Menu
Categories
tentang Yowana Paramartha Maha Semaya Warga Pande (Propinsi Bali)
August 15, 2010 tentang iLMu tamBahan

Yowana Paramartha Maha Semaya Warga Pande merupakan sebuah wadah organisasi remaja (semeton Pande) yang berada dibawah organisasi Maha Semaya Warga Pande. Sekedar informasi bahwa Maha Semaya Warga Pande adalah sebuah lembaga yang didirikan pada tahun 1975 bertujuan mempersatukan dan mengantarkan warganya mencapai jagaddhita dan moksa, sejahtera jasmani dan rohani. Pembentukan lembaga Maha Semaya Warga Pande merupakan janji besar Warga Pande untuk mempersatukan diri sesuai kejaten Pande dan memperjuangkan kesetaraan secara intern dan ekstern.

Pembentukan organisasi Yowana Paramartha Warga Pande diatur dalam Pasal 10 Anggaran Dasar Semaya Warga Pande Propinsi Bali tanggal 1 Juni 2007.

Organisasi Yowana Paramartha Warga Pande tersusun :

  1. Yowana Paramartha Warga Pande Propinsi Bali atau Pusat
  2. Yowana Paramartha Warga Pande Propinsi Luar Bali
  3. Yowana Paramartha Warga Pande Kabupaten/Kota se-Bali
  4. Yowana Paramartha Warga Pande Kecamatan se-Bali.

Terkait struktur organisasi dan pengurus Yowana Paramartha Warga Pande ditetapkan, disahkan serta dilantik oleh pengurus Maha Semaya sesuai dengan tingkatan wilayahnya.

Untuk Yowana Paramartha Warga Pande Maha Semaya Warga Pande Propinsi Bali sendiri struktur organisasi dan pengurusnya disusun pada tanggal 10 Juni 2007 melalui keputusan rapat di Celuk Gianyar. Pengesahan Susunan dan Personalia Pengurus Yowana Paramartha Maha Semaya Warga Pande Propinsi Bali masa bhakti 2007-2012 ditetapkan dalam Keputusan Pengurus Maha Semaya Warga Pande Propinsi Bali Nomor 02/MSWP-Bali/KEP/VI/2007 tanggal 18 Juni 2007. Pengurus Yowana Paramartha Maha Semaya Warga Pande Propinsi Bali ini bertanggung jawab kepada Pengurus Harian Maha Semaya Warga Pande Propinsi Bali.

Pembentukan Yowana Paramartha ini diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi, pendidikan, latihan dan pengabdian diri sebagai kader-kader muda Maha Semaya sesuai ajaran Tri Para Artha (Asih, Punia dan Bhakti) sekaligus untuk membantu pengurus Maha Semaya didalam menjalankan amanat Pesamuhan Agung, program kerja Maha Semaya dan keputusan/ketetapan Pesamuhan Agung lainnya, sebagai wujud pengabdian pada warga, nusa, bangsa dan negara.

Adapun yang ditetapkan sebagai Ketua Pengurus Harian yaitu Drh. Komang Suarsana, M.M.A. dari Bangli, dibantu oleh Putu Dian Pradnyanitasari dari Munggu Badung selaku Sekretaris dan Pande Putu Bambang Wirawan dari Beng Gianyar sebagai Bendahara. Dalam struktur organisasi ini terdapat 5 (lima) bidang yang diatur sebagai berikut :

  1. Bidang Kewidanaan (Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia)
  2. Bidang Pendidikan dan Latihan
  3. Bidang Sosial-Budaya
  4. Bidang Sosial Ekonomi/Dana
  5. Hubungan Masyarakat
"4" Comments
  1. Pingback: Tentang Dharmawacana Yowana Paramartha Warga Pande | PanDe Baik

  2. Mantap bli, terima kasih infonya, pingin kenalan dengan semua pengurus.

    [Reply]

    pande Reply:

    …ngomong”, selain Pak Komang Suarsana, ada juga loh Pengurus YP Propinsi yang sudah kita kenal dengan baik… :p

    [Reply]

  3. OM SWASTIASTU, titiang nunas info. titiang ingin bertemu dengan sesepuh/penua pande, ada beberapa hal yang ingin tyang tanyakan.

    [Reply]

Leave a Reply
*