Lima Tips Berburu Badge FourSquare bagi Pemula

8

Category : tentang TeKnoLoGi

Mengoleksi Badge saat beraktifitas dengan jejaring sosial berbasis lokasi FourSquare lama kelamaan mirip orang yang pertama kali berkenalan dengan narkoba atau obat-obatan terlarang. Awalnya hanya mencoba lama-lama malah ketagihan. Demikian pula dengan saya.

Bagi yang belum kenal dengan istilah Badge, kurang lebih pemahamannya adalah sebuah logo bundar kecil sebagai pengakuan dari FourSquare atas semua aksi Check-in yang dilakukan oleh pengguna. Ini menurut PanDe Baik loh ya. Tulisan selengkapnya terkait Badge, bisa mampir ke halaman berikut dulu sebelum melanjutkan. Ohya, kali ini saya ingin berbagi Tips untuk berburu Badge FourSquare bagi Pemula. Kenapa Pemula, karena saya sendiri masih termasuk golongan tersebut. Hehehe…

Pertama, pahami dahulu syarat atau kebutuhan masing-masing Badge yang akan diburu. Panduan lengkapnya, silahkan mampir di dua alamat berikut. 4SQuaresBadges.com dan satunya lagi dari Acslater.com. Untuk tahap Pemula, yang paling gampang dipenuhi dalam rentang waktu satu hingga dua minggu pertama adalah Newbie, Local, Adventures, Bender, Crunked serta School Night. Sedangkan untuk Explorer, Super Star, Super User, OverShare, Don’t Stop Believin, I’m on the Boat, Animal House, Photogenic, Babysitter ataupun Swarm, dibutuhkan sedikit tambahan tips agar tidak terlalu mengundang atau malah mengganggu teman lainnya.

Kedua, putuskan hubungan secara sementara antara akun FourSquare dengan dua akun jejaring sosial lainnya seperti Twitter atau FaceBook, ketika berkeinginan untuk mengejar lima Badge yang saya sebutkan terakhir atau yang lainnya dalam waktu singkat. Kenapa demikian ? karena kebutuhan yang dipersyaratkan untuk mendapatkan masing-masing Badge tadi membutuhkan banyak aktifitas Check-in yang saya khawatirkan kelak bakalan hanya akan menuh-menuhin wall atau halaman milik teman. Karena setiap aktifitas Check-in yang dilakukan pengguna akan secara otomatis ditembuskan ke akun Twitter maupun FaceBook yang bersangkutan. Bisa juga ditambah dengan menyembunyikan (hide) status Check-in dari daftar Teman, yang nantinya akan menambilkan status “off the grid”.

Misalkan untuk Badge OverShare yang mensyaratkan minimal 10 kali aktifitas Check-in dalam rentang waktu 12 jam, atau Explorer dan Super Star yang mensyaratkan aktifitas Check-in di 25 hingga 50 tempat yang berbeda. Hal ini pula untuk mencegah adanya tanda tanya Rekan lain, bagaimana mungkin aktifitas Check-in bisa dilakukan sebanyak itu dalam waktu singkat. Hehehe…

Terkait pemutusan hubungan sementara tersebut, Tips Ketiga adalah melakukan aktifitas bo’ongan alias Virtual Check-in. Aktifitas inilah yang tempo hari sempat saya katakan sebagai kelemahan dari jejaring sosial berbasis lokasi baik FourSquare maupun KoproL, dimana pengguna dapat “mengatakan” sedang melakukan aktifitas Check-in di satu tempat tertentu padahal yang sebenarnya adalah, ia sedang berada di tempat yang jauh dari lokasi.

Virtual Check-in ini berguna untuk mendapatkan Badge yang mensyaratkan pengguna melakukan aktifitas Check-in di tempat tertentu yang barangkali saja jarang atau bahkan tidak akan sempat dikunjungi mengingat waktu dan kebiasaan. Misalkan untuk mendapatkan Badge Babysitter dibutuhkan minimal 10 kali Check-in pada tempat atau lokasi yang memiliki tag atau tanda kata kunci ‘PlayGround’. Pengguna tinggal melakukan pencarian kata kunci PlayGround dan melakukan aktifitas Check-in sebanyak minimal 10 kali, meskipun yang bersangkutan sedang berada di rumah atau lembur di kantor. Demikian pula dengan Badge Barista yang mensyaratkan pengguna melakukan aktifitas Check-in di 5 lokasi StarBucks Coffee yang berbeda. Jangankan ke StarBucks, minum kopi di warung depan saja jarang. Hehehe…

Keempat, gunakan selalu fitur Search untuk mencari kata kunci atau yang dikenal dengan istilah Tag yang dipersyaratkan untuk memperoleh Badge tertentu. Seperti Badge Babysitter membutuhkan lokasi dengan tag ‘PlayGround’, Barista dengan tag ‘StarBucks’, Animal House dengan tag ‘college’, I’m on the Boat dengan tag ‘Boat’, Don’t Stop Believin’ dengan tag ‘karaoke’, atau Badge Photogenic dengan tag ‘Photoboots’. Hal ini mutlak saya sarankan untuk dapat mencari dan melakukan aktifitas Check-in meski dengan cara Virtual sekalipun dengan pasti. Utamakan yang masuk dalam daftar ‘Matching Tags’ bukan ‘Matching Places’.

Kelima, seandainya tetap ingin terlihat eksis baik melalui Twitter, FaceBook atau sesama pengguna FourSquare, gunakan logika dan akal sehat. Untuk dapat melakukan serangkaian aktifitas Check-in di berbagai tempat, sedapat mungkin gunakan logika berpikir, akal sehat pribadi serta pola pikir orang lain. Rasanya tidak mungkin ketika pada pukul 10 pagi saat hari kerja, lokasi StarBucks Hard Rock Café yang merupakan tempat minum kopi dipilih sebagai lokasi Check-in oleh seorang PNS abdi negara seperti saya misalkan. Padahal lima belas menit yang lalu sudah menyatakan Check-in di tempat kerja yang notabene berada di areal Puspem Badung Mengwi. Selain faktor jarak dan waktu pencapaian yang mustahil, rasanya kurang kerjaan banged kalo sampe saya “ketahuan” oleh Rekan lain sedang berada di StarBucks.

Apa Kata Dunia ?

Comments (8)

[…] This post was mentioned on Twitter by pande baik, pande baik. pande baik said: Lima Tips Berburu Badge FourSquare bagi Pemula http://dlvr.it/6q05g […]

he…he…he…. inilah PNS yang sering kluyuran starbuck 😆 btw, salut dengan bli pande yang selalu gak pernah ketinggalan tekhnologi.
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

[Reply]

pande Reply:

hush hush… ralat : saya gag ada ke Starbucks kok… cuma mampir ke Grahadi doang… *eh

[Reply]

Inilah contoh bapak teladan. Memang seharusnya seperti ini, tapi sayang masih banyak yang belum melakukannya sehingga begitu anaknya besar malah ‘tidak kenal’ bapaknya sendiri.
Salam kenal Mr.pande.
😉

[Reply]

pande Reply:

Terima kasih… tapi Maaf, pasti salah naruh komen ya ? :p

[Reply]

Lho?? Kok bisa ya? Padahal saya tadi yakin naruh komen di tempatnya..hehe..
Ahh..gara-gara sinar matahari begitu kuat pagi ini, monitornya ‘saru’..hehe..
Maaf ya.
😉

[Reply]

Ya..ya..bli, nais inpo, ijin bookmark dulu.

Badge rajin atau sayang nyonyah ada ga ya? *eh*

[Reply]

pande Reply:

adanya cuma Sayang Anak Tu… *PLayGround

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge