Ayo ngeBLoG dengan WordPress for AnDRoiD

9

Category : tentang TeKnoLoGi

Ternyata perangkat Android tidak hanya mampu digunakan untuk bekerja saja loh, tapi juga bisa digunakan untuk nge-BLoG. Jadi gag ada alasan lagi untuk tidak nge-BLoG selama menggunakan Android sebagai perangkat jagoan.

WordPress for Android. Salah satu mesin pembuat blog ini rupanya bisa jua ditemukan di Android Market dan dapat diunduh serta digunakan secara Free alias Gratis. Aplikasi ini terakhir dikembangkan sudah mencapai versi 1.3.9 dengan ukuran installer hanya sebesar 880 kilobytes saja.

Mengingat Mininya ukuran, saat dicoba ternyata tidak banyak kemampuan yang bisa dilakukan seperti halnya versi Desktop, namun sudah cukup untuk mengelola BLoG secara mobile. Setidaknya ada empat fungsi utama yang bisa diakses antara lain Moderasi Komentar, Edit Posting, Manajemen Pages atau Halaman dan tentu saja Membuat Tulisan Baru.

Bagi yang memiliki perangkat berbasis Android dengan tambahan keypad qwerty secara built in tentu saja aplikasi akan terasa jauh lebih berguna ketimbang yang hanya mengandalkan keypad virtual pada layar sentuh saja. Namun secara pendapat saya pribadi akan jauh lebih menyenangkan apabila versi Mobile hanya digunakan untuk mengelola saja, bukan membuat tulisan baru. Minimal kalau hanya untuk sekedar memeriksa dan menjawab komentar dengan mudahnya, seorang blogger sudah tidak lagi harus berhadapan dengan sebuah pc/laptop.

WordPress for Android ini disamping mendukung kepemilikan akun WordPress gratisan (com) pula mendukung WordPress berbayar (org). Jadi jangan khawatir apabila memiliki dua akun di peruntukan yang berbeda. Keduanya bisa dilakukan disini kok. Malah, untuk akun WordPress gratisan, ada satu fitur lagi yang disediakan yaitu Stats atau statistik jumlah kunjungan baik per hari, minggu ataupun bulan.

Untuk pembuatan posting atau tulisan baru, WordPress for Android hanya menyediakan opsi pengaturan yang terbatas atau kalo boleh dikatakan ya seperlunya saja untuk kebutuhan secara mobile seorang Blogger. Jangan harap akan menemukan opsi atau field tambahan dari plugins yang diinstalasi pada DashBoard BLoG.

WordPress for Android akan jauh lebih baik digunakan ketika satu saat yang namanya Ide itu muncul saat secara kebetulan berada dalam keadaan mobile. Jadi selain Ide, judul, gambaran isi ataupun kata kuncinya pun bisa disimpan sebagai sebuah draft disini. Namun seandainya apa yang dituangkan sudah lebih dari cukup untuk menjadi sebuah tulisan ya Publikasikan saja. Mudah bukan ?

Sebaliknya saat memoderasi dan menjawab komentar dalam kondisi Mobile, Kemampuannya tetap setara dengan yang versi Desktop kok. Hanya saja barangkali hanya Emoticon-nya saja yang tidak dapat digambarkan dengan baik. Jadi, apa lagi yang musti ditunggu ?

Comments (9)

mantap gan…
baru tau disediain khusus utk android gt ya…
wah, sayang ane belom punya gadget android :D
dhedhi´s last blog post ..Kontemplasi Pertemanan

[Reply]

kalo gitu sekarang ajarin saya ngeblog dong…..

[Reply]

siiip…

[Reply]

Sepertinya tetap lebih enak pakai pushmail deh kalau begitu :D .
Cahya´s last blog post ..Rilis Opera 1110 “Barracuda”

[Reply]

pande Reply:

Push Email bisa digunakan untuk ngeblog juga ya ? :shock: *barutau

[Reply]

Cahya Reply:

Kan ada tertulis di: http://en.support.wordpress.com/post-by-email/ Bli? Kalau pakai self-hosting ada sendiri metodenya pakai plugin khusus.
Cahya´s last blog post ..Patah Hati itu Menyakitkan

[Reply]

di Blackberry juga ada WordPress bli, tapi saya gunakan hanya untuk ngeblog di http://365.imadewira.com

Kalau blog utama, tetap rasanya kurang puas kalau tidak di komputer

[Reply]

Wah jadi terinspirasi buat blog pake Android. Thanks infonya!

[Reply]

pande Reply:

waduh… kayak apa yah jadinya ? :)

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge