Menu
Categories
Mai nge-BLOG pang sing BeLOG
June 10, 2010 tentang DiRi SenDiri

Sudah lama saya tidak mendengar ataupun membaca slogan milik Bali Blogger Community yang kalau tidak salah sempat dilontarkan oleh sang DanCuk (komanDan puCuk) Bung Anton Muhajir pada awal pendirian komunitas ini. Satu semangat yang memacu kami (dan saya secara pribadi hingga hari ini) untuk tetap melahirkan tulisan demi tulisan dengan harapan berbagi informasi, pengalaman hingga pembelajaran pada diri sendiri.

Tidak mudah memang mempertahankan spirit nge-BLoG. Apalagi seandainya BLoG hanya digunakan untuk berbagi kabar aktifitas sehari-hari tanpa mampu menjadikannya sebagai lahan pemasukan tambahan. Seperti BLoG www.pandebaik.com tentu saja. :p

Satu persatu rekan BLoGGer yang tergabung dalam komunitas Bali Blogger Community mulai menampakkan kejenuhan mereka dan memilih untuk Hiatus atau rehat sejenak dari rutinitas menulis. Saya pribadi sempat pula mengalaminya disaat awal. Kendati baru-baru ini sampai terlontar ide untuk hiatus tapi nyatanya malah bertahan 3 (tiga) hari saja. Gak tahan buat nulis lagi.

Yang namanya ide jujur saja sangat banyak saya miliki. Tapi semua itu bisa dibilang hanya sampah yang barangkali hanya bisa berguna dan bermanfaat bagi sebagian kecil orang yang mampir kemari. Hampir tidak ada tulisan yang mampu tembus ribuan pengunjung dalam satu periode tertentu atau dikomentari banyak orang. Bagi seorang BLoGGer, sepinya pengunjung, pembaca hingga komentator bisa jadi malah menurunkan minat mereka untuk terus menulis.

Hanya saja (lagi-lagi) bagi saya pribadi, salah satu alasan kuat untuk tetap menulis adalah Domain. Menggunakan domain pribadi tanpa embel-embel dot blogspot atau dot wordpress memang sangat membanggakan. Senangnya bukan main ketika orang secara tidak sengaja mengatakan telah menjadikan BLoG www.pandebaik.com sebagai bahan referensi mereka. Bisa juga ketika menyadari bahwa dalam hasil pencarian untuk kata kunci tertentu di sebuah search engine ternama menyajikan salah satu tulisan dihalaman pertama. Namun keputusan untuk menggunakan domain pribadi artinya ada penambahan biaya untuk pemeliharaan setiap tahunnya. Meski demikian saya pribadi bisa jadi merupakan orang yang beruntung telah memanfaatkan BaliOrange.net sebagai media hosting dan tentu saja kepemilikan Domain. Biaya yang dibebankan rasanya tidak terasa berat dibanding pelayanan dan kemudahan yang mereka berikan.

Balik pada topik BLoG, tetap semangat untuk nge-BLoG bisa jadi tetap saya lakoni hingga hari ini lantaran orientasi yang saya gunakan adalah berbagi, bukan bercerita seperti dahulu. Berbagi pengalaman, berbagi ilmu, berbagi pengetahuan meski sebagian lainnya masih mengikuti orientaasi lama.

BLoG bagi saya bukan lagi menjadi satu beban, namun sudah menjadi candu layaknya mengkonsumsi narkoba, putauw, ganja hingga arak Methanol. Selalu merasakan ketagihan. Selalu merasa tidak nyaman ketika tidak melakukannya. Ingin lagi dan lagi.

Lingkup yang beragam membuat saya masih tetap bertahan hingga hari ini. Ketika ide berbagi telah habis, ada ide tentang tumbuh kembang MiRah putri kecil kami yang siap dipublikasikan. Bisa juga tentang keruwetan pikiran tentang lingkungan dan kehidupan pribadi. Tak luput hal-hal terkini yang tidak bisa diduga dan nyatanya mampu saya tuangkan dan dalam beberapa menitpun jadi.

Hiatus mungkin bukan lagi menjadi satu pilihan untuk kedepan. karena setahun terakhir aktifitas nge-BLoG nyatanya mampu mengantarkan saya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan juga tingkat pergaulan yang lebih nyaman ketimbang masa muda saya terdahulu. nge-BLoG telah memberikan banyak perubahan pada diri saya. Entah menjadi jauh lebih fleksibel terhadap pertemanan atau perbincangan.

Saya yakin, masih banyak hal positif yang bisa didapat dari nge-BLoG. Tergantung dari motivasi, tekanan hingga perjalanan yang dilalui.

Mai nge-BLOG pang sing BeLOG

Bagaimana dengan Anda ?

"10" Comments
  1. mai belog pang sing ngeblog! 😀

    [Reply]

    pande Reply:

    Waw… DanCuk-nya hadir pertama…

    [Reply]

  2. sube ngeblog, nu gen belog.

    [Reply]

    pande Reply:

    Beh, seken to PakDe ?

    [Reply]

  3. biar belog yang penting ngeblog 😀

    [Reply]

    pande Reply:

    hehehe… bisa aja Pak Dosen…

    [Reply]

  4. Saya sudah belog, ndak elok rasanya tetap ngeblog 😀

    [Reply]

    pande Reply:

    Loh ???

    [Reply]

  5. Hai minta bimbingannya tiang baru belajar nge blog 🙄 🙄

    [Reply]

    pande Reply:

    Halah… ngeblognya Mantap gitu kok… Bulan oktober saja ada 27 posting, Wiiiihhh… *kagum

    [Reply]

Leave a Reply
*