WhatsApp Kawan ? Ayo Kita Lanjut Lagi

Gag terasa sudah seminggu ponsel Android ini menggunakan WhatsApp. Selama kurun waktu tersebt pula saya menemukan beberapa kelebihan pun kekurangan dari aplikasi Chatting berbasis Nomor Ponsel ini. Yuk kita lanjut lagi Gan.

Seperti yang pernah saya katakan di tulisan terkait WhatsApp sebelumnya, meski tidak lagi terpaku pada satu brand tertentu seperti halnya perangkat BlackBerry dengan BBM-nya, aplikasi WhatsApp rupanya masih membatasi type perangkat yang mampu menjalankannya dengan baik. Smartphone.

Ya, diantara sekian banyak jenis dan brand ponsel, ternyata yang mampu menjalankan  aplikasi WhatsApp ini dengan baik hanyalah ponsel yang masuk dalam kategori SmartPhone atau Ponsel pintar. Beberapa yang masuk diantaranya adalah iPhone, BlackBerry, Android dan Symbian dengan pengecualian. Symbian yang disarankan adalah yang mengadopsi versi 60 minimal 3rd Edition. Jadi bagi yang sudah menggunakan 5th Edition, Symbian^1 dan Symbian^3 yang rata-rata berlayar sentuh, dijamin mampu menggunakannya. Meski demikian, pada perangkat yang mengadopsi sistem operasi Minimal (Symbian S60v3rd Edition) rupanya masih juga dibatasi oleh WhatsApp. Terutama pada beberapa rilis lama seperti Nokia N73 ME milik saya. Jika dipaksakan, bakalan menampilkan kata-kata “your phone is too old bla bla bla…” Halah…

Itu artinya, WhatsApp masih belum mampu dijalankan pada perangkat ponsel Java atau ponsel lokal pun Nokia yang masuk dalam kategori S40, seperti halnya iklan yang ditayangkan di layar televisi.

Persoalan Group juga menjadi salah satu Kekurangan yang paling telak apabila disandingkan dengan aplikasi BBM miliknya BlackBerry. Berdasarkan penjelasan dua rekan pengguna BlackBerry, Sari Herawati dan Nana Wiryani, dalam sebuah Group aplikasi Chat BBM ternyata masih mampu menampung hingga 30 orang atau lebih atau istilahnya Unlimited. Hanya saja, makin banyak User yang tergabung dalam sebuah Group, makin berat pula akses Chat yang mampu dilakukan.  Lantas bagaimana dengan WhatsApp ?

Dalam sebuah percobaan, kemampuan maksimal jumlah User sebuah Group dalam aplikasi WhatsApp adalah 11 orang termasuk Admin atau yang membuat Group. Keterbatasan inilah yang kemudian menjadi kendala yang secara lagsung bakalan membuat Group tersebut menjadi Ekslusif lantaran sulitnya untuk bisa ikut serta didalamnya ketika jumlah User sudah mencapai jumlah maksimal. Pengguna lain baru bisa diikutsertakan apabila ada User yang keluar dari Group tersebut.

Ada Dua kekurangan namun ada juga beberapa kelebihannya. Mau tahu ?

Untuk melakukan aktifitas Add Friend atau memulai Chatting dengan seorang teman atau pengguna WhatsApp baru, yang dibutuhkan hanya satu. Nomor ponsel yang bersangkutan untuk disimpan terlebih dahulu dalam daftar Kontak perangkat ponsel. Jika sudah, tekan tombol Refresh hingga nama teman baru tersebut muncul dalam daftar. Chat langsung bisa dilakukan tanpa meminta persetujuan lagi. Disamping itu, secara Default WhatsApp akan medeteksi setiap nomor yang terdaftar dalam Kontak ponsel yang sudah memanfaatkan aplikasi WhatsApp dalam ponselnya.

Persoalan Biaya yang dahulu pernah saya sampaikan untuk penggunaan aplikasi WhatsApp pada perangkat BlackBerry pun rupanya tak terbukti. Dalam sebuah percobaan pengiriman gambar melalui aplikasi WhatsApp bersama seorang teman, Made Darma  menyampaikan bahwa pulsa yang ia miliki sebelum dan sesudah penerimaan gambar rupanya masih tetap sama. Itu artinya, biaya penggunaan aplikasi WhatsApp untuk perangkat BlackBerry sama sekali tidak dikenai biaya apapun lagi diluar paket BIS yang sudah digunakan.

Dibandingkat dengan aplikasi Chat lainnya seperti Yahoo Messenger, GTalk ataupun eBuddy, pun dengan fitur Message atau yang dikenal dengan istilah SmS, bisa dikatakan aplikasi WhatsApp memiliki kemampuan yang lebih saat melakukan pengiriman pesan. Kemampuan ini bisa dikatakan setara dengan aplikasi Chat BBM milik BlackBerry. Yaitu adanya jaminan bahwa pesan yang telah dikirimkan, pasti sampai pada nomor atau teman yang diajak Chat. Tidak ada lagi istilah Network Error yang mengakibatkan pesan yang sudah disampaikan tidak terkirim dengan sempurna atau pengguna harus melakukan pengiriman ulang seperti yang kerap terjadi pada aplikasi Chat maupun SmS. WhatsApp akan secara otomatis mencoba mengirimkannya ketika Network atau Jaringan kembali terdeteksi. Satu tanda pengenal yang bisa dilihat untuk memberikan jaminan bahwa pesan sudah sampai adalah tanda centang atau rumput berwarna hijau pada setiap pesan yang dikirimkan.

Jikapun kemudian aktifitas Chat yang dilakukan sudah mulai mengganggu privacy, seperti halnya aplikasi Chat lainnya, WhatsApp pun memberikan opsi untuk memblokir akun nomor ponsel atau teman tersebut sehingga yang bersangkutan tak lagi mampu melakukan Chat demikian pula sebaliknya.

Jadi, apabila perangkat ponsel yang Anda gunakan sudah termasuk dalam kriteria seperti yang dijelaskan diatas, ayo tunggu apa lagi, segera cobain WhatsApp. Aplikasinya dapat diunduh melalui App Store yang dimiliki pada masing-masing ponsel yang digunakan. Jikapun ada pertanyaan lagi, silahkan Add nomor saya berikut ini. 087860061698.

Ayo Kawan, kita lanjut lagi…

 

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

22 thoughts on “WhatsApp Kawan ? Ayo Kita Lanjut Lagi

  • May 4, 2011 at 10:36 am
    Permalink

    Tampilan whatsapp di BB gemini sangat jauh dari bagus. Dan tidak otomatis mengenali no kontak. Saya heran kenapa banyak orang mau pakai BB? 

    *mancing dik.

  • May 6, 2011 at 6:41 am
    Permalink

    Mungkin Karena faktor Gengsi tuh… 🙂

  • May 20, 2011 at 7:13 pm
    Permalink

    Coba kontak di phonebook pake +62 jangan pake 0 , karene pengenalan otomatis no phonecell dengan kode indonesia +62

  • May 30, 2011 at 3:19 pm
    Permalink

    add my whatsapp y.. +6285695100020  😳

  • June 13, 2011 at 12:43 pm
    Permalink

    Chat group nya belum bisa ngalahin BBM dan Cnectd – sayang … padahal Group Chat itu lebih penting … klo buat personal chat, YM, Nimbuz, IM, Trillian, MSN, GTalk udah mumpuni.

    Kadang orang bandingin Whatsapp itu sebagai pengganti BBM … salah besar ..BBM terkenal karena Group Chatnya. Whatsapp hanya menyamai fasilitas PIN saja (tidak jauh beda dengan ID), repot klo ganti nomor HP kudu install ulang.

    pengganti BBM Chat Group murni yg msh freeware dan digunakan multiplatform (Android, Blackberry, iPhone,Symbian) dan masih satu2nya yg stabil, masih dipegang ma Cnectd, klo ada yg lebih bagus dari Cnectd …ya ganti lagi …hehehe..

  • June 13, 2011 at 3:35 pm
    Permalink

    Bagi saya pribadi, jauh lebih mantap WA ketimbang BBM atas dasar basis nomor ponsel. Sebab kalopun kita mau ganti nomor, kita tinggal buang nomor lama, dan ganti yang baru. install ulang lagi di perangkat yang sama. jauh lebih mudah ketimbang ganti ponsel. hehehe…

  • November 6, 2011 at 12:01 pm
    Permalink

    Pande apa klo mau sling chat hrs 2-2nya ol?

  • November 6, 2011 at 12:30 pm
    Permalink

    Sama seperti halnya app Chat lainnya, kalo mau saling chat/balas ya keduanya musti online, tapi kalopun yang satunya offline, percakapan bakalan lanjut saat yang bersangkutan online. :p

  • December 6, 2011 at 5:53 pm
    Permalink

    add aku yah teman2
    +6285240141876, trims

  • March 7, 2012 at 4:08 pm
    Permalink

    Mas, kalo kita pake whatsapp trus mau gabung ke grup di bbm bisa ga ya? sy pake iphone

  • March 7, 2012 at 8:39 pm
    Permalink

    Whatsapp gag bisa nimbrung di BBM-lah… tapi pengguna BB bisa nimbrung di Whatsapp :p

  • September 13, 2012 at 9:55 pm
    Permalink

    Link ini sih bukan Whatsapp… :p tapi tandingannya :))

  • September 22, 2012 at 5:03 pm
    Permalink

    +add aku y pliz 0831 8583 7319

  • October 30, 2012 at 2:52 pm
    Permalink

    add q y

  • October 30, 2012 at 2:53 pm
    Permalink

    add aq y
    aq hnya mau crik kwann
    ni nmr aq

    081991356667

Comments are closed.