FourSQuare mengalihkan Duniaku

1

Category : tentang TeKnoLoGi

Aktifitas Check-in dalam dua bulan terakhir ini telah menjadi satu rutinitas baru yang seingat mungkin saya lakukan. Tapi jangan salah paham, aktifitas Check-in yang saya maksudkan disini merupakan istilah serupa dari ‘Update Status’ nya jejaring sosial FaceBook atau ‘Tweet’ nya Twitter.

Adapun yang menjadi pemicunya adalah ‘aura persaingan perburuan BadGes’ yang saya dapatkan dari rekan-rekan sesama Jumper. BadGes adalah ‘award’ yang diberikan oleh pihak FourSQuare maupun para Partners mereka setiap kali pengguna atau pemilik akun FourSQuare melakukan aktifitas Check-in di tempat-tempat (venue) tertentu. Ada beberapa standar tertentu yang ditetapkan dan disitulah keasyikkannya.

Seperti yang dilakoni oleh Agus Suadnyana, teman sekelas saya saat masa SMA dahulu, yang terakhir sudah mendapatkan sekitar 105 BadGes. Berbekal iPhone, Beliau ini rajin melakukan Check-in dan perburuan badges berdasarkan standar atau ketentuan yang ditetapkan. Demikian pula dengan Komang Gaul, adik sepupu saya mendapatkan sekitar 104 Badges dengan mengandalkan handset BlackBerrynya.

Demi bersaing dengan merekapun, saya pada akhirnya membuat sayu akun yang mengatasnamakan putri kecil kami, MiRah GayatriDewi, hanya untuk kepentingan Pembelajaran sebagai bahan tulisan BLoG saja.

Adalah Mas Tamtomo Daniswara, seorang Blogger yang rajin meng-update konten blognya dengan cara atau tips untuk mendapatkan BadGes tertentu, terutama yang berkaitan dengan Event penting dan kejutan lainnya. Tercatat tak kurang BadGes Halloween, Baggage Handler, Thanksgiving hingga Hari Aids seduniapun, informasinya saya dapatkan dan terapkan dengan baik hanya dengan mengikuti petunjuknya. Mas Tamtomo ini dapat ditemukan pula lewat akun FaceBook dan Twitternya, sehingga makin memudahkan aksi perburuan BadGes.

Bermain FourSQuare dalam hal ini melakukan peran sebagai JumPer, melakukan aktifitas Check-in secara berkala tak ubahnya bermain Games. Kita harus berusaha untuk mengetahui ‘rahasia’ yang terdapat dibalik BadGes lantas mencoba mendapatkannya.

Dalam proses tersebut, ada banyak hal yang bisa saya petik kemudian bagikan pada rekan-rekan yang mampir di halaman ini. Dari Tips untuk menjadi seorang JumPer hingga Trik untuk mendapatkan BadGes.

FourSQuare pada akhirnya mampu mengalihkan dunia saya.

Jika dahulu hampir setiap harinya saya dihantui ‘gag asyik tanpa update status’, kini perlahan mulai berubah. ‘belum lengkap kalo belum Check-in’ :p


Comments (1)

Behhh peteng2 mare nongol..!! Pules Dok…!!!

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge