Pilih Samsung Galaxy Fit, Gio atau Mini ?

11

Category : tentang TeKnoLoGi

Jika sejak awal saya sudah pernah menekankan bahwa untuk melakukan Review terhadap satu produk di blog www.pandebaik.com, minimal pernah memegangnya secara langsung sehingga bisa  serta  melakukan pengujian kendati hanya dalam waktu singkat. Paling tidak, secara desain, isi jeroan dan fitur yang dimiliki benar-benar bisa saya buktikan.

Meski begitu terkadang merasa gatal juga saat beberapa teman meminta pendapat saya terkait produk mana yang sebaiknya dibeli dengan memberikan beberapa alternatif, seperti kali ini. Sayangnya dari ketiga alternatif pilihan diatas, tak satupun pernah saya pegang dan uji secara langsung, karena memang diantara rekan-rekan saya, belum satupun yang memilikinya. Jadi, untuk bisa memberikan rekomendasi, selain mengandalkan spec diatas kertas, minimal sayapun harus mengetahuinya dari Reviewer lain, tentu tidak begitu saja menjiplak apa pendapat mereka, namun lebih dilihat dari sudut pandang pribadi.

Pilih mana, Samsung Galaxy Fit, Gio atau Mini ?

Sebelum lanjut, ada baiknya rekan-rekan mengintip sebentar Promo video yang dirilis oleh Samsung dalam tajuk Samsung Galaxy Family yang saya ambil dari alamat YouTube berikut ini :

Ketiga ponsel Samsung Galaxy diatas merupakan perangkat ponsel pintar atau yang dikenal dengan istilah Smartphone, dan sudah mengadopsi sistem operasi  Android dengan versi yang sama, 2.2 atau yang dikenal dengan nama Froyo. Terkait kemampuan sistem operasi ini, silahkan hunting beberapa tulisan saya terdahulu dengan perangkat Galaxy ACE S5830. Secara fungsi dan kemampuannya, sama saja kok.

Balik pada Promo Video diatas, Jika rekan-rekan jeli, urutan penampilan satu persatu keluarga Samsung Galaxy dalam video tersebut sudah menandakan urutan kemampuan dari masing-masing item yang dipertanyakan dalam sesi kali ini, terkecuali Samsung Galaxy ACE tentu saja. Namun, secara pendapat pribadi, saya lebih merekomendasikan Galaxy Gio untuk dipilih pada urutan pertama. Kemudian Galaxy Fit dan terakhir tentu saja Galaxy Mini. Mengapa ?

Karena untuk sebuah perangkat yang mampu melakukan Multitasking (melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu/bersamaan), minimal membutuhkan besaran Prosesor yang mumpuni, dan dari ketiga alternatif diatas hanya Galaxy Gio yang memiliki spec tertinggi, setara dengan Galaxy ACE milik saya, 800 MHz. Sedangkan Galaxy Fit dan Mini, mengadopsi prosesor setingkat dibawahnya, 600 MHz.

Lantas mengapa  dalam Promo Video tersebut Galaxy Fit menduduki penampilan kedua setelah ACE ? tak lain karena besaran atau resolusi kamera yang diadopsinya, setara dengan Galaxy ACE yang saya gunakan, 5 MegaPixel. Sedangkan dua Galaxy lainnya mengadopsi besaran resolusi kamera yang sama, 3,2 MegaPixel.

Selain pertimbangan diatas, ada satu lagi pertimbangan lain yang membuat saya merekomendasikan Galaxy Gio ketimbang Fit atau Mini. Besaran atau Resolusi Layar. Galaxy Gio rupanya memiliki resolusi layar yang setara dengan Galaxy ACE, 320×480 pixel, kendati secara luasan hanya sekitar 3,2 inchi, sedikit lebih kecil daripada Galaxy Fit. Sedangkan Galaxy Fit dan Mini mengadopsi besaran resolusi layar yang merupakan standar sebuah ponsel Smartphone. 240×320 pixel. Besaran resolusi layar biasanya akan berpengaruh pada dukungan aplikasi ataupun Games yang mampu dijalankan pada perangkat Android tersebut.

Namun sesungguhnya, untuk bisa memilih sebuah perangkat Android dari ketiga alternatif diatas tentu saja kembali pada Budget yang tersedia.  Untuk sebuah perangkat Samsung Galaxy Fit , pantauan terakhir (saat tulisan ini diturunkan) berada pada kisaran 2,3 Juta. Selisih sedikit di kisaran 2,15 Juta sudah bisa membawa perangkat Samsung Galaxy Gio. Sedangkan dengan Budget terbatas bisa memilih Samsung Galaxy Mini yang bisa ditebus dengan budget 1,55 Juta saja.

Jadi, ya kembali pada pilihan dan kebutuhan Rekan-rekan saja loh…

 

Comments (11)

Untuk Pande Putra, Dewa Gama NamasTe dan juga Komang Budi Windhutama…

[Reply]

Ok ….thanks….:)

[Reply]

GIO.. yohhooo..

[Reply]

GIO i’m come in… 😛
pande putra´s last blog post ..Cara Mengganti Icon Address Bar Pada WordPress

[Reply]

sembari menunggu “yg mulia” pake mini duluu 😀
.gungws´s last blog post ..ngantuk jepret aja

[Reply]

pande Reply:

ah… angsehin dik

[Reply]

.gungws Reply:

6,9jt utk 16 gb…masih terlalu jauh,bli :p
.gungws´s last blog post ..ngantuk jepret aja

[Reply]

GIO ok bos…
AutoCad bs jalan lancar
tp batrei emang segitu ya bos -+ 6 jam 🙁

[Reply]

pande Reply:

Jika online dan aktif digunakan terus menerus adalah satu hal yang wajar usia batere hanya mampu digunakan selama 6 jam. itu sebabnya saya menambahkan 2 aplikasi wajib untuk perangkat Android.
APN On/Off untuk menonaktifkan jaringan internet ketika tidak dibutuhkan, dan Advanced Task Killer untuk membunuh aplikasi yang berjalan pada backgroud, dengan sekali sentuh.
Hasilnya lumayan, daya batere bisa bertahan 1-2 harian.

[Reply]

mau tanya nii… bagusan samsung galaxy GIO,atau galaxy Young yaa……….kalau bisa sekalian penjelasanya

[Reply]

pande Reply:

Jika mampu dengan Budgetnya, saya rekomend siy GIO. Alasannya ?
– silahkan lihat dari segi kecerahan dan kejernihan layarnya, Gio jauh lebih nyaman bagi mata
– cek juga di resolusi layar, Gio lebih lapang ketimbang Young. Ini biasanya bakalan berpengaruh pada pemanfaatan aplikasinya nanti.
Sedang dari Spec sebetulnya gag beda jauh. paling banter resolusi kameranya saja yang lebih besar ketimbang Young.

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge