Era Baru si Robot Hijau GooGLe AnDroid

16

Category : tentang TeKnoLoGi

Android menurut Wikipedia sebenarnya merupakan robot yang dibuat menyerupai manusia, baik secara tampilan maupun tingkah laku. Sebaliknya Android yang akan dibicarakan disini adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux dan dikembangkan oleh GooGLe.

Terhitung sejak perilisan perdana pada 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Hal ini memberikan satu alternatif lagi kepada pengguna telekomunikasi untuk memilih teknologi yang biasa ditanamkan pada sebuh ponsel pintar (smartphone).

Maka tidak salah apabila para pengembang sistem operasi yang sejak awal sudah mengcengkram cakar mereka seperti Windows Mobile, Symbian, Blackberry, iPhone bahkan Linux mulai bertanya-tanya seperti apa sih sistem operasi terbaru ini ?

Android identik dengan penggunaan aplikasi yang bersifat terbuka (open source). Dalam pengoperasiannya Android siap di-backup oleh semua fitur yang dimiliki oleh Google Inc seperti Google Map, Google Search, Google Talk, Google Calendar hingga Google Mail. Hal ini tentu saja menjadi sebuah penawaran yang menggiurkan mengingat hampir semua fitur yang ditawarkan sudah familiar digunakan. Sayangnya untuk dapat menikmati semua fitur tersebut dengan baik, Google mensyaratkan koneksi internet yang minimal mendukung frekuensi 3G yang kemudian dirasakan agak memberatkan konsumen dari segi biaya. Borosnya Bandwidth yang dibutuhkan adalah salah satunya.

Kendati demikian, banyak teknologi positif yang dapat dimanfaatkan ketika saya mencoba menjajal Android baik melalui Emulator yang dapat dijalankan melalui sebuah PC ataupun langsung melalui ponsel pintar yang telah mengadopsi Android. MultiTouch pada area Homescreen, akses Menu dan fitur lainnya tanpa stylus, pengoperasian yang tidak seribet WinMob dan juga tampilan yang mudah dipahami merupakan hal pertama yang membuat saya ingin beralih pada Android.

Pada pengembangannya Android kini telah diadopsi oleh beberapa vendor ponsel terkemuka seperti HTC, Sony Ericsson, Samsung, Motorola, LG bahkan vendor ponsel lokal seperti IMO, Huawei dan i-Mobile. Masing-masing vendor tersebut memanfaatkan beberapa rilis Android yang berbeda untuk setiap seri ponsel yang dimiliki seperti Andoid 1.1, versi 1.5 Cupcake, 1.6 Donut, 2.0 dan 2.1 Γ‰clair. Entah kebetulan atau tidak, setiap rilis resmi yang diluncurkan Android menggunakan pengurutan Abjad sebagai nama pengingat. Sebagai pertimbangan dari sebuah kebetulan ini kabarnya pihak pengembang sedang berancang-ancang merilis versi berikutnya dengan nama Froyo serta GingerBread.

Semakin banyaknya vendor yang mulai mengadopsi Android sebagai sistem operasi pada seri ponsel pintar mereka, bisa jadi disebabkan oleh harga lisensi yang jauh lebih murah ketimbang sistem operasi lainnya sehingga beberapa vendor mampu meluncurkan seri mereka dengan harga yang murah. Diantaranya i-Mobile IE 6010 kisaran 2,0 juta, IMO S900 kisaran 2,25 juta, dan tentu saja Samsung I5700 Galaxy Spica 2,9 juta.

Bagaimana rekan-rekan ? ada yang tertarik untuk menjajal Android ?

Comments (16)

Bagaimana rekan-rekan ? ada yang tertarik untuk menjajal Android?

Jawaban: Tertarik

[Reply]

pande Reply:

Tunggu Yang berikutnya. :p

[Reply]

orang – orang bek ane kurang tertarik gara – gara market aplikasi ne sing jelas kone bli hehehehe … tapi hp ne luung sih. nexus one dari google ane ngetrend dini ajak motorola droid

[Reply]

pande Reply:

Yah, marketnya lumayan lah… Nexus One kmahalan untuk ukuran Indonesia. Yang terjangkau sepertinya baru Spica. πŸ™‚

[Reply]

Saya sudah menjajal android eclair sejak maret lalu pake samsung spica. Sekarang si spica mau saya jual. Ada yang tertarik?? Alasan jual mau upgrade ke N1 atau samsung i9000. Ada yang berminat?

Harga cincai πŸ™‚

[Reply]

pande Reply:

Nah… Cincai itu berapa Gus ? :p

[Reply]

Ah…, belum punya angan-angan sejauh itu, kalau ada dana suatu saat nanti boleh saja sih πŸ˜€

[Reply]

pande Reply:

hehehe… yah, sebagai alternatif saja lah. πŸ™‚

[Reply]

Hi, I’m very interested in Linux but Im a Super Newbie and I’m having trouble deciding on the right distribution for me (Havent you heard this a million times?) anyway here is my problem, I need a distribution that can switch between reading and writing in English and Japanese (Japanese Language Support) with out restarting the operating system.

[Reply]

pande Reply:

Sun VirtualBox maybe ???

[Reply]

[…] Era Baru si Robot Hijau GooGLe AnDroid […]

De ngaden awak bisa.,
Depang anake ngadanin…

[Reply]

pande Reply:

??? Maaf, ndak ngerti apa maksudnya… salah komen pada tulisan lain barangkali ?

[Reply]

[…] maksud tampilan mesin pencari GooGLe seminggu terakhir. Apalagi kalo bukan rilis terbaru ponsel Android resmi besutan mereka, Nexus S. Press Release mereka tertera dengan jelas tepat di bagian bawah […]

[…] dipungkiri bahwa keberadaan sistem operasi Android yang awal tahun lalu masih terlihat disepelekan oleh banyak kalangan, kini terlihat makin meraksasa […]

[…] tidak, gempuran tiga raksasa baru lengkap dengan ponsel dan sistem operasi terbaru mereka, Android, BlackBerry dan iPhone, tampaknya sudah cukup membuat kelabakan dengan berkurangnya kue konsumen […]

Post a comment

CommentLuv badge