Menu
Categories
Trik Personalisasi Nada RingTones pada Android
April 4, 2011 tentang TeKnoLoGi

Beberapa waktu lalu ketika saya bersua seorang kawan yang kebetulan memilih Pico Droid sebagai Jagoannya ketimbang BlackBerry, mengungkapkan kebingungannya terkait cara mengubah (baca:mempersonalisasi) nada dering baik Ringtones maupun Notification untuk SmS dan email pada Tablet Android yang ia punya. Keterbatasan kemampuan untuk mempersonalisasi nada ini sempat diungkapkan pula oleh seorang teman lainnya yang kebetulan baru memiliki ponsel iPhone 3GS yang di JailBreak ke iOS 4.

Jujur saja, saya pribadi baru menyadari hal ini saking asyiknya beraktifitas dengan Samsung galaxy ACE S5830, ponsel Android Froyo jagoan baru www.pandebaik.com. Sedari awal memang ni ponsel tidak saya gunakan untuk Voice Call ataupun Messaging. Hanya interaksi data atau internetan saja. Bahkan kartu sim card yang saya gunakan merupakan sim card XL yang dahulu saya gunakan sebagai alternatif koneksi pada modem saat Kuota IM2 Unlimited telah habis digunakan.

Keterbatasan kemampuan diatas tentu saja awalnya saya  maklumi. Lantaran belajar dari kepemilikan ponsel pintar terdahulu yang notabene berbasis Windows Mobile Pocket PC (Touchscreen) dan Smartphone (non TouchScreen). Sekedar informasi, kedua OS satu pabrikan tersebut secara Default memang memiliki keterbatasan Pengaturan nada Dering namun tidak menutup Peluang untuk mempersonalisasinya sesuai Keinginan. Satu hal yang patut dicatat adalah lokasi dimana Nada Dering itu ditempatkan.

Seperti halnya Windows pada NoteBook ataupun PC, kedua OS diatas tadi mensyaratkan lokasi nada dering mutlak ditempatkan pada folder /Windows/Media. Demikian halnya dengan Android.

Silahkan buka File Manager ponsel Android ataupun Tablet Android yang pada Samsung Galaxy ACE S5830 kebetulan disebut dengan MyFiles. Cari dan buka folder Media/Audio/ yang terdapat di dalam Memory Eksternal. Cara ini bisa dilakukan dengan menyambungkan ponsel atau handset Android melalui NoteBook/PC menggunakan kabel Data lalu buka melalui Explorer atau dengan membuka dan memasukkan Memory Card kedalam slot card pada NoteBook/PC.

Langkah kedua adalah membuat 3 (tiga) Folder baru didalam folder Media, yang masing-masing diberi nama Ringtones, Notifications dan Alarms. Jika sudah, siapkan file Nada Dering, Nada pengingat untuk SmS, Email dan Alarm dan pindahkan ke masing-masing folder sesuai peruntukkannya.  Lalu cabut kabel data atau masukkan kembali Memory Card-nya ke dalam Handset Android dan lakukan ReBoot atau Restart.

Saat Android dalam kondisi Siaga kembali, silahkan mengakses Pengaturan Nada Dering, Notification dan Alarm yang dalam ponsel Samsung Galaxy ACE S5830 berada pada Menu Setting/Sound. Pilih Nada yang diinginkan lalu uji hasilnya.

Oya, untuk mendapatkan hasil nada dering yang jernih dan memuaskan, gunakan saja file berformat MP3 dengan bitrate minimal 128 kbps. Hal ini bisa dilihat melalui layar NoteBook/PC dengan memeriksa Detail Properties File yang dimaksud.

Semoga Trik kali ini bisa berguna.

"74" Comments
  1. Sepertinya ada, yang dikembangkan oleh Droiders China, namun fungsinya masih belum maksimal dan cenderung memberatkan ponsel

    [Reply]

  2. supaya nada sms dan email berbeda..gimana caranya pak de pande? Thanks

    [Reply]

    Jago Reply:

    Karena saya pakai trik ini, notifications hanya bisa dipakai untuk nada sms saja, sedangkan nada email masih menggunakan nada default dari hp androidnya. Thanks

    [Reply]

    pande Reply:

    Secara default sepertinya memang gag bisa dibedakan, karena keduanya masuk di kategori Notification. Langkah pembedaan ini bisa saja dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di Market seperti yang pernah saya lakukan dahulu di perangkat Windows Mobile.

    [Reply]

    Jago Reply:

    Kalau di android apakah ada aplikasi tersebut pak de? kalau ada apa nama aplikasi tsb? Tks.

    [Reply]

    pande Reply:

    Untuk yang di Android sih blom nemu yah… :p

  3. Bang Pande….
    saya mau tanya nih….
    pada bagian depan galaxy ace terdapat 2 titik kecil (sebelah kanan speaker phone)
    titik tsb gunanya untuk apa ya? thx

    [Reply]

    pande Reply:

    Titik satunya utk sensor cahaya untuk melakukan deteksi lingkungan terkait tingkat kecerahan/brightness layar, dan satunya lagi deteksi pengguna saat melakukan panggilan. Fungsinya utk mematikan layar saat ponsel ditempel ke telinga. 🙂

    [Reply]

  4. kalo mau ganti background pemutar musik di galaxy ace gmana caranya yah ? baru beli soalny 😀
    tolong bantuannya 🙂

    [Reply]

    pande Reply:

    He… blom pernah menggunakan fitur Music Playernya. *suer… ada yang bisa bantu ?

    [Reply]

  5. saya udah setting alarm, tp kenapa ya nada alarmnya selalu terpotong…jadi ngga bisa 1 lagu full gitu, ada cara agar nada alarm bisa dengan 1 lagu full ngga ?
    thx

    [Reply]

    pande Reply:

    Mungkin karena pengaturan default alarm selalu berulang nadanya secara sekian detik

    [Reply]

  6. hp samsung ace saya tidak ada suaranya waktu memutar mp3 dan mp4,padahal nada sms dan panggilan normal2 saja,knpa yah??mohon infonya donk.

    [Reply]

    pande Reply:

    Sudah dicoba dengan memindahkan file di maksud ke pc/laptop dan dibuka disitu ? Kalopun tidak bisa, berarti file nya yang bermasalah…

    [Reply]

1 2 3 4
Leave a Reply
*