Menu
Categories
4 Aplikasi WAJIB bagi Pengguna AnDRoiD
April 14, 2011 tentang TeKnoLoGi

Setelah mengungkap satu persatu kemampuan ponsel maupun sistem operasi Android, kini saatnya untuk merekomendasikan 4 (empat) aplikasi wajib unduh dan digunakan bagi pengguna ponsel ataupun sistem operasi Android. TweetDeck, Indonesia News, APN On/Off dan Advanced Task Killer.

Bagi sebagian besar pengguna ponsel tidak terbatas pada jenis dan tipe ponsel yang digunakan, kemampuan untuk bisa ber-Social Networking merupakan satu hal yang wajib dipersyaratkan. FaceBook, Twitter ataupun FourSQuare merupakan tiga jejaring sosial yang begitu familiar terdengar bagi pengguna ponsel di tanah air. Untuk bisa melakukan ketiganya di ponsel Android, tidak perlu mengunduh dan menginstalasi ketiga aplikasi secara terpisah. Cukup gunakan TweetDeck.

TweetDeck merupakan satu aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan Update Status, memeriksa dan mengomentari status teman bahkan berbagi foto, link dsb sekaligus untuk tiga akun jejaring sosial diatas. FaceBook, Twitter dan FourSQuare. Dalam tampilannya, setiap halaman memuat aktifitas yang berbeda dan bisa diakses dengan menggeser jari kearah samping. Halaman Update Status, Halaman Komentar atau Tanggapan, Halaman Direct Message (untuk pengguna akun Twitter) dan halaman lain yang bisa diatur untuk melihat TimeLine Status perorangan/group, atau mengkhusus pada status FaceBook saja. Uniknya, setiap kali status tersebut ditanggapi atau dikomentari oleh teman, notification akan berbunyi layaknya pesan masuk. Jadi semua aktifitas tersebut bisa dilakukan secara Real Time.

Membaca Berita di Pagi hari sebelum berangkat kerja ataupun beraktifitas di kantor bisa jadi merupakan aktifitas wajib yang dilakukan bagi sebagian besar pekerja kantoran. Dengan Android, pengguna tidak lagi harus direpotkan untuk membeli koran, membolak balikkan halaman dan membuangnya jika sudah lewat hari. Silahkan unduh dan jelajahi semua berita di Media Cetak ternama dengan aplikasi Indonesia News.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Daingo Mobile Software ini menyajikan berita-berita terkini dari halaman Detikcom, Kompas Online, Tempo Interaktif, Republika, Suara Merdeka, Bola News, Viva News , Oke Zone, Liputan 6, Antara News, Media Indonesia dan Yahoo News. Setiap pemberitaan di masing-masing media terbagi dibagi dalam sejumlah kategori yang tentu bisa dipilih sesuai keinginan atau ketertarikan pengguna. HeadLines News, Bola, Entertaiment, Teknologi, Otomotif, Properti, lifeStyle, Bisnis, Selebritas, Opini dan masih banyak lagi. Jadi, gag susah lagi kan mencari berita diantara tumpukan koran ?

Menggunakan ponsel bersistem operasi Android, secara tidak langsung menuntut penggunanya untuk berlangganan paket internet secara Unlimited untuk dapat memaksimalkan fungsi dan juga kinerja ponsel. Namun bagaimana dengan mereka yang hanya memiliki Budget terbatas untuk kebutuhan koneksi Data ? Gunakan saja aplikasi APN On/Off.

APN On/Off ini berfungsi untuk menonaktifkan pula mengaktifkan kembali koneksi Internet yang digunakan dengan mengulik sesi Access Point Names yang merupakan syarat utama Pengaturan Koneksi Data. Uniknya, agar proses pengaktif/nonaktifnya APN tidak menyusahkan Pengguna, pengembang Pedro Maicas memberikan shortcut berupa Widget yang dapat ditempatkan pada layar utama/HomeScreen, sehingga Pengguna tinggal menekannya sekali untuk dapat melakukan aktifitas diatas dengan mudah. Jika tombol shortcut APN berwarna Merah, itu artinya koneksi data telah terputus dan aktifitas internet tidak akan bisa dilakukan dengan cara apapun. Sebaliknya jika berwarna Hijau, artinya koneksi data berjalan normal kembali. Selain untuk menghemat pengeluaran pulsa bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana untuk berlangganan paket data Internet Unlimited, aplikasi APN On/Off bisa juga digunakan untuk menghemat daya batere ponsel agar tidak terkuras oleh koneksi data yang aktif terus menerus.

Ngomong-ngomong soal Daya batere ponsel, kekuatan StandBy sebuah ponsel bersistem Operasi Android tak jauh beda dengan ponsel BlackBerry. Jika aktifitas Online aktif secara terus menerus, daya batere ponsel hanya akan bertahan satu hari saja. Makin pendek ketika ponsel digunakan untuk melakukan aktifitas Browsing atau Video Streaming lewat YouTube. Namun menurunnya kekuatan daya sebuah ponsel bisa juga disebabkan oleh pemakaian Memory yang tetap tergunakan akibat aplikasi yang belum tertutup dengan sempurna. Secara Default, Android telah menyediakan fitur Task Manager yang berfungsi untuk menutup aplikasi satu persatu maupun secara keseluruhan dengan tiga langkah mudah. Namun, jika itu masih terasa menyulitkan, gunakan saja Advanced Task Killer.

Advanced Task Killer merupakan satu aplikasi Varian dari Task Manager yang memiliki fungsi sama, namun memiliki Pengaturan yang mampu memberikan pilihan pada penggunanya, untuk menghentikan aplikasi yang masih berjalan walaupun ponsel tidak digunakan. Seperti halnya aplikasi APN On/Off, Advanced Task Killer ini memberikan pula satu shortcut atau Widget yang memungkinkan pengguna Android melakukan aktifitas penghentian ini hanya dalam satu kali sentuh/tekan. Tentu saja sebelumnya Pengguna wajib memilih aplikasi apa saja yang harus dihentikan dan aplikasi mana yang dibiarkan tetap berjalan.

Untuk kasus ini, saya menyaring aplikasi Gmail (akun email Google), Ymail (akun email Yahoo), Yahoo Messenger (Chat untuk pemilik akun Yahoo Mail) dan GTalk (Chat untuk pemilik akun Google Mail), agar tetap diaktifkan dan berjalan, saat aktifitas penghentian aplikasi dilakukan. Jadi, fungsi ponsel tak ubahnya sebuah ponsel BlackBerry dimana kita tetap dapat melakukan aktifitas Chatting dengan teman, juga merasakan fitur Push Email secara Real Time, tanpa mengurangi Daya batere ponsel secara drastis.

Empat Aplikasi diatas, bagi saya pribadi bisa dikatakan Wajib untuk diunduh dan dimiliki oleh setiap Pengguna ponsel ataupun sistem operasi Android. Bagaimana dengan Kamu ?

 

"31" Comments
  1. Sebaiknya program tersebut kita simpan di internal memory atau eksternal memory?

    [Reply]

    pande Reply:

    Sebelum diRoot atau secara default, tidak akan ada opsi memilih ‘mau disimpan dimana app/games yang akan diinstalasi seperti halnya ponsel Symbian atau Windows Mobile, jika itu yang dimaksud.
    Jadi, ponsel/android akan mengatur sendirinya, mana yang akan disimpan di Memory Internal dan mana yang di eksternal. 🙂

    [Reply]

  2. indonesian news itu kalau dibuka harus pake browser…
    aplikasi itu tidak bisa buka berita secara langsung..

    [Reply]

  3. om pande,, klo dah pk empat aplikasi itu baterenya jadi tahan berapa hari y? trims

    [Reply]

    pande Reply:

    bukan 4 aplikasi tersebut yang bisa menghemat batere, tapi cuma 2 saja. APN dan Adv.TK. Umur Batere jadi bertahan 2 hari kalo memang aktifitasnya tidak padat (kondisi Normal).

    [Reply]

  4. Gan,
    Kalo kita dah pake paket unlimited tapi tetep pake APN apa gak percuma tuh paket nya yah biarpun itu bisa memperpanjang kinerja batere??? 😀
    Tq…

    [Reply]

    pande Reply:

    Ya enggak lah… Pernah cek berapa sisa pemakaian kuota yg ditetapkan? He… Saya pribadi kadang bisa lebih penggunaannya sampai 5GB sebulan (kuota cuma 1 GB)… Itupun sudah melakukan nonaktif apn saat jam kerja :p

    [Reply]

    Shiro Reply:

    what?! 5GB?! dipake apa aja gan???. Saya terakhir cm make 250n MB. 🙂
    Mungkin gara2 on-off apn gan, soalnya dulu pernah make paket yg 25Mb, abisnya kurang lebih 3jam’n,trus ketika make unlimitid tanpa non aktifn apn dibawah 25mb kog… Pengaruh gak y???? saya gak yakin juga seyh tapi begitu yang saya alami 😀

    [Reply]

    pande Reply:

    He… saya sampe habis segitu buat donlot segala macem. MP3 dan aplikasi dari 4Shared atau Video dengan TubeMate. :p

    [Reply]

    pande Reply:

    besar tidaknya kuota yang dihabiskan ya tergantung aktifitasnya juga. kalo cuma buat jejaring sosial siy gag bakalan banyak. 🙂

    [Reply]

    Shiro Reply:

    eheeeeeeee…:D Y juga sih…

    [Reply]

Leave a Reply
*