Manfaatkan Tethering dan Jadikan Androidmu Perangkat Portable Hotspot

53

Category : tentang TeKnoLoGi

Ada yang belum tahu apa itu Tethering ? berdasarkan Wikipedia, istilah Tethering atau yang dikenal dengan istilah Peranggitan dalam kosa kata Indonesia adalah sebuah metode untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, yang dilakukan melalui sebuah perangkat ponsel atau mobile phone yang terhubung dengan koneksi internet, dengan memanfaatkan perangkat Bluetooth, Wifi atau kabel USB.

Lantas ponsel apa saja yang mampu mendukung fitur Tethering ini ? Untuk yang memanfaatkan koneksi Wifi sejauh yang saya ketahui ya perangkat Android dengan dukungan Sistem Operasi versi 2.2 keatas atau yang dikenal dengan nama Froyo, Gingerbread dan Honeycomb. Sedangkan perangkat iPhone serta BlackBerry memang sudah mendukung kemampuan ini namun masih dalam batas menggunakan sarana BlueTooth dan Kabel Data/USB. Lantas bagaimana dengan Android versi 2.1 Eclair kebawah ? masih bisa, namun hanya sebatas penggunaan dengan memanfaatkan kabel data/USB alias hanya mampu untuk dinikmati sendiri.

Pada perangkat Samsung Galaxy ACE S5830 yang saya miliki, versi Android yang digunakan sudah mengadopsi versi 2.2 atau yang dikenal dengan nama lain Froyo. Pada perangkat ini, fitur Tethering secara default atau bawaan sudah ada dan dapat ditemukan pada opsi Pengaturan/Setting – Wireless and Network – Tethering and Portable Hotspot. Portable Hotspot ?

Yap. Portable Hotspot. Dengan memanfaatkan fitur Tethering inilah, kemampuan sebuah ponsel Android dapat digunakan atau dimanfaatkan pula sebagai sebuah Portable Hotspot yang artinya dapat diakses secara Wireless (tanpa kabel) oleh beragam perangkat lainnya yang memiliki koneksi Wifi atau Wlan. Untuk memaksimalkan fitur Tethering ini tentu saja minimal perangkat Android yang akan digunakan sudah berlangganan paket data 3G atau Unlimited bulanan. Jika tidak, maka bersiap-siaplah untuk kehabisan pulsa.

Untuk mengaktifkan fitur Tethering pada ponsel Android ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu, menggunakan kabel data (USB) untuk penggunaan secara intern (sendirian) dan Mobile AP atau memanfaatkan Wifi untuk penggunaan secara intern maupun bersama perangkat lainnya. Pemanfaatan Tethering dengan cara kedua tentu jauh lebih memudahkan proses serta efisiensi perangkat, namun lebih cepat menghabiskan daya pada perangkat Android yang digunakan. Saya pribadi lebih menyarankan untuk memanfaatkan cara yang kedua dengan posisi ponsel disambungkan dengan kabel data/USB ke pc/laptop agar tetap mendapatkan suntikan daya.

Apabila akses yang diinginkan hanya untuk kalangan terbatas, gunakan saja opsi pengisian password yang dapat diatur melalui Mobile AP Setting. Hal ini sama dengan aktifitas menyambungkan perangkat ke Hotspot yang berbayar, sehingga untuk kecepatan akses jadi lebih terjaga. Untuk mengaksesnyapun perangkat lain akan langsung mendeteksi keberadaan Portable Hotspot sesuai dengan nama Profil yang digunakan pada perangkat Android.

Untuk lebih mempermudah akses menuju Pengaturan fitur Tethering ini, gunakan saja aplikasi tambahan Tethering Widget yang dapat diunduh dari Android Market. Aplikasi ini akan memberikan dua Widget khusus apakah pengguna akan mengaktifkan fitur Tethering melalui penggunaan kabel data/USB ataukah dengan cara Wireless/Wifi. Cukup satu kali sentuh saja.

Dengan adanya perangkat Android yang memiliki kemampuan Tethering ini, rasanya sudah tidak ada alasan lagi bagi perangkat lain disekitarnya untuk tidak bisa terkoneksi dengan Internet. Tinggal urunan saja bayarnya untuk biaya langganan tiap bulannya. Mudah bukan ?

 

Comments (53)

Bisa saja, kenapa tidak ?
hayo dicoba, dan bagi informasinya…

[Reply]

Gangguan yang terjadi pada pemanfaatan fitur Portable Hotspot bisa jadi disebabkan oleh 3 hal :
– keterbatasan kartu operator yang digunakan (ini kerap terjadi pada Telkomsel/Simpati dan solusinya ya coba diuji dengan kartu lain)
– gangguan pada driver wireless pada perangkat yang digunakan (solusinya re-install kembali Drivernya atau install ulang OS Windowsnya. ini terjadi pada Notebook saya satu minggu kemarin)
– persoalan hardware pada ponsel Android. Ini musti dilakukan pengujian silang dengan Notebook yang berbeda atau dengan perangkat sama (Galaxy Y) lainnya.

[Reply]

Bisa jadi ini lantaran persoalan Sinyal internet dari kartu operator yang digunakan. Cara mengujinya ya, coba lakukan browsing atau download dari perangkat Androidnya, berfungsi atau tidak. 🙂

[Reply]

mau nanya llonhg jawaban nya….
q punya galaxy y nah pertama buat tethering bisa tapi setelah di pakai sama banyak orang ko sekarag gak bisa padahal udah di dftrn unlimtd… tlisan di jaringan wifi nya tu limited akses,, gimana ea biar bsa lagi mohon bantuan nya????

[Reply]

pande Reply:

Limited Akses itu maksudnya gag bisa banyak yang terkoneksi akibat dari :
– sinyal koneksi yang rendah
– kuota sudah terlewati

[Reply]

gan mau nanya,
kalo dari artikelnya, kan perangkat galaxy ace nya udah berlangganan internet/ada koneksi internet shg bisa jadi wi-fi bagi perangkat lain.. nah gimana kalo galaxy ace hanya dimanfaatkan sbg modem utk perangkat lain tapi koneksi internetnya udah dari PC (PC n ace nyambung by kabel data) itu bisa gak?

makasih gan..

[Reply]

pande Reply:

He, kenapa musti repot menjadikan Galaxy Ace sebagai Modem, kalo PC-nya sudah terkoneksi internet ? Gunakan aplikasi Connectify, aplikasi yang mampu mengubah perangkat PC/Notebook menjadi Wifi Hotspot, seperti halnya yang dilakukan oleh Android 🙂

[Reply]

[…] lama tidak menulis blog. Kangen juga. Kali ini saya hendak menulis fitur modem tethering pada smartphone mampu menggantikan modem usb flash drive (ufd). Pada awal memiliki laptop, untuk […]

[…] lama tidak menulis blog. Kangen juga. Kali ini saya hendak menulis fitur modem tethering pada smartphone mampu menggantikan modem usb flash drive (ufd). Pada awal memiliki laptop, untuk […]

Misi gan..numpang tanya..hp ane htc google nexus one..
waktu pertama konek wifi ke notebook ane lancar2 aja..tp setelah 7 kali koneksi, koneksi ke 8 gagal terus..
ada tulisan limited access..gimana ya solusi’nya..?
tolong pencerahan’nya gan..

[Reply]

pande Reply:

Sepanjang pengalaman sih, Limited Akses itu terjadi lantaran Paket Inet yang digunakan, sudah mencapai batas Kuota, entah 90% bahkan lewat…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge