Berdayakan Email untuk Merebut kembali akun FaceBook-mu

Belum jua habis membahas seluk beluk FaceBook, kali ini saya ingin berbagi pengalaman seputar apa yang harus dilakukan ketika seseorang membobol akun FaceBook yang kita gunakan.

Ada dua hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan. Pertama, menunggu dan mencoba terus untuk melakukan login ke akun FaceBook dengan harapan si pembobol akan melakukan sign out atau log out dalam waktu yang tidak lama. Kedua, mengupayakan langkah melalui akun Email yang digunakan sebagai user ID pada akun FaceBook. Langkah kedua ini harus dengan segera dilakukan untuk memeriksa apakah terjadi perubahan alamat email yang biasanya digunakan untuk login atau bahkan perubahan password.

Saya yakin, tidak semua pengguna atau pemilik akun FaceBook begitu peduli dengan akun email yang dimilikinya. Alasannya sederhana, karena Notifikasi atau pemberitahuan akan segala aktifitas didalam akun FaceBook jauh lebih mudah diakses melalui halaman akun ketimbang membaca satu persatu email yang diterima dari FaceBook.

Padahal, ketika seorang pengguna atau pemilik akun FaceBook mengalami kebobolan akun, Email merupakan satu-satunya Dewa Penolong yang dapat kita andalkan untuk mendapatkan kembali akun FaceBook, agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Mengapa demikian ?

Berdasarkan pengalaman saya mengelola tiga akun FaceBook secara berkala (salah satunya akun permanen), segala aktifitas perubahan yang dilakukan atas akun FaceBook, dengan segera diberitahukan ke alamat email yang digunakan sebagai User ID. Apalagi jika perubahan itu menyangkut perubahan alamat email yang akan dijadikan User ID atau bahkan perubahan sandi / Password.

Itu sebabnya, selain saran saya kali ini untuk tetap memberdayaan akun email (terutama yang dijadikan sebagai User ID FaceBook) sebaik mungkin (diperiksa secara berkala), saran lainnya adalah tetap memelihara password dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka.

Lantas, bagaimana langkah ataupun cara yang dapat dilakukan untuk merebut kembali akun faceBook yang dibobol orang ? tunggu tulisan saya selanjutnya.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

6 thoughts on “Berdayakan Email untuk Merebut kembali akun FaceBook-mu

  • February 7, 2011 at 12:32 pm
    Permalink

    Ya memang kenyataannya cukup banyak pengguna Facebook khususnya pengguna mobile (menggunakan HP) yang sangat jarang membuka inbox emailnya.

  • February 7, 2011 at 4:26 pm
    Permalink

    saya igin facebook saya kembali 😛 👿 ❓ 😈 😉

  • February 8, 2011 at 7:43 am
    Permalink

    Tuh, sudah ada tulisan lanjutannya…

Comments are closed.