Tips Aman Cegah Pembobolan Akun FaceBook

9

Category : tentang TeKnoLoGi

Sudah lama ya kiranya saya gag nulis Tips Aman Penggunaan akun FaceBook, namun bisa dikatakan tulisan kali ini hanya pengembangan dari tulisan saya terdahulu terkait keamanan akun Internet agar tak dibobol orang lain.

Sebelum saya lanjutkan, perlu diketahui bahwa hari Selasa sore kemarin, seorang teman sempat panik menghubungi saya via ponsel. Lantaran akun FaceBook yang bersangkutan rupanya telah dibobol (hack) oleh seseorang dan memanfaatkan kelengahan beberapa teman yang ia miliki dalam daftar untuk mengirimkan sejumlah pulsa ke nomor tertentu. Bersyukur, dalam hitungan jam, aksi ini dapat dihentikan, segera setelah si pembobol melakukan aksi sign out dari akun tersebut. Masih bersyukur si pembobol belum sampai mengubah semua data hingga password yang digunakan, sehingga akun masih bisa didapatkan kembali.

Demikian halnya dengan halaman Blue Eyes Café yang hari rabu pagi kemarin kedapatan meng-update status yang menghina Agama Hindu. Kabarnya halaman Blue Eyes Café ini merupakan sebuah halaman lama milik tempat dugem tersebut, dan kini telah berpindah ke halaman atau group baru, Blue Eyes Bali. Ditenggarai halaman lama Blue Eyes Café ini telah dibobol oleh orang lain (hacker) atau disalahgunakan oleh pihak Manajemen lama yang mengelola halaman tersebut. Dalihnya sih, persaingan bisnis atau penjatuhan Citra. Meski pihak manajemen baru Blue Eyes Bali telah memohon maaf baik di halaman tersebut, halaman miliknya sendiri dan juga halaman BLoG ini, bagi saya pribadi Blue Eyes seharusnya dengan segera mengultimatum manajemen lama, mengambil alih halaman dan menghapusnya demi keamanan nantinya.

Dua kasus diatas merupakan hal yang baru saya alami minggu ini. Sangat disayangkan memang, ketika sebuah akun FaceBook dibobol orang lain dan kemudian menyalahgunakan kewenangan yang didapat sehingga si pemilik merasa dirugikan. Namun inilah yang namanya sebuah resiko ketika kita sebagai pemilik akun telah teledor baik disengaja atau tidak, dalam menjaga user ID dan Password agar tak diketahui orang lain.

Beberapa waktu lalu, seorang blogger Senior  sempat menuliskan sebuah Notes tentang Tips bagaimana caranya membobol akun FaceBook teman Anda. Beberapa petunjuk yang tertera dalam Notes tersebut mengingatkan saya pada kebisaaan lama akan riskannya pengamanan atas password yang saya gunakan. Saya yakin banyak orang pun demikian. Salah satunya yang paling saya ingat adalah ‘Menggunakan enam atau delapan digit tanggal lahir’ merupakan satu kebisaaan yang lumrah dilakukan untuk mempermudah ingatan. Jika Anda termasuk memiliki kesamaan pola pikir seperti itu, segeralah melakukan perubahan password untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui user ID atau dalam hal ini alamat email yang bisaanya mutlak digunakan untuk login ke akun FaceBook ? Gampang. Mampir saja di halaman akun FaceBook yang ingin dibobol lantas buka halaman Info. Pengaturan default sebuah akun FaceBook akan dengan jelas menampilkan alamat email yang Anda gunakan kepada Publik secara cuma-cuma. Bagi yang jeli, tinggal kombinasikan saja dengan enam atau delapan digit tanggal lahir yang bersangkutan yang saya yakin tertera pula dihalaman yang sama.

Trus, gimana dong Tips Aman untuk menCegah Pembobolan Akun FaceBook yang Anda gunakan ?

Pertama terkait Password, masih sama dengan Tips yang saya berikan terdahulu. Yaitu gunakan kombinasi Angka dan Huruf yang barangkali akan merangkai satu kata atau kalimat pendek tanpa spasi. Ini saya sarankan apabila Anda menganggap bahwa apa yang Anda sajikan dalam halaman tersebut merupakan hal yang penting. Termasuk kemungkinan untuk penyalahgunaan atau penjatuhan Citra tadi. Misalkan ‘teddy80ngganteng’ atau ‘mirah07merah’ atau bisa saja gunakan plat kendaraan Anda ‘dk2585cw’. Hehehe…

Kedua, terkait alamat email pada halaman Info akun FaceBook, lakukan Pengaturan Keamanan yang dapat diakses melalui pojok kanan atas halaman akun pada tampilan pc atau laptop. Silahkan Atur kembali Keamanan data maupun Info yang Anda ingin tampilkan pada orang lain (yang melakukan pencarian atas nama Anda), Teman (yang memang sudah ada dalam daftar) atau Teman dari Teman (yang bisa jadi malah tidak berteman dengan Anda). Lalu simpan kembali.

Usahakan untuk menutup akses masuk ke data email dan tanggal lahir Anda. Namun, kalaupun memang Anda menginginkan ada ucapan Selamat Ulang Tahun yang masuk saat hari lahir menjelang, berikan opsi ‘Hanya Teman’ saja yang boleh melihat Tanggal Lahir Anda. Semoga Tips ini berguna.


Comments (9)

[...] This post was mentioned on Twitter by pande baik. pande baik said: Tips Aman Cegah Pembobolan Akun FaceBook – http://dlvr.it/DGxSy http://tumblr.com/xoz197qx74 [...]

He he…, saya buka untuk publik :D
Cahya´s last blog post ..BloGTK! 20 dan OpenSuse 113

[Reply]

Kalau passwordku semua kombinasi huruf dan angka, gak ada yang ngajarin sih tapi kadang lupa dengan password :roll: karena terlalu banyak account di dunia maya ini :lol:
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
Sugeng´s last blog post ..Tulisalah Semaumu Namun Jangan Dihapus

[Reply]

Setuju dengan pemaparan diatas. Jangan lupa utk sign out setelah menggunakannya. Banyak yg lengah disini. Akibatnya, kena iseng oleh teman-temannya sendiri.
Hendra W Saputro´s last blog post ..Burung Sehat &amp Burung Cacat

[Reply]

pande Reply:

Hehehe… kalo PC/laptopnya digunakan sendirian kan gag usah pake sign out Mas ? :p

[Reply]

Tips nya gampang, kasi password panjang nya sampe 50 karakter dij amin aman

[Reply]

pande Reply:

waduh, kalo 50 karakter, apa gak nyelip tuh ? :p

[Reply]

belajar sama anak 4LaY yg paling oke, mereka pinter bgt bkin pasword. serius
.gungws´s last blog post ..euforia ta

[Reply]

pande Reply:

hehehe… bisa aja nih…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge