Menu
Categories
Berlari mengejar 4 BadGe RunKeeper
November 23, 2010 tentang TeKnoLoGi

Melanjutkan aksi JumPer dalam misi memburu BadGe FourSQuare, kali ini yang ingin saya bagi Triknya adalah 4 (empat) buah BadGe milik RunKeeper, mitra kerja atau partner FourSQuare yang mewajibkan penggunanya untuk mencatat beragam aktifitas olah raga yang dilakukannya. Dari Walking atau Jalan Kaki,Running atau Lari, Cycling atau berSepeda, Mountain Biking atau berSepeda Gunung, Hiking atau naik Gunung, Swimming atau berenang dan banyak lagi. Aktifitas tersebut mutlak dicatat dengan opsi jarak rute, waktu tempuh, perkiraan jumlah kalori yang dibutuhkan serta denyut nadi.

Meski demikian, pengguna FourSQuare tidak dituntut untuk melakukan aktifitas tersebut secara Real Time apalagi kalo hanya untuk memburu 4 (empat ) buah BadGe yang ditawarkan oleh RunKeeper sebagai reward atau penghargaan.

Sebagai Langkah Awal, buat satu akun RunKeeper yang kemudian mutlak terlebih dahulu dihubungkan dengan akun FourSQuare melalui pilihan Setting/Sharing/Linked Account.  Yakinkan dahulu hubungan tersebut dengan memeriksa pilihan Setting/Connection pada halaman FourSQuare versi web. Jika sudah, ayo kita mulai.

Sebagai gambaran, setiap aktifitas yang akan dilakukan, pengguna wajib memilihnya dari daftar yang diberikan. Ada sekitar 13 (tiga belas) aktifitas default yang secara otomatis akan dikaitkan dengan media yang digunakan. Pengguna dapat memilih media yang lain seumpama diperlukan. Misalkan aktifitas Lari, bisa tanpa media ataupun menggunakan Treadmill. Langkah selanjutnya adalah menentukan jarak tempuh dengan memanfaatkan Peta, bisa dilakukan dengan tracking peta menggunakan Mouse, import dari device GPS atau meng-inputnya langsung. Saran saya sih, mendingan gunakan Tracking via mouse. Proses diakhiri dengan meng-input atau mencatatkan waktu tempuh dan juga jumlah denyut nadi dalam hitungan satu menit.

BadGe pertama yang bisa diincar adalah RunKeeper Warm Up. BadGe ini akan diperoleh ketika pengguna RunKeeper melakukan minimal 3 (tiga) aktifitas olah raga, apapun itu jenisnya. Agar tidak terlalu mengundang perhatian, lakukan saja olah raga yang ringan dengan jarak dekat. Lari sekitar lingkungan rumah, bersepeda hingga lapangan bola atau berenang di empang. Hehehe… jangan lupa untuk memeriksanya di halaman akun FourSQuare ketika Anda menyelesaikan ketiga aktifitas tersebut.

BadGe yang kedua yang bisa diincar adalah RunKeeper Over Archiever. BadGe ini mensyaratkan pengguna harus menyelesaikan 5 (lima)aktifitas olah raga yang berbeda tanpa adanya batasan waktu tertentu. Saya pribadi memilih aktifitas Walking, Running, Cycling, Mountain Biking dan Swimming (meskipun dalam kenyataannya saya gag bisa berenang.). Lima aktifitas yang paling lumrah dilakukan untuk daerah lokal.

BadGe ketiga yang bisa diincar adalah RunKeeper 5K. Untuk bisa mendapatkannya, pengguna mutlak melakukan aktifitas olah raga Running dengan menempuh jarak 3,1 Miles. Ingat, 3,1 Miles, bukan 5 Kilometer loh, jangan salah. Untuk meyakinkan jarak tempuh, gunakan opsi yang terdapat disisi kanan peta. Genapkan 3,1 Miles, dan raih BadGe 5K. Jika terjadi kesalahan jarak tempuh, jangan di-edit kembali, karena BadGe tidak akan bisa didapatkan dengan cara tersebut. Ulang langkah sedari awal.

BadGe terakhir yang bisa diincar adalah RunKeeper Marathon 26,2. Seperti halnya BadGe 5K, aktifitas yang mutlak dilakukan adalah Running dengan jarak tempuh 26,2 Miles. Anda bisa memilih jalur seputaran kota, trus sedikit keluar ke daerah pinggiran dan genapkan. Tidak lebih, Tidak kurang.

Yang patut diingat ketika melakukan aktifitas Jumper dengan RunKeeper ini, agar tidak mengundang perhatian adalah (1) perhatikan waktu tempuh. Jika aktifitas pertama dimulai dari pukul 7.00 pagi dengan waktu tempuh 30 menit, jangan pernah mencatatkan aktifitas kedua dalam rentang waktu tersebut. Berikan jeda waktu atau lakukan aktifitas berikutnya di sore hari. (2) gunakan jarak tempuh dalam satuan Miles. Temukan caranya melalui pilihan Setting/Preference/Distance Unit. (3) pahami kecepatan tempuh, perkirakan SEANDAINYA Anda benar-benar melakukan aktifitas tersebut, kira-kira bakalan memerlukan waktu tempuh berapa lama. (4) perkirakan juga bagaimana kondisi nafas Anda ? jika ngos-ngosan, jumlah denyut nadi per menitnya bisa ditingkatkan seperlunya. Sekedar informasi, secara normal denyut nadi manusia itu kisaran 80-100 ya kalo gag salah ?

Meskipun dalam beraktifitas, pengguna RunKeeper dihubungkan dengan akun FourSQuare miliknya, tidak berarti RunKeeper bakalan menuntut penggunanya melakukan aktifitas olah raga di sekitar lokasi dimana ia berada. Saya pribadi sempat mencobanya.

Saat beraktifitas dengan RunKeeper, saya menggunakan peta lokasi Kota Denpasar, sekitar rumah tentu saja. Padahal dalam akun FourSQuare saya sedang melakukan JumPer di kota besar BrooKlyn. Keempat BadGe tetap bisa saya dapatkan tanpa adanya gangguan berarti.

Sebetulnya ada satu BadGe lagi yang disediakan oleh RunKeeper yaitu New York Marathon 26.2, namun lantaran informasinya telat saya dapatkan, BadGe yang kabarnya sudah Retired itu, tidak bisa diaktifkan kembali.

Empat BadGe RunKeeper bisa Anda dapatkan dengan mudah bukan ?

"16" Comments
  1. Pingback: Tweets that mention Berlari mengejar 4 BadGe RunKeeper | PanDe Baik -- Topsy.com

  2. Pingback: Bisnis Online Memang Bisnis Masa Depan : Tak Banyak yang Bisa KuKetik…

  3. PERTAMAX…. saya jarang pake FourSquare… :mrgreen: Nyimak dulu aja deh

    [Reply]

  4. Pingback: PanDe Baik » FourSQuare mengalihkan Duniaku

  5. Saya sedang mencoba runkeeper dan menyelesaikan 3 aktifitas,tetapi kok tidak bisa dapat ya? apa ada yang salah? mungkin karena saya tidak setting waktu..kalau sudah salah,apa yang mesti dilakukan? terimakasih

    [Reply]

    pande Reply:

    Khusus RunKeeper, sebetulnya gag ada sangkutpautnya dengan waktu. Yang penting adalah ‘terkoneksinya akun FB dengan akun RK. lihat di Setting/Sharing/Linked Account pada akun RK atau lihat di Setting/Connection pada akun 4SQ. Jika sudah terhubung, baru lakukan ‘berlarinya’. 🙂

    [Reply]

    Okky Reply:

    tetap saja nggak mau,, saya sudah hubungkan ke foursquare

    [Reply]

    pande Reply:

    Coba diUnllink (putus) dulu Gan… trus link kan lagi ulang. Untuk mengujinya, lakukan exercise trus tembuskan ke FB, kalo di FB gag mau muncul, biarpun sepuluh kali berlari ya gag bakalan dapet badges… hehehe…

  6. kenapa nggak bisa????
    saya sudah berlari sejauh 3.1 miles.., tapi nggak dapet badgesnya

    [Reply]

    pande Reply:

    Coba diUnllink dengan FB (putus) dulu Gan… trus link kan lagi ulang. Untuk mengujinya, lakukan exercise trus tembuskan ke FB, kalo di FB gag mau muncul, biarpun sepuluh kali berlari ya gag bakalan dapet badges… hehehe…

    [Reply]

    Okky Reply:

    trs,, klo nggak mau?? apa solusinya??

    [Reply]

    pande Reply:

    di-unlink kembali hingga bisa nyambung terlebih dahulu, atau langsung login di RunKeeper dengan menggunakan akun FB…

    ditaaaaaa™ Reply:

    Ternyata,setelah saya berkali-kali mengutak-ngatik itu RunKeeper ma 4sq,,
    hanya bisa di-unlock menggunakan i-phone..
    waaa,,
    galau deh saya..
    :'(

    pande Reply:

    oleh smartphone maksudnya ?

  7. hadehh.., bingung saya.., saya sudah link ulang 2 kali,, dan di profile facebook saya sudah tertera aktifitas saya, tapi kenapa saya tetap tidak mendapatkan badgenya??

    [Reply]

    pande Reply:

    ah, kalo gitu, coba cek aktifitas berlarinya, menggunakan satuan miles atau km seperti standar kita ? jika belum jua bisa, hunting lewat tulisan Retired atau belum. Siapa tahu tu BadGes sudah Retired atau tidak bisa diunlock kembali. Link-nya ada di tulisan tersebut…

    [Reply]

Leave a Reply
**** *