Review Samsung Galaxy ACE S5830

77

Category : tentang TeKnoLoGi

Sudah hampir dua Minggu ya, Samsung Galaxy ACE S5830 menemani hari-hari saya. Selama itu pula jadi jarang online dengan memanfaatkan sarana modem plus laptop milik LPSE. Koneksi XL yang dahulu saya gunakan sebagai pilihan alternatif dari IM2, berpindah tempat disematkan di slot ponsel berbasis Android ini. Hasilnya maknyus, tidak banyak keluhan yang saya dapatkan baik selama meng-explore seisi ponsel maupun beraktifitas dengannya.

Secara penampilan luar, sesungguhnya Samsung Galaxy ACE S5830 gag kalah aksi kok dibandingkan ponsel lainnya. Gorilla Glass yang menghiasi seluruh layar depan membuatnya tampil mempesona kendati menjadi rentan terkotori oleh sapuan jari. Back Cover yang rupanya terbuat dari plastik (bukan metal seperti dugaan sebelumnya), digrafir garis diagonal yang membuatnya tak licin ketika dipegang. Sayang, dalam paket penjualannya tidak disertakan back cover berwarna putih dan juga case pelindung seperti yang diperlihatkan pada video Unboxing di portal YouTube.

Bagi yang dahulunya familiar dengan ponsel berbasis Windows Mobile PocketPC, saya yakin tidak banyak hal yang harus dipelajari untuk memahami jeroan atau dalemannya Android plus User Interfacenya. Bisa dikatakan sama persis. Dari opsi Pengaturan, Task Manager, Aplikasi hingga pola pemakaiannya yang hanya membutuhkan sapuan atau sentuhan lembut, bukan ditekan layaknya layar sentuh milik BlackBerry. Namun demikian, bagi pengguna awampun jangan terlalu merasa khawatir, karena penggunaannya tak serumit Windows Mobile PocketPC. Terkait bagaimana menggunakan User Interface ini, nanti akan saya bahas secara khusus.

Secara kemampuan ketika disandingkan dengan ponsel berlayar sentuh milik Nokia atau BlackBerry, Samsung Galaxy ACE S5830 terasa jauh lebih mengasyikkan. Pengalaman serupa saya alami dahulu ketika berkesempatan mencoba layar sentuh iPhone 3GS. Sistem sentuh (touch) yang lembut cenderung berpengaruh pula pada pola pikir si pemakai, begitu kira-kira. Hehehe… tapi yang lebih mengasyikkan lagi adalah Multi Touch-nya yang sudah mendukung cubitan yang berfungsi sebagai zoom (perbesaran skala).

Seperti halnya ponsel berlayar sentuh lainnya, Samsung Galaxy ACE S5830 pun mendukung Auto Rotation sesuai dengan cara genggam pemiliknya. Hal ini masih membuat saya kebingungan ketika memegang ponsel dengan cara terbalik, pas dicari tombol navigasinya eh malah berada di sisi atas.

Di sekujur tubuh Samsung Galaxy ACE S5830, hanya terdapat tiga tombol yang tampak menonjol dari bidangnya. Tombol Navigasi di bawah layar berfungsi untuk mengembalikan halaman yang sedang aktif ke layar utama sekaligus untuk mengakses aplikasi yang digunakan sebelumnya (Multitasking). Tombol memanjang yang ada di sisi kiri ponsel berguna untuk memperbesar dan mengecilkan Volume. Sedangkan tombol yang ada di sisi kanan ponsel, berguna untuk mematikan, menyalakan sekaligus mengunci layar (ditekan sekali) dan junga untuk menyalakan dan menon-aktifkan ponsel (ditekan agak lama).

Kamera yang disematkan di belakang bodi memang sudah menjangkau resolusi 5 MP. Sayangnya, mungkin lantaran tidak menggunakan Lensa khusus seperti halnya Nokia dengan Carl Zeiss-nya, hasil jepretan tidak sebaik Nokia jadul N73 (3 MP) yang hingga kini masih saya gunakan. Padahal sudah didukung dengan Flash Light, tetap saja hasilnya Soft dan keseringan kabur. Demikian halnya dengan resolusi video yang hanya sebatas QVGA atau setara dengan 320×240 pixel 15 fps. Bandingkan dengan Nokia 6720 Classic yang dahulu saya peruntukkan bagi Mertua.

Sedari ponsel dinyalakan, secara otomatis akan langsung mengakses dunia maya tanpa bisa dihentikan secara manual. Satu-satunya cara paksa yang biasanya saya gunakan (jika memang diperlukan) adalah dengan mengaktifkan fitur Flight Mode. Namun lantaran nomor XL yang saya gunakan memang bukan untuk Voice Call atau Text Message, jadinya ya bukan satu masalah besar. Satu-satunya efek samping terkoneksinya ponsel ke dunia maya secara kontinyu hanyalah daya batere yang serupa dengan penggunaan handset BlackBerry. Hanya sehari, sudah harus di-Charge kembali. Jika kita lebih banyak beraktifitas dengan NoteBook, sambungkan saja kabel datanya (yang sudah diberikan dalam paket pembelian) ke colokan USB, aktifitas Charge akan secara otomatis dilakukan.

Terkoneksinya ponsel ke dunia maya secara otomatis ini akan memaksa penggunanya untuk mengaktifkan paket Unlimited. Untuk kartu XL yang saya gunakan, biaya paket Unlimitednya hanya berkisar 99.000 rupiah saja. Kecepatan yang didapatkan hanya sampai 384 kbps dengan batasan kuota 1 GB, dan selebihnya akan menurun pada kecepatan 128 kbps. Apabila koneksi ini masih dirasakan lambat, koneksikan saja Wifinya ke Hotspot terdekat. Kecepatan koneksi ini akan berbanding lurus dengan kecepatan akses ponsel pada halaman dunia maya yang memang mensyaratkan, seperti misalnya portal video YouTube.

Ngomong-ngomong soal Wifi dan Hotspot, berterimakasihlah pada sistem operasi Android yang disematkan dalam ponsel Samsung Galaxy ACE S5830 yang sudah menggunakan versi 2.2 Froyo. Karena di versi inilah, kemampuan ponsel jadi makin bertambah maknyus berkat fitur Tethering atau Portable Hotspot-nya. Fitur ini akan sangat membantu ketika kita ingin berselancar di dunia maya dengan memanfaatkan layar NoteBook. Aktifkan fiturnya, kemudian nyalakan koneksi wifi pada NoteBook dan sambungkan. Secara default, koneksi Wireless yang terdeteksi bernama AndroidAP.

Layar sentuh yang sudah mendukung fitur MultiTouch akan sangat berguna ketika kita mengakses halaman web yang tidak mendukung tampilan Mobile. Halaman milik LPSE Badung misalnya. Ketika halaman depan diakses, saya yakin baik pengguna maupun tetangga yang melihatnya akan bergumam ‘wah, gemana browsing-nya nih ? tulisannya kecil begitu…’ tapi jangan khawatir, gunakan saja cubitan tadi. Maka dengan segera layar akan melakukan pembesaran skala (zoom) sesuai keinginan kita.

Membeli ponsel bersistem operasi Android, bisa dikatakan berBonus ratusan aplikasi Gratisan yang siap unduh. Saya pribadi sudah mencoba yang namanya games fenomenal Angry Bird, Unblock Me, Jewel dan tentu saja Sudoku. Ketersediaan aplikasi-nya pun sangat beragam. Dari AntiVirus, Office application, Kids Learning hingga yang berkaitan dengan Blog. Yang paling penting, Semuanya Free. Sayangnya satu hal yang membuat semua tawaran menarik ini menjadi mubazir adalah ketersediaan Memory Internal. Hanya 180 MB saja.

Berkaitan dengan keterbatasan Memory tersebut, lagi-lagi kita harus berterimakasih pada sistem operasi Android 2.2 Froyo yang disematkan pada ponsel Samsung Galaxy ACE S5830. Ketersediaan Opsi instalasi on SDcard (Memory External) menjadi salah satu pemecahannya. Sayangnya untuk bisa memilah aplikasi mana yang hanya boleh ditempatkan di Memory Internal, mana yang ditempatkan di Memory External, tidak disediakan opsi Manual seperti halnya yang dimiliki oleh sistem operasi Windows Mobile. Kekurangan ini tampaknya makin menguatkan Image ponsel Samsung Galaxy ACE S5830 sebagai salah satu ponsel pintar. Karena dengan sendirinya akan memilah aplikasi yang berkaitan dengan kinerja ponsel ditempatkan pada Memory Internal, sedangkan yang bersifat Hura-hura dan tidak terlalu penting ditempatkan di Memory External. Mengagumkan bukan ?

Sebetulnya masih banyak hal yang bisa dikupas dalam tulisan Review kali ini. Namun semua itu kelak akan saya bagi dalam tulisan tersendiri sehingga bisa jauh lebih mendalam. Overall, ponsel Samsung Galaxy ACE S5830 ini bisa dikatakan sangat memuaskan (kecuali daya batere) untuk dimiliki. Apalagi nilai jualnya juga tergolong sangat terjangkau. Jadi, masih berpikir untuk memilih ?

Comments (77)

mas,mau nanya..

[Reply]

hallo..

[Reply]

Saya baru saja beli samsung galaxy ace,harganya sudah turun jadi 2.8 juta. Terima kasih pak untuk info samsung galaxy ace dan androidnya…,karena saya masih harus banyak belajar untuk mengoperasikannya. ;-)

[Reply]

pande Reply:

Waduh… Sama”… Semoga tulisannya bisa berguna yah…

[Reply]

nanya dong kalo mau tau batre galaxy ace penuh, itu ada tulisannya apa kalo dah penuh langsung cabut aja? tolong ya

[Reply]

pande Reply:

Secara default, gag ada yang bisa menjelaskan penuh atau tidaknya. Saya sarankan siy install app widget untuk batere, yang bisa menampilkan prosentase daya yang telah tersimpan. biasanya, meski indikator batere yang ada disisi atas sudah diam (terlihat full), prosentasenya baru mencapai 90%. jadi, charge saja hingga full dan ponsel akan bersuara…

[Reply]

[...] dari keluhan yang saya sampaikan di jejaring sosial FaceBook tempo hari terkait ngadatnya Samsung Galaxy ACE S5830 yang secara resmi dibeli pertengahan Maret lalu, gara-gara memory internal yang mulai kepenuhan oleh [...]

tolong bantu saya….SERIUS
saya nie penggemar game poker zynga 2bulan yg lalu saya ngedownload game poker zynga dimarket slama itu baek aja tp pas kemaren saya mau maen game pokerzynganya ga ada ternyata anak saya ga sengaja memormat hp galaxy ace saya….pertanyaan saya ko POKER ZYNGANYA TIDAK ADA LAGI DIMARKET pdhl saya pngen maen….TOLONG DICEK MSLH HP SAYA INI…
salah hilap dlm berucap saya mohon maaf….

[Reply]

pande Reply:

Salam Kenal. Terkait tiadanya permainan Poker Zynga dari Android Market kelihatannya benar, karena saya sendiri tidak jua menemukannya…. Tapi jangan khawatir. Berterimakasihlah pada 4Shared. Silahkan hunting disana, saya lihat ada beragam versi dri permainan yg sama disediakan dalam database mereka. Silahkan hunting dengan menggunakan kata kunci ‘Poker Zynga Apk’.
APK tsb maksudnya adalah Android Package, standar file app/games utk Android.

[Reply]

pande Reply:

Unduh file tsb menggunakan app 4Shared mobile version atau melalui pc/notebook, simpan di mem.card lalu install. Jgn lupa berikan tanda rumput pada ‘Allow Unknown Resources’ pada Setting/Application utk memberikan ijin instalasi app/games yg diambil bukan dari market. Semoga Berguna…

[Reply]

mia Reply:

D rapidshare jg ad ko, ttp mmasalah nya, bgtu mau d akses ga bisa, erur mmolo pas mo login :(

[Reply]

pande Reply:

Ya, RapidShare kadang suka gitu, tapi bisa juga error karena sudah dihapus oleh pemilik file atau kehabisan limit waktu kepemilikan akun RapidShare :)

bang mo tnya nih
kok wifi ace aku error yah??

klu konek di wifi kantor g bs..pdhl status konek

klu di wifi di luar ad yg bs n ad jg yg g bs..
status konek tp g bs bt browsing

padahal jg g pake secure loh wifi2 nya..

tq ilmu nya

[Reply]

pande Reply:

Pernah dicoba dengan berbagi wifi (Tethering) ke perangkat lain ?
Saran saya jika masih jua sama hasilnya error, ada dua pilihan yang bisa dilakukan.
- Hard/Factory Reset perangkat, bisa juga di-Upgrade ke OS terakhir -info- http://www.pandebaik.com/2011/08/19/hard-reset-factory-reset-perangkat-android/ dan http://www.pandebaik.com/2011/09/02/upgrade-android-gingerbread-pada-samsung-galaxy-ace/
- bawa ke Samsung Service Centre (jika masih garansi)

[Reply]

Bth masukan/saran bang, saya sementara ini pengguna Blackberry, mau hijrah ke android, ada masukan buat saya bang buat memilih androiidnya? nah kebutuhannya lebih kepada pekerjaan bang, jd bs kontrol kerjaan dr jauh (mobile), bth yg kecepatannya lumayan, download attachment email kapasitas lmyn besar bisa (selama ne di BB g bisa kl kapasitasnya agak gede), trus jika office bs lgsung diedit n send kembali, n kl ada yg baterainya lumayan bs bertahan bang…
trims sebelumnya masukannya bang…

[Reply]

pande Reply:

http://www.pandebaik.com/2011/07/01/10-pertimbangan-bagaimana-memilih-perangkat-android-yang-tepat-sesuai-kebutuhan/
Untuk tips memilih siy silahkan dilihat diatas.
Sedang untuk saran, jika memang masih ragu berpindah, bisa dipilih yang kelas menengah dengan budget dibawah 3 juta. biar gag nyesel keluar banyak atau gag nyesel dengan kemampuannya yang terbatas.
Namun apabila kebutuhannya untuk Internet saja tanpa Voice Selular, silahkan lirik Samsung Galaxy 5 inchi yang ditawarkan dengan harga 3,1 Juta. Kapasitas batere tergolong dua kali lipat ketimbang versi ponsel.

[Reply]

Mas mau tanya nih…kenapa tiba-tiba auto rotate(AR) saya gak mau ya, kalau di-on-kan yang ada horisontal aja, kalau di-off cuman mau vertikal dan ini pengaruh ke hasil jepretan kamera yang ikut kebalik kalau AR off. Sebelumnya saya sempat utak-atik harizontal calibration-nya….tolong solusinya. Tx

[Reply]

pande Reply:

Utk mengembalikan ke normal ya memang horiz calibration itu solusinya…

[Reply]

paket internet murah untuk thetering/portable wi fi ap y? trs gimana cr aktifinnya?
skrg ak lg pk krtu XL kira2 ad g paketny? atau ad yg lbh mrahj? thk..

[Reply]

pande Reply:

Untuk XL ada paket Unlimited 50rb dan 100rb sebulan, ada juga paket Hot Rod. cek *123*400# untuk info lebih lanjut

[Reply]

pande,,saya punya samsung galaxi aces5830.tp lupa saya buka pola kunci,kbnyakan salah,jadi iminta masukan akun google dan kata sandi ,,,bisa bantu pande..

[Reply]

pande Reply:

kalo sekedar minta masukan akun google dan sandi kan gag sulit ? masukkan saja akun email yang digunakan pada ponselnya. kalopun lupa sandi, tinggal ubah dulu via Notebook, baru inputkan di ponsel. :)

[Reply]

Maulana Reply:

caranya gmna pande?mslahnya ini juga sma kasus punya saia, please ya pande, oia saia juga lupa akun google n pasword yang saia buat untuk android’y_

[Reply]

Maulana Reply:

oia lupa pande, android saia ko pas mau di hard reset mlah ga kluar tampilan untuk hard reset’y, itu knapa yah?
trus ada brp cara sih untuk hard reset di android, caranya gmna?saia mau reset android saia nih :(

pande Reply:

Kalo ponsel masih bisa diakses dengan baik hingga tampil di halaman Homescreen, Reset bisa dilakukan dari Setting/Privacy/Factory Data Reset.
Sedangkan kalo dari kondisi ponsel off, bisa masuk ke Recovery Mode dan pilih Wipe Data.
Semoga berguna

pande Reply:

Coba buka dulu akun email Googlenya lewat Notebook/pc. Pilih opsi Lupa password. nanti akan dibimbing cara untuk mengganti Password lama. Jika sudah bisa masuk ke akun email dengan password baru, lakukan cara yang sama ke perangkat ponsel yang digunakan. kira”begitu…

samsung galaxi ace ngk bisa buka video dari youtube ya?

[Reply]

pande Reply:

Lewat Aplikasi YouTube, bisa kok… termasuk kalo mau download lewat TubeMate juga bisa. :)

[Reply]

neni Reply:

tp ngk mendukung flash player kan?

[Reply]

pande Reply:

Enggak, dan kalopun dipaksanakn nyuntik Flash Player untuk Ace, ponsel jadi berat dan lambat. :(

Samsung Y dan Mini skrg udah setara..Samsung Inc menyamakan Processor Galaxy Y dengan Mini, perbedaan nya hanya di Kamera, (Galaxy Y 2Mp sdgkan Mini 3Mp ) info di dapat dari Samsung Store jl. Teuku Umar Dps Bali….

[Reply]

pande Reply:

Kalo gag salah beda lainnya itu ada di Prosesor. Y sudah 800 MHz sedang Mini masih di 600 MHz…

[Reply]

pande sorry sy minta bantuan ni…
knpa ya samsung ace 5830 sy skarang tiap baru di aktifkan selalu ada muncul paksa tutup gitu. mohon bantuannya mksih
danni´s last blog post ..Posting Pertama Awal Tahun 2013

[Reply]

pande Reply:

Kekurangan Memoty RAM ?
uninstall app yang berjalan sejak awal ponsel dinyalakan. ini bisa dilihat dari Startup manager

[Reply]

Bang ! tolong saya,ini masalah serius,HP saya terkunci dengan kata sandi,tapi kata sandinya gak tau ge. gimana ini bang ??

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge