Mengoleksi GooGLe DooDLe

5

Category : tentang TeKnoLoGi

Google Inc. menurut Wikipedia merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, yang berperan dalam pencarian Internet dan iklan online, dimana  melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Meski Google sudah dikenal dunia sejak tahun 1998, saya pribadi baru mulai mengenal Google sekitar pertengahan tahun 2004 lewat akun emailnya, setelah mulai merasa bosan dengan akun email milik telkom.net yang tidak mampu membendung puluhan spam yang masuk. Demikian pula dengan halaman fitur pencariannya yang simpel tanpa banyak iklan dan juga foto, yang kerap memberatkan koneksi seperti halnya Yahoo. Tak lupa pemetaan onlinenya mulai saya gunakan ketika melihat situasi PusPem Badung sebelum pematangan lahan dilakukan.

Apabila rajin menyimak Google dari hari ke hari, pada satu saat waktu pengunjung akan disuguhi satu kebiasaan unik para pengembangnya yaitu menyajikan desain logo Google yang disesuaikan dengan tema tertentu. Desain logo Google yang terkadang nyeleneh ini dikenal dengan istilah Google Doodle.

Sebenarnya saya pribadi kerap tergelitik dengan Google Doodle sejak pertama mengetahuinya, namun keinginan untuk mengoleksi tampilannya baru ada sejak perhelatan Piala Dunia 2010 beberapa waktu lalu. Saat itu Google menyajikan gambar lapangan bola yang didesain sedemikian rupa membentuk tulisan Google dihiasi dua bendera finalis yang akan berlaga memperebutkan puncak kejayaan. Padahal saya masih ingat saat Google pernah pula menyajikan permainan Pacman beberapa bulan lalu dalam desain logo di halaman pencariannya. Demikian pula saat tahun baru dan Natal digelar.

Sejauh ini baru beberapa saja yang berhasil saya koleksi dan publikasikan, edisi Final Piala Dunia 2010, edisi Kemerdekaan RI, badai katrina, 25 tahun BuckyBall, Labor Day, 9/11, dan ulang tahun GooGLe yang ke 12. Ditambah fitur Google BackGround yang mengadopsi tampilan mesin pencari Bing milik Microsoft.

Mengoleksi Google Doodle barangkali tidak asyik dirasakan jika saja FaceBook belum begitu kental dikenal banyak orang. Ide berbagi Google Doodle di halaman jejaring sosial pertemanan ini, sebenarnya hanya sekedar iseng dari sebuah rutinitas mampir di halaman Google sebelum berlanjut ke halaman lain, tapi ya lumayan membuat penasaran teman juga. Hihihi…

Comments (5)

[…] This post was mentioned on Twitter by pande baik, pande baik. pande baik said: Mengoleksi GooGLe DooDLe – http://dlvr.it/6zLpN http://tumblr.com/xozlltvjj […]

bli Pande memang suka koleksi yang menarik2

[Reply]

pande Reply:

*kurang kerjaan :p

[Reply]

[…] utama GooGLe pada 9 Mei 2011 beberapa saat sebelum pulang kantor. Apalagi gara-garanya kalo bukan GooGLe DooDLe-nya. Seperti biasa, naluri untuk melakukan Capture tampilan terkini GooGLe DooDLe dengan tujuan […]

Post a comment

CommentLuv badge