Menu
Categories
Ayo berburu BadGe FourSquare
October 7, 2010 tentang TeKnoLoGi

Melakukan aktifitas Check-in pada jejaring sosial berbasis lokasi FourSquare secara rutin, rasanya belum lengkap kalau belum mendapatkan Badge. Yang dimaksud dengan Badge disini adalah sebuah logo bundar kecil sebagai pengakuan dari FourSquare atas semua aksi Check-in yang dilakukan oleh pengguna. Badge inilah yang kemudian membedakan aktifitas Check-in yang dilakukan melalui FourSquare dibandingkan Koprol buatan indonesia itu.

Mengoleksi Badge bagi saya pribadi malah mampu menimbulkan keasyikan tersendiri. Untuk mendapatkannya ya tergantung pada jenis Badge yang diinginkan. Badge yang biasa, akan diberikan ketika pengguna melakukan aktifitas Check-in setelah kuantitas tertentu. Sedangkan yang tidak biasa, ada semacam trik yang mutlak dilakukan serta dibutuhkan sedikit keberuntungan agar Badge unik ini dapat menghiasi halaman profil pengguna.

Hasrat untuk mengoleksi Badge pada FourSquare ini kurang lebih mirip dengan aktifitas Filateli atau mengoleksi Perangko. Maaf, ada yang masih ingat dengan benda bernama Perangko ?

Saking asyiknya aktifitas ini, bahkan ada seorang teman yang begitu getolnya mengejar Badge hingga terakhir yang saya tahu, telah mengoleksi sekitar 28 badge. Bandingkan dengan yang saya capai baru 12 buah.

Terkait dengan 12 Badge yang saya dapatkan hingga hari ini setidaknya ada Badge Newbie yang diberikan pada saat pengguna melakukan Check-in pertama sebagai tanda keberhasilan, Local diberikan ketika pengguna melakukan aktifitas check-in minimal tiga kali ditempat yang sama dalam waktu satu minggu, Adventurer untuk 10 kali aktifitas Check-in di lokasi yang berbeda, Explorer untuk 25 kali serta Super Star untuk 50 kalinya.

Selain itu ada juga Bender, sebuah Badge yang biasanya diberikan bagi pengguna yang melakukan aktifitas Check-in 4 hari berturut-turut, OverShare untuk aktifitas Check-in lebih dari 10 kali dalam rentang waktu 12 jam, Super User untuk 30 kali check-in dalam sebulan atau kurang, Super Mayor diberikan saat pengguna dinyatakan sebagai pemilik -diistilahkan dengan sebutan MayorShip– pada minimal 10 lokasi sekaligus, Crunked untuk 4 aktifitas Check-in sekaligus dalam satu malam, School Night untuk aktifitas Check-in setelah jam 3 pagi (kurang kerjaan banged), dan Swarm diberikan pada setiap orang yang berkumpul di satu tempat dengan jumlah minimal 50 orang.

Untuk kemudian melakukan aktifitas berburu Badge saat beraktifitas dengan FourSquare ini, minimal yang perlu diketahui adalah “syarat” atau kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masing-masing Badge. Setidaknya ada dua alamat yang bisa saya rekomendasikan untuk memandu aktifitas perburuan Badge kali ini. Yang satu bernama 4SQuaresBadges.com dan satunya lagi dari Acslater.com. isi kedua alamat tersebut kurang lebih sama, hanya ada sedikit penambahan jenis Badges bergantung pada pengetahuan dasar masing-masing.

Saya pribadi berhasil mencoba untuk bisa mendapatkan Badges OverShare yang membutuhkan aktifitas Check-in minimal 10 kali dalam waktu 12 jam. Hal ini saya lakukan pada hari rabu lalu, sesaat setelah Server yang dikelola oleh pihak FourSquare dinyatakan berfungsi normal kembali. Seorang Teman bahkan mengira saya melakukan aktifitas check-in berkali-kali dalam rentang waktu yang berdekatan hanya untuk aksi balas dendam atas errornya Server FourSquare selama hampir 2 hari.

Sebenarnya tidak masalah apabila aktifitas Check-in yang dilakukan pada FourSquare ini hanyalah ‘berjalan apa adanya’, tapi bukankah akan lebih mengasyikkan ketika kita mencoba untuk sedikit bermain-main untuk mendapatkan lebih banyak BadGe bukan ?

Yuk, berburu BadGe FourSquare dan bagikan pengalamanmu disini.

"20" Comments
  1. Pingback: Tweets that mention Ayo berburu BadGe FourSquare | PanDe Baik -- Topsy.com

  2. Mesti rajin check in,,,,check in sini check in situ !!!!

    [Reply]

    pande Reply:

    nanti deh saya bagi Tips-nya. :p

    [Reply]

  3. foursquare buat nokia ada ga?

    [Reply]

  4. Langsung akses m.foursquare.com saja Mbak, via web browser :p

    [Reply]

  5. Helda pake SE W300i, login lewat m.foursquare.com, kaga bs, Bli. 🙁 Layarnya putih trus. Padahal buka m.facebook.com, bisa.
    Hufh!
    Jadinya, kalo mau check-in, ya kalo bawa netbuk plus ada wi-fi. Kalo ga ya, sebelum pergi check-in dl. Tapi, sayang bgt jdnya, ga semua tempat jdnya bs aku check-in di 4sq. Hiks. Pdhal kdg Helda kalo da keluar, bs ke sana ke mari, Bli.

    *curhat colongan*

    [Reply]

    pande Reply:

    Gampang… gunakan Trik Virtual Check-in pas lagi di depan NetBuk. :p dijamin maknyuss…

    [Reply]

    pande Reply:

    Untuk SE W300i, coba hapus dulu Cache-nya, kali ja mau. Kalopun tetep gak mau, akses ke foursquare.com/mobile
    Sebenarnya sama saja siy, tapi ponsel Nokia saya sempat mengalami hal serupa tempo hari. Cuma, yang saya alami malah kebalikannya.
    Pas diakses alamat foursquare.com/mobile gak pernah berhasil, eh pas nyari m.foursquare.com malah sukses berat. :p

    [Reply]

  6. mau banyak badge, jadi banyakin jumper aja 😈

    [Reply]

    pande Reply:

    Sudah diterapkan sedari awal, hasilnya lumayan… :p

    [Reply]

  7. Pingback: Tugu Pahlawan, Surga bagi Pemburu BadGe FourSquare | PanDe Baik

  8. Pingback: JUMPER, Cara Cepat mendapatkan Badge FourSquare | PanDe Baik

  9. Pingback: BerBagi TRIK 16 Candles, School Night, OverShared, MayorShip dan Groupie | PanDe Baik

  10. Pingback: JUMPER, Kriminal FourSquare yang dicela namun dicari | PanDe Baik

  11. Pingback: Berlari mengejar 4 BadGe RunKeeper | PanDe Baik

  12. Saya pakai bb,tapi kok tidak bisa change location ya?bagaimana saya main ke new york dgn bb saya?

    [Reply]

    pande Reply:

    Mohon Maaf, komentarnya di moderasi dahulu tempo hari. Jawabannya liat di pertanyaan sebelumnya yah… baca juga tips jumper yang lain…

    [Reply]

  13. eh gimana cara dapat badges yg lebih bnyak ?

    [Reply]

  14. eh gimana cara dpat badges yg lebih bnyak gambar ?

    [Reply]

Leave a Reply
*