Berburu Ponsel Branded Harga dibawah 3 Juta Rupiah

Category : tentang TeKnoLoGi

Tulisan berikut hanyalah sebagai alternatif apabila pundi-pundi anggaran masih mampu dikembangkan dalam kisaran harga dibawah tiga juta. Saya sengaja tambahkan karena dikisaran ini ada banyak pilihan yang sekiranya memuaskan keinginan dan kebutuhan akan sebuah perangkat telekomunikasi yang mampu mendukung pekerjaan dan rutinitas keseharian. Kira-kira ponsel apa saja itu, simak terus.

Urutannya masih sama, dari brand teratas Nokia menyediakan seri 5530 eXpressMusic dan 5800 eXpressMusic yang sama-sama berlayar sentuh atau Touch Screen, mengadopsi sistem operasi Symbian 5th serta mendukung koneksi Wifi. Dari bentukan melebar dengan keypad QWERTY ada seri E71 yang terkenal dengan ketipisannya. Dari bentuk candybar menyajikan seri 6700 Classic dan 6720 Classic yang sama-sama memiliki resolusi kamera sebesar 5 MP dan telah mendukung 3G. Fitur yang sama pula dimiliki oleh ponsel dengan bentukan slide standar yang disajikan oleh Nokia 6600i, 6260 Slide dan 6700 Slide. Tak hanya itu, ada pula Nokia menyediakan bentuk slide ke arah samping ponsel yang ketiga-tiganya telah mendukung frekuensi 3G yaitu Nokia E75 ponsel kantoran dengan kamera 5 MP, Nokia 5730 eXpressMusic dan Nokia 6760 Slide yang khusus menyasar fitur Messaging.

Sony Ericsson sendiri menggempur pasar dengan besutan kamera 5 MP mencakup seri C901-J102i ELM yang memiliki bentukan candybar, serta seri yang memiliki bentuk slide C903 dan U100i Yari yang telah disuntikkan fitur Gesture and Motion Gaming. Satu terobosan baru dalam teknik permainan games ponsel.

Pada rentang harga ini brand Samsung tampaknya mulai menunjukkan taringnya melalui beragam ponsel pintar meliputi Samsung i5700 Galaxy Spica yang berlayar sentuh (touch screen) dan telah mengadopsi OS (sistem operasi) Android serta mengandalkan kamera 3,2 MP dan koneksi Wifi, Samsung S5620 Monte namun tanpa sistem operasi dan juga bentukan gembul berkeypad QWERTY Samsung B7320 OmniaPRO yang juga mengandalkan fitur sama namun mengadospi OS (sistem operasi) Windows Mobile 6.1 Standard.

Sebaliknya Motorola tidak memiliki rilis ponsel yang dapat dijadikan alternatif lantaran beberapa rilis terbaru mereka yang mengadopsi OS (sistem operasi) Android dibanderol harga sangat tinggi. Berbeda dengan Brand LG yang menyiapkan dua seri ponsel bentukan slide dan sama-sama mengadopsi kamera 5 MP yaitu LG KF750 dan LG BL20v New Chocolate.

Yang patut disyukuri adalah diluar ponsel branded diatas masih ada tiga brand lain yang tampaknya menyasar pangsa pasar harga dibawah tiga juta, dan sangat layak dijadikan alternatif pilihan juga.

BLackBerry, hari gini siapa siy yang gak kenal ? Adapun RIM merupakan otak yang berada dibelakang layar yang siap memberikan pelayanan termutakhir dari kebutuhan email, internet serta Messenger. Pada rentang harga ini mereka menyediakan BLackBerry 8520 Gemini yang merupakan seri termurah (dalam tanda petik handset dalam kondisi baru gres) namun fiturnya tidak murahan. Mengandalkan navigasi TrackPad (seperti yang telah diadopsi oleh Notebook) untuk menggantikan sistem TrackBall, guliran bola yang kerap menjadi permasalahan dalam satu kurun waktu tertentu.

HTC merupakan brand terbesar di pangsa pasar PDA, merekalah produsen utama dari banyak brand lainnya macam O2, T-Mobile, Verizon, Orange dll. Keunggulan produk dari brand HTC biasanya mampu diajak bekerja dan berbisnis. Kemampuan multitaskingnya jangan ditanya lagi. Dalam rentang harga ini mereka masih menyajikan HTC Snap yang sudah mengadopsi OS (sistem operasi) Windows Mobile Standard 6.1 yang artinya tanpa layar sentuh namun memiliki bentuk gembul plus keypad QWERTY. Desain Snap merupakan salah satu yang paling ditiru oleh brand lokal atau China selain model milik BLackBerry dan Nokia. Ada juga satu seri lagi yaitu HTC Touch2 T3320 yang sudah mengadopsi OS (sistem operasi) Windows Mobile Professional 6.1 yang artinya memang dipergunakan dengan mengandalkan layar sentuh atau touch screen. Sebagai informasi tambahan bahwa kedua seri tersebut mampu melakukan koneksi via Wifi. Menarik bukan ?

Apakah diatas saya sempat menyatakan bahwa dalam rentang harga ini sistem operasi OS Android juga dapat dijadikan alernatif ? Seperti halnya tulisan sebelumnya, Lagi-lagi IMO siap pula menawarkan sistem operasi terbaru ini lewat seri mereka S900 yang sudah berlayar sentuh. Namun bagi yang menginginkan penampilan lain, dapat melirik NeoTitanX WM-X8 yang memiliki bentukan jam tangan.

Bagaimana ? ada yang menarik dari sekian banyak alternatif diatas ?

Post a comment

CommentLuv badge