Yuk Mudah Mengelola Email dengan Android

14

Category : tentang TeKnoLoGi

Android memang sangat identik dengan brand mesin pencari Google, karena mereka yang melahirkan dan mengembangkannya. Jika bicara Google, salah satu yang kemudian terlintas adalah ketersediaannya akun Email yang lebih sering dikenal dengan Gmail.

Bisa dikatakan keberadaan pengguna akun Gmail hampir setara dengan penggunaan akun email pesaingnya, Yahoo. Saya katakan demikian, karena untuk wilayah Indonesia, hanya dua akun ini saja yang paling banyak digunakan sebagai alamat email favorit, baik dengan domain internasional (dot com) ataupun regional (dot co dot id). Termasuk salah satu diantaranya, Komisi VIII DPR RI. Hehehe…

Meskipun Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google, bagi Rekan-rekan yang sudah terlanjur menggunakan email Yahoo-pun masih memungkinkan untuk mengelola email dengan baik pada perangkat ponsel atau mobile berbasiskan Android. Hal inipula yang tempo hari sempat menjadi kekhawatiran seorang rekan sekaligus Senior di Arsitektur, sesaat sebelum memutuskan untuk membeli perangkat Samsung Galaxy ACE S5830.

Secara sepintas, dalam perangkat Android memang hanya menyediakan satu aplikasi pengelola email, yaitu Gmail yang artinya tidak akan mampu mengelola akun email yang berasal dari domain lain seperti Yahoo. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi pengolah email milik Yahoo dari Android market secara gratis. Namanya Yahoo! Mail.

Untuk dapat mengelola akun email baik dalam perangkat Android dengan menggunakan domain Gmail ataupun Yahoo!, pengguna tinggal memasukkan username dan passwordnya saja. Cukup mudah bukan ? Sedang untuk pengaturan lainnya, secara otomatis akan diatur oleh perangkat Android hingga email siap digunakan.

Kedua aplikasi Pengolah Email ini dapat difungsikan sebagaimana layaknya fitur Push Email dalam perangkat BlackBerry selama yang namanya koneksi Internet tetap selalu terhubung. Asyiknya, tidak ada batasan jumlah email yang mampu dikelola dengan aplikasi tersebut.

Lantas bagaimana dengan mereka yang memiliki akun email dengan menggunakan domain pribadi atau perusahaan ? jangan khawatir, gunakan saja aplikasi Default pengolah Email milik Android. Hanya saja, untuk melakukan pengaturan pengolah email lebih lanjut dibutuhkan sedikit pengetahuan tambahan terkait Username, Incoming serta Outgoing Mail Server lengkap dengan port yang digunakan. Pengaturan tersebut dapat dilihat dari pengaturan email Client yang biasanya disertakan dalam akun email.

Untuk saat ini, selain 4 (empat) akun dari domain Gmail dan 1 (satu) akun dari domain Yahoo! Yang telah saya gunakan, ada juga 2 (dua) akun email dari domain PanDeBaik.com, 2 (dua) akun milik LPSE Badung dan 1 (satu) akun milik Dinas Bina Marga dan Pengairan Badung, berhasil dengan baik saya Set dan kelola melalui perangkat Android Samsung Galaxy ACE S5830 ini. Menakjubkan bukan ?

Hanya saja ternyata, dengan menggunakan aplikasi yang terakhir saya sebutkan diatas (pengolah Email Default Android), tidak hanya email dari akun pribadi saja yang mampu dikelola tapi juga dari domain Gmail dan Yahoo!. Jadi ya terserah Rekan-rekan mau memanfaatkannya yang mana.

