Android, Setia Menggoda Nokia

6

Category : tentang TeKnoLoGi

Tidak dipungkiri bahwa keberadaan sistem operasi Android yang awal tahun lalu masih terlihat disepelekan oleh banyak kalangan, kini terlihat makin meraksasa berkat dukungan sang empunya Google.

Bayangkan saja, dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, bisa dikatakan jumlah vendor atau brand yang mengadopsinya dalam setiap rilis ponsel mereka, nyaris sama banyaknya dengan sistem operasi Windows Mobile tiga tahun lalu. Terhitung vendor ataupun brand ternama seperti Google, HTC, Sony Ericsson, Motorola, Samsung, LG, Acer, Garmin, Asus hingga brand dari ponsel China seperti Nexian dan IMO, secara berkala merilis setiap seri Smartphone mereka lengkap dengan beragam rilis Android.

Demikian halnya dengan pengembangan sistem operasinya sendiri. Meskipun tergolong baru, Android terakhir telah merilis secara resmi versi 2.3 GingerBread, yang kabarnya jauh lebih cepat dan lebih baik (bukan mendompleng jargon capres kita loh) dibandingkan versi sebelumnya. Demikian pula dengan keberadaan fungsi Routernya, yang mampu membagi koneksi Android dengan perangkat gadget lainnya.

Tumbuh kembangnya Android disepanjang tahun 2010, kabarnya membuat gerah sang raja ponsel tanah air, Nokia, yang harus rela membagi sekian persen kue konsumen untuk si robot hijau. Meski demikian, tampaknya Nokiapun masih berusaha merebutnya kembali dengan merilis (tepatnya mengganti nama) sistem operasi terbaru mereka yang lebih banyak mengadopsi input layar sentuh, Symbian ^3. Terhitung ada lima seri terbaru yang mereka keluarkan di penghujung akhir tahun 2010 lalu, di berbagai kelas pasar.

Keberadaan Android di tahun 2011 ini, saya yakin bakalan menjadi ancaman pula bagi sistem operasi lainnya dan juga brand ternama yang masih setia mengadopsi sistem operasi miliknya sendiri seperti Nokia dengan Symbian dan MeeGo-nya, BlackBerry dan juga iPhone. Apalagi kabarnya di tahun ini, Android bakalan secara berkala melakukan upgrade rilis sistem operasi dalam waktu enam bulan sekali. Terhitung sudah ada beberapa bakal penamaan untuk rilis versi sistem operasi Android berikutnya. HoneyComb, Ice Cream dan Jelly Bean.

Jika Nokia, BlackBerry ataupun Iphone tak mau tersandung oleh Android, sudah saatnya mereka berbenah untuk menjadi lebih baik lagi.

Kita tunggu saja.


Comments (6)

[...] This post was mentioned on Twitter by pande baik. pande baik said: Android, Setia Menggoda Nokia – http://dlvr.it/CgPhz http://tumblr.com/xoz1704tsl [...]

sempat baca (lupa dimana), android sdh di urutan 1 penjualan th 2010, iphone no 2 dan blackbery no 3, kelemahan sistem android menurut saya cuma satu, utk ol masih menggunakan pulsa operator, bandingkan dgn BB (dengan paket 50 rb perbulan sdh bisa ol selama 24 jam/hari).
kalo pake android ol 24 jam/hari bisa tekor bayar pulsa :P

[Reply]

pande Reply:

Khusus Android memang sudah ada kesepakatan bahwa akses internet yang dibutuhkan benar”Unlimited, karena besarnya koneksi data yang dibutuhkan. Namun Unlimited disini memang beneran ‘Unlimited’, tidak demikian halnya dengan BB yang 50ribu. Unlimited BB 50rb itu kemampuannya tetap dibatasi kalo ndak salah… :p

[Reply]

budayasa Reply:

operator apa saja bli yg sdh sepakat??

[Reply]

pande Reply:

Kabarnya operator besar sudah deal untuk unlimited dengan para vendor. Makanya tempo hari ada Android yang dijual Bundling dengan kartu perdana kan ? :)

blogwalking mas. kunjungi blogku juga ya

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge