GooGLe adopsi BackGround Image Microsoft Bing

2

Category : tentang TeKnoLoGi

Ngomong-ngomong, pernah dengar Microsoft Bing gak ?

Menurut Wikipedia, Microsoft Bing  itu merupakan sebuah mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat.

Saya pribadi mengenal Bing kurang lebih kuartal ketiga tahun 2009 dari sebuah tabloid lokal dan sempat mencobanya beberapa kali. Satu hal yang kemudian menjadi ciri khas Bing adalah adanya fitur Interface Features. Fitur Interface ini menampilkan gambar background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya. Gambar yang ditampilkan ini merupakan gambar yang unik dari seluruh dunia. Gambar background yang ditampilkan ini juga dilengkapi dengan informasi berkenaan dengan gambar tersebut. Gambar background pada mesin pencari ini bersifat fleksibel, artinya dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan.

Ide Interface Features inilah yang kemudian diadopsi oleh GooGLe sebuah mesin pencari (search engine) website yang sudah familiar dikenal orang selain Yahoo. Saya pribadi mengetahui kabar ini kurang lebih awal tahun 2010 lalu, kalau tidak salah dari KoRan FesBuk yang rajin memberikan informasi terkini secara berkala lewat jejaring sosial pertemanan FaceBook.

Untuk dapat mengaktifkan fitur ‘Background Image’ pada mesin pencari GooGLe, diperlukan satu syarat mutlak yaitu akun email GooGLe.

* *

Caranya, Login terlebih dahulu dengan akun email tersebut, kemudian akses alamat mesin pencari milik GooGLe dan arahkan pointer mouse ke bagian kiri bawah halaman. Disitu akan muncul tulisan ‘change background image’. Adapun image/gambar/foto yang dapat digunakan adalah yang disediakan secara default, dari pc atau laptop hingga akun album Picasa yang dimiliki. Agar image/gambar/foto dapat ditampilkan dengan baik pada halaman GooGLe, disarankan agar memenuhi syarat resolusi minimal 800×600 pixel.

Salah satu daya tarik GooGLe dibandingkan mesin pencari Yahoo adalah ketiadaan iklan ataupun puluhan images yang kadang tidak dapat ditampilkan dengan baik ketika koneksi menurun. Sayangnya kesederhanaan tampilan yang disajikan GooGLe kadang menimbulkan rasa bosan walaupun logo GooGLe kerap berganti-ganti sesuai tema atau event yang berlaku saat itu. Dengan adanya fitur ‘BackGround Image’ ini diharapkan masing-masing pengguna (dibedakan menurut akun email) dapat menikmati halaman GooGLe secara lebih personal dan menarik.

Mau mencobanya ?

Comments (2)

belum pernah nyoba bli, hehe

[Reply]

pande Reply:

kenapa tidak dicoba ? diisi dengan foto si kecil dan ibunya ? :p

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge