Nikmatnya Android 1.5 CupCake

1

Category : tentang TeKnoLoGi

Tidak banyak kesulitan yang saya hadapi ketika mencoba sistem operasi Android yang diadopsi Samsung I5700 Galaxy Spica tempo hari. Saya katakan demikian karena sebelum memegang dan meng-explore Samsung Spica tersebut, saya berkesempatan menjajal sistem operasi versi 1.5 atau yang dikenal dengan kode CupCake melalui laptop.

Sistem Operasi Android 1.5 CupCake ini sebenarnya hanyalah sebuah emulator atau software yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin membuat dan mengembangkan aplikasi agar bisa berjalan pada Android. Kurang lebih sama dengan yang saya jajal beberapa waktu lalu saat menjajal Windows Mobile baik bertipe Smartphone maupun PocketPC juga BlackBerry dan tentu saja Symbian.

Android versi 1.5 ini dapat dijalankan melalui sebuah pc atau laptop yang berbasis Windows (saya gunakan Vista) dengan bantuan aplikasi Sun Virtual Box, sebuah aplikasi yang mampu menjalankan sistem operasi yang berbeda diatas sistem operasi yang digunakan. Hanya saja untuk dapat menjalankan aplikasi ini dengan baik, diperlukan space hard disk yang memadai serta memory (RAM) yang kelak akan dibagi secara permanen. Aplikasi bantuan ini sebenarnya saya pergunakan juga untuk menjalankan aplikasi LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) yang berbasis Linux Debian.

Ketika Android versi 1.5 CupCake berhasil dijalankan, pengguna akan mendapati tampilan Homescreen seperti gambar diatas. Perilaku yang pernah saya tuliskan sebelumnyapun dapat dilakukan. Demikian pula saat mengakses tampilan Menu dan tentu saja pengaturannya.

Seperti halnya Software Development lainnya yang pernah saya coba, ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses seperti halnya menjajal Samsung Spica tempo hari. Namun secara umum pengoperasian Android tetap sama.

Sapuan jari yang dilakukan pada layar ponsel dapat digantikan dengan mouse, tinggal klik kiri dan geser. Demikian pula halnya dengan tap dan tahan untuk memunculkan shortcut atau menghapus icon aplikasi. Sedikit berbeda dengan tampilan Samsung Spica, layar Homescreen ditampilkan secara mendatar alias landscape. Dalam penggunaannya, telah disertakan dua buah games yang dapat dimainkan.

Android versi 1.5 ini dapat diunduh dari alamat berikut (code google) oleh pengguna awam sekalipun dengan dua tahap pengunduhan untuk dua file, yang nantinya kedua file tersebut dapat disatukan dengan menggunakan aplikasi hjsplit yang juga dapat diunduh dari alamat yang sama. Adapun besaran file setelah digabungkan kurang lebih sekitar 180,8 MB dan berupa file yang terkompresi (format iso). File ini dapat dijalankan melalui cd-rom maupun flash disk dengan bantuan aplikasi Sun Virtual Box tadi.

Sekedar informasi tambahan, aplikasi Sun Virtual Box sendiri dapat diunduh dari alamat berikut atau langsung menuju Sun Microsystem dengan besaran file sekitar 74,2 MB.

Berminat mencobanya ?

Comments (1)

ga bisa,,, file ku ukurannya 172mb…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge