yang istimewa ketika perangkat mantap buah karya brand ternama Samsung sampai ditangan saya Jumat pagi kemarin. Satu-satunya yang sempat mengingatkan kekaguman saya akan keindahannya adalah dimensi layar yang mencapai ukuran 7” seakan membuat perangkat Samsung Galaxy ACE S5830 yang begitu saya banggakan selama ini terlihat seperti sebuah mainan anak-anak.

Samsung Galaxy Tab GT-P1000.

Ketika untuk pertama kalinya saya menjajal secara langsung perangkat tabletPC berbasiskan Android ini di gerai Sellular World, jalan Teuku Umar Denpasar, saya sudah yakin bahwa Samsung Galaxy Tab bakalan menjadi yang terbaik dikelasnya. Dengan spesifikasi prosesor 1 GHz dan 16 GB Storage, ditambah daya sebesar 4000 MAh sepertinya sudah cukup untuk menggantikan perangkat NoteBook yang saya miliki meski tidak secara keseluruhan. Minimal, untuk kebutuhan Browsing di dunia maya atau hanya sekedar ber-Social Media, sudah bukan merupakan satu masalah lagi.

Layar lebar 7” yang diusungnya memang secara otomatis menyebabkan dimensi Samsung Galaxy Tab tergolong besar untuk ukuran manusia normal. Tapi untuk saya ? Pas banget. Malahan saat dipegang, membuat orang lain malah mengira kalo perangkat Samsung Galaxy Tab punya rilis baru 5”, hehehe…

Memang, jika dibandingkan dengan perangkat Samsung Galaxy ACE yang selama ini saya gunakan, tidak banyak hal baru yang saya temukan pada perangkat ini. Baik secara pengoperasian perangkat maupun aplikasi. Barangkali jika disandingkan, hanya ukuran layar dan tampilan iconnya saja yang terlihatjelas perbedaannya.

Meski begitu, setelah diuji dalam waktu singkat dan berusaha untuk lebih mendalam, barulah terlihat beberapa perbedaan antara perangkat Samsung Galaxy Tab dengan perangkat Samsung Galaxy ACE yang saya miliki ini.

Dilihat dari Menu Setting atau Pengaturan Wifi Tetheringnya, terdapat pemisahan fungsi antara MobileAP (mengubah perangkat Android menjadi Portable Hotspot secara free tanpa kabel) dengan USB Tethering (menjadikan perangkat Android sebagai modem khusus melalui kabel data). Hal yang kentara lainnya terlihat saat uji coba untuk menghapus serta menggandakan File melalui menu Myfiles. Jika pada perangkat Samsung Galaxy ACE, aktifitas tersebut dapat diakses dengan menekan file agak lama untuk memunculkan menu tambahan, tidak demikian halnya dengan perangkat Samsung Galaxy Tab. Ditekan berapa lamapun, menu yang diharapkan tak jua muncul. Namun jangan khawatir, untuk memunculkan menu yang dimaksud, tinggal menekan terlebih dahulu tombol virtual Pilihan yang terdapat layar bawah. Tampilan Pilihan akan berubah menjadi menu tambahan untuk fungsi Hapus, Copy ataupun Cut. Sedangkan tampilan files akan menambahkan tampilan kotak yang dapat dicentangkan disebelah kanan nama files.

Apabila dalam perangkat Samsung Galaxy ACE baik tampilan Menu dan Homescreennya hanya mampu menyajikan icon Grid 4×4, dengan layar lebar Samsung Galaxy Tab yang resolusinya mencapai 1024×600 pixel, mampu menyajikan Menu dengan icon grid 4×5 dan pada Homescreen dengan icon grid 5×5.

Ditilik dengan menggunakan Utility Elixir, dapat diketahui bahwa berkat sistem operasi Android versi 2.2 atau yang dikenal dengan istilah Froyo ini, memilah 16 GB kapasitas memory Internal menjadi 3 (tiga) Storage. Yaitu Storage untuk Aplikasi sebesar 2 GB, Storage untuk Games sebesar 2 GB dan Storage untuk data pribadi sebeasr 12 GB. Pembagian ukuran Storage untuk Aplikasi maupun Games, bagi saya pribadi sudah lebih dari cukup untuk mengunduh dan menampung puluhan Aplikasi dan Games yang disediakan Android Market.

Dengan besaran layar hingga 7” tentu saja aktifitas berinteraksi dengan dunia maya, baik itu untuk ber-Social Media, membaca berita ataupun untuk beraktifitas dengan Sistem SPSE/LPSE membuat mata menjadi jauh lebih nyaman ketimbang saat menggunakan perangkat Samsung Galaxy ACE S5830. Apakah ini artinya sudah saatnya untuk beralih ?

* * *

Bagi mereka yang sudah pernah mengalami mantapnya Android, apalagi dalam versi terkini seperti Froyo, saya rasa tidak akan banyak hal baru yang ditemukan dalam perangkat Samsung Galaxy Tab GT-P1000 ini, seperti halnya saya. Namun, Bagi mereka yang baru pertama kali bersua dengan Android apalagi dalam ukuran layar 7″, saya yakin akan banyak hal dan pengalaman baru  yang bisa dirasakan. Cobain deh…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

24 thoughts on “Review Samsung Galaxy Tab GT-P1000

  • July 7, 2011 at 9:33 am
    Permalink

    Pande yang baik hati, tolong bantuin saya yang sedang pusing ini. Saya rencananya mau beli HP yang enak dipakai browsing, buka dokumen (pdf, doc) dan mempunyai resolusi gambar yang lumayan untuk lihat video dan cukup enak dengerin musik. Setelah saya browsing sana-sini, pilihan saya jatuh ke Galaxy Ace, apalagi ternyata bisa jadi portable modem. Pertanyaan saya apakah dengan budget 2-4 juta, ada HP yang lebih baik dari ACE. Lebih baik dalam arti, bisa mendapatkan apa yang saya mau dengan harga yang lebih murah atau dengan nambah sedikit bisa dapat HP yang jauh lebih baik dari ACE untuk memnuhi keinginan saya.

  • July 7, 2011 at 12:05 pm
    Permalink

    Kalo soal yang sedikit lebih murah tapi kualitasnya setara ACE, coba lirik Samsung Galaxy GIO. Spek sama dengan ACE, minus Kamera yang cuma 3,2 MP.

  • July 27, 2011 at 6:43 pm
    Permalink

    Saya tidak menyesal memiliki samsung tablet ini, bahkan rasanya saya gak perlu smartphone yang bisa push mail, saya bisa chat dari ym, semua email yang masuk bisa saya baca layaknya sms. Kerjaan jadi mantap karena bisa kerja dimana saja.

  • July 28, 2011 at 8:09 am
    Permalink

    Mantap… Untuk Tab, bagi pengguna pertama saya yakin memang sangat memuaskan….

  • August 8, 2011 at 2:51 pm
    Permalink

    Saya baru beli Samsung tab GT-P1000

  • August 10, 2011 at 9:05 am
    Permalink

    Mantap… ayo berbagi ilmu penggunaanya dong

  • August 11, 2011 at 11:47 am
    Permalink

    Hi all. Saya pengguna galaxi tab gt-p1000; Yg saya tanyakan. Bagaimna setting camera depan ketika video call. trus ne galaxi juga sering error force n hang.knp yah,hang dlm artian tdk bsa disentuh layarnya. Thanks

  • November 18, 2011 at 3:09 pm
    Permalink

    sama dengan punya saya bro, Galaxy tab P1000 sering Hang mesti dimatikan dahulu, trus waktu video call, tidak keluar gambar hanya suara saja. tapi nggak ada yg replay nih komentarnya mas thom.

  • February 21, 2012 at 3:56 pm
    Permalink

    bang pande, mo tanya donk,
    kalo di menu sd card and device storage itu ada tulisan internal memory – total space 12.66gb trus available space 12.43gb, trus internal device – space available 1.41gb itu berarti memori internal tabnya berapa ya? trus kan itu available-nya lumayan gede ya (kata saya sih.. :p) tapi koq kalo diinstal aplikasi lagi udah ga mau ya? peringatannya space memori udah ga cukup gitu yak?? :-/
    mohon pencerahannya ya? ^_^

  • March 4, 2012 at 3:35 pm
    Permalink

    Pertanyaan ini saya jawab paling akhir. lantaran agak panjang.
    Soal Space Storage pada Tablet, biasanya kalo keterangannya begitu, internal memorynya ada 16 GB. yang biasanya lagi, musti dibagi dua. Satu untuk Storage Aplikasi dan Games, kisaran 2 GB kalo gag salah. dan sisanya Storage untuk Data, entah musik, foto, dll…
    Jadi kalo melihat dari keterangan diatas, artinya dari Space 2GB masih tersisa 1,4 GB untuk diinstalasi Aplikasi dan Games, sedang yang 12, 43 GB untuk Data…

    Nah, soal install aplikasi yang gag mau, coba cek dulu sisa besaran Memory RAM yang dipergunakan. Bisa lewat Task Manager kalo itu perangkat Samsung.
    Biasanya kalo sisa ini tinggal dikit, perangkat bakalan menolak dilakukannya instalasi tambahan. Perilaku ini kurang lebih sama dengan pola kerjanya PC/Notebook.
    Jadi ya gag berkaitan dengan internal Memory tadi.

    Solusinya ya mengurangi penggunaan Memory RAM secara optimal. Bisa dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di awal boot perangkat juga menghentikan secara paksa aplikasi yang berjalan di background.
    Salah satu utility yang bisa digunakan adalah Optimize Android Toolbox atau Startup Manager dan Memory Optimizer.

    Lantas bagaimana cara menginstalasi Utility itu, ya caranya dengan melakukan uninstall beberapa aplikasi/games terlebih dahulu untuk membebaskan Memory RAM yang tergunakan. lakukan Restart dan install dahulu Utilitynya sebelum menginstall kembali aplikasi/games yang dihapus tadi. :p

  • March 4, 2012 at 3:40 pm
    Permalink

    Kalo masih masih bisa masuk ke kondisi Standby, lakukan pengecekan pada sisa RAM/memory yang digunakan. Force Closed kerap terjadi ketika perangkat kekurangan RAM/Memory untuk menjalankan aplikasi lainnya dilatar belakang.

  • March 4, 2012 at 3:42 pm
    Permalink

    Akan tetapi jika masalah ini terjadi saat Start dan tidak mampu menyajikan gambar, coba kontak langsung ke Service Centre. Jelas ini tugas mereka untuk menanganinya, bukan Konsumen. :p

  • March 6, 2012 at 9:33 am
    Permalink

    ooh….gitu ya, hmmm…bagus banget penjelasannya, makasih banget bang pande yang baik ^_^

  • March 10, 2012 at 2:17 am
    Permalink

    mau tanya : saya punya samsung galaxy ace dan os nya pake ginger bread / android 2.3 , saya mau coba nonton tv lewat internet misalnya pake indotv ataupun pake mytrans tapi tidak bisa, karena mesti membutuhkan adobe flash player, dan sepertinya mungkin tidak ada adobe flash player yang cocok dengan android 2.3 , kira-kira android versi apa yang cocok dengan adobe flash player dan adanya di hp samsung yang mana?????

    tanya lagi nih : saya baru pertama kali pake hp android samsung tersebut, ada keluhan lagi , kenapa ya….energi baterai cepat habis padahal sudah di charge penuh???? terus aplikasi aplikasi yang berjalan dibelakang layar tidak semua bisa kelihatan????? terimakasih

  • March 10, 2012 at 4:57 pm
    Permalink

    Halo Ahmad.
    Untuk Flash Player, sialnya di Galaxy Ace memang gag mendukung dari pabrikannya, meski memang ada yang mencoba membuatkannya, dari China kalo gag salah, Flash Player khusu untuk Galaxy Ace. Sayangnya, pas saya uji memang benar, bisa membantu untuk menjalankan aplikasi yang mensyaratkan FP, tapi gag enaknya, ponsel jadi terasa berat buat loading app yang lain…
    Sedang hp samsung yang mana yang sudah mendukung FP, ada Galaxy W keatas termasuk SII

  • March 10, 2012 at 5:40 pm
    Permalink

    Sedang untuk daya tahan Batere Android merupakan salah satu kelemahan yang paling besar. Ini akibat keharusan untuk online agar bisa mengoptimalkan fungsi perangkat.
    Untuk mengatasinya ya sederhana saja, matikan jaringat internetnya saat sedang tidak dibutuhkan, saat jam kerja misalnya atau saat tidur…
    Sedangkan untuk aplikasi yang berjalan di belakang layar bisa dilihat pada fitur Task manager atau utility lain seperti optimize ToolBox

  • May 6, 2012 at 8:54 pm
    Permalink

    Mau tanya nih samsung galaxy tab saya hang dimatiin gak bisa, disentuh apapun jg gak gerak, kenapa ya?

  • May 7, 2012 at 8:34 pm
    Permalink

    Kalo dari pengalaman iPad kemarin sih, akhirnya terpaksa dengan cara menunggu batere habis dan mati sendiri, soale gag bisa buka batere. 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.