 

Comments (14)

bli saya mau tanya ni…untuk yahoo mail kenapa email yang masuk ga bisa saya terima secara realtime….apa adasettingan khusus …and untuk email yang dari android bisa ga kita pake email yahoo(kalo bisa cara settingnya gimana.)..thanks…

[Reply]

pande Reply:

Pertama, untuk Yahoo Mail, gag ada Settingan tambahan lagi. Sejauh koneksi dan paket data yang digunakan berjalan lancar, saya pribadi blom pernah mengalami masalah yang berarti. Apalagi kalo pas lagi memanfaatkan Wifi milik kantor. 🙂
Trus yang kedua, Gunakan Manual Set-Up, dan pilih IMAP.
Untuk incoming mailnya gunakan :
imap.mail.yahoo.com
dengan Port 993.
Sedangkan OutGoing, gunakan :
smtp.mail.yahoo.com

[Reply]

sutadi Reply:

trima kasi atas saran yang di berikan….tapi email yang dari android tetap email saya tdak bisa connect….mohon di berikan penjelasan yang lebih detil untuk setting email yang dari android(samsung galaxy.ace)

[Reply]

pande Reply:

Waaah… kok bisa ya ?
*bingung sendiri…
soale kmaren ada juga yang komplain terkait instalasi Whatsapp yang gag berhasil di perangkat ACE-nya.

kunjungan balik…
terima kasih mas, mau berkunjung ke blog android saya yang masih gratisan.hehe

sya lihat blog mas ini udah domain pribadi, , kapan2 saya juga mau beli domain sendiri.hehe

blog mas juga bagus kok, saya sangat suka dengan web yang tampilannya berish.

back to topic,
kalau saya mati , android memang simple n mudah digunakan , salah satunya dengan fitur pengelolaan email yang sudah mas tulis lengkap di atas.
hehe…
yuda supri´s last blog post ..Tampilan Baru Android Market

[Reply]

pande Reply:

hehehe… iya Mas, pas saya mampir sebenarnya infonya mantep… cuma karena numpang di blogspot itu yang menyebabkan halaman kurang bisa optimal.

[Reply]

You are a very bright person!

[Reply]

kl setting email kantor gmn mas?? qo aku gagal terus yah?
pdhal koneksi wifi ude kenceeng….
kl d pc sih konek pk ms. outlook…. tp gmn kl d hp android saya? huhuuhu
mohon pencerahannya…
mksh. ^^

[Reply]

pande Reply:

Cek dahulu configuration Pop atau imapnya di email account. Baru input secara manual di Email android…

[Reply]

gan ane setting push email di galaxy w ko ga bisa2 ya?
tolong kasih tutorial yg lengkap gan ane dah puyeng bgt nge-googling kemana2 g nemuin jawaban.
ane mau push email kantor. klo perlu agan kasih nomor tlp ane yg tlp

[Reply]

pande Reply:

Terkait permasalahan Setting email kantor, silahkan gunakan Menu Email, kemudian add account dan masukkan username serta passwordnya lalu lakukan Manual Setup.

Sebelum melanjutkan, akses terlebih dahulu alamat email tersebut melalui jendela browser dengan mengakses alamat http://domaininduk/webmail

Jika sudah berhasil masuk ke halaman email, silahkan buka Configuring Email Client.

Nah, disinilah peran halaman tersebut untuk melakukan Manual Setup di perangkat ponsel Android.

Silahkan masukkan Incoming Mail Server beserta Port-nya, dan juga Outgoing Mail Server.

Untuk pilihan Username dan password pun ada di halaman Konfigurasi tersebut.
Sedang pilihan POP dan IMAP pun silahkan diambil sesuai pengaturan yang ada.

Terakhir langkah untuk Security, bisa diatur pula sesuai yang tertera.

[Reply]

” akses terlebih dahulu alamat email tersebut melalui jendela browser dengan mengakses alamat http://domaininduk/webmail ” om maksudnya di browser ketik ” http://namaperusahaan.co.id/webmail ” ya? tp ko ga bisa ya?

[Reply]

pande Reply:

yup… untuk lebih jauh lagi, bisa ditanyakan ke admin domain kantor. 🙂

[Reply]

om, tlgin sy. ni mpe skrg sy msh blm bs setting tab p1000 untuk exchange nya. pdhl sy sudah ikut seperti yg om tulis disini. tp notification ttp aja tdk dpt menghub ke server (server mail sudah sy liat di outlook), mhn pencerahannya om. thx

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge