Menu
Categories
Menjadi Blogger yang Konsisten untuk Berbagi
August 24, 2010 tentang DiRi SenDiri

Siapapun tidak pernah menyangka bahwa saya akan menjadi seorang blogger (sebutan untuk orang yang memiliki dan mengelola blog). Tidak saya, tidak teman sekolah, tidak saudara, tidak juga orang-orang yang saya sayangi.

Empat tahun dan seribu lima ratus tulisan, akhirnya hanyalah menjadi sebuah angka biasa jika dibandingkan dengan banyak hal positif yang bisa saya dapatkan dari aktifitas menjadi seorang blogger. Teman, komunitas bahkan ilmu dan pengetahuan baru yang saling melengkapi satu sama lainnya saya rasakan jauh lebih bernilai ketimbang mengejar traffic, kunjungan ataupun pemasukan iklan.

Tidak mudah memang selama empat tahun tersebut, saya berusaha untuk tetap konsisten menjadi seorang blogger. Tetap berusaha untuk memperbaharui tulisan dalam periode satu dua hingga tiga hari sekali, meskipun diluaran ada juga rekan yang sebetulnya hanya memperbaharui tulisan sebulan sekali ya tetap saja masih bisa dikatakan blogger.

Selama itu, tidak ada hal yang khusus saya angkat menjadi sebuah tulisan untuk dipublikasi. Meminjam istilah ‘waserba-warung serba ada’, boleh jadi hampir semua kegiatan, pengetahuan hingga perkembangan keluarga masuk dalam blog ini. Hal yang barangkali tidak direkomendasikan oleh sejumlah penulis buku tentang blog yang bertujuan mengumpulkan pundi-pundi uang.

Saya akui bahwa tak sepeser rupiahpun yang pernah saya hasilkan melalui blog ini, namun seperti yang saya katakan diatas, banyaknya hal positif yang saya dapatkan membuat semua itu makin terlewatkan saja setiap harinya. Padahal ada kok keinginan untuk mengubah blog menjadi mesin penghasil uang seperti kata beberapa buku yang saya beli.

Tujuan untuk berbagi pada akhirnya saya ambil sebagai pilihan selama setahun terakhir. Entah berbagi pengalaman, berbagi ilmu, berbagi pengetahuan atau berbagi cerita tentang banyak hal, apa saja. Terkait teknologi telekomunikasi, informasi pekerjaan, perkembangan MiRah putri kecil kami, tentang opini terkait hal-hal aktual yang terjadi disekitar dan lain sebagainya.

Berbagi tidak pernah Rugi, begitu kira-kira tag yang pernah digaungkan oleh komunitas Bali Blogger Community jauh sebelumnya, menjadi sebuah inspirasi yang kemudian berusaha saya terapkan tidak hanya dalam blog ini tapi juga dalam keseharian. Tujuannya tentu saja untuk saling mengisi dan melengkapi.

Betapa indahnya ketika (pernah) orang lain merasakan manfaat dari tulisan yang pernah saya publikasikan sebelumnya atau malah menjadi sebuah inspirasi, meskipun pada saat yang sama orang tersebut berada disebelah saya dan tidak mengetahui bahwa sayalah pemilik blog tersebut.

Ada rasa bangga dan bersyukur bahwa apa yang saya miliki dan pahami mendapatkan timbal balik ataupun respon tambahan yang menambah sisi pengetahuan yang sebelumnya tidak saya miliki.

Menjadi Blogger yang Konsisten untuk Berbagi adalah pilihan saya.

"7" Comments
  1. wah mantap om, benar-benar pantas dicontoh untuk inspirasi diri ini 🙂

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima Kasih… Terima Kasih…

    [Reply]

  2. Empat tahun, ayo lapor ke dancuk biar diadakan acara slameta, hi hi :D.

    [Reply]

    pande Reply:

    Katanya sekalian dengan Selametannya Mas Hendra. :p

    [Reply]

  3. Sebuah rekor baru telah dibuat, mungkin kalau di dengar om Jaya Suprana pasti akan dimasukan menjadi salah satu nominasi blogger sejati 😆
    Btw, selama 4 tahun itu segala file blognya apa ditaruh di satu hostingan saja atau berpindah-pindah :mrgreen: ❓ karena aku gak pernah membaca keluhan tentang hosting di sini.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    [Reply]

    pande Reply:

    Mengeluh tentang Hosting memang blom pernah, soale kalo kesulitan pasti ada yang nolongin… :p dua tahun pertama masih numpang di blogspot, trus setahun ketiga, dapet hosting gratis dari RakhaHost pas launching BBC dan pindah ke BOC sampe sekarang…

    [Reply]

  4. salut bli, walaupun kata orang isi blog tidak konsisten tapi yang penting pemiliknya konsisten ngeblog dan berbagi, hehehe tul ga?

    [Reply]

Leave a Reply
*