Sempurnakan Securitas Privacy akun FaceBook Anda

Isu terancamnya keamanan Privacy akun para FaceBookers rupanya masih jua santer terdengar disela usaha perbaikan yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg beserta para pemilik dan pengembang FaceBook. Meski demikian apa yang telah dicapai perminggu ini, patut diacungi jempol. Beberapa opsi perbaikan yang disediakan sepatutnya direaksi dengan cepat oleh setiap pemilik akun FaceBook. Tidak ada salahnya dicoba ketimbang memutuskan untuk menghapus akun FaceBook Anda. :p

Perubahan Pengaturan Privacy pasca perbaikan secara default akan diberitahu untuk setiap pengguna atau pemilik akun melalui halaman Beranda/Home. Apabila halaman diakses melalui komputer (PC) atau laptop, pemberitahuan tersebut berada tepat dibawah header FaceBook sebelum update terkini dari daftar teman yang dimiliki.

Apabila pemberitahuan tersebut tidak terlihat pagi pengguna atau pemilik akun FaceBook, pengaturan Privacy dapat langsung diakses melalui pojok kanan atas halaman yaitu Account kemudian pilih Privacy Setting. Halaman pertama yang akan dimunculkan pada menu pengaturan Privacy adalah sebagaimana yang dilampirkan dibawah ini.

  • Basic Directory Information (1) mencakup pengaturan akun profil, foto, dan hal lain yang biasanya ditampilkan pada jendela Info masing-masing pengguna atau pengguna atau pemilik akun FaceBook. Dapat diatur bisa dilihat oleh siapa saja apakah setiap orang (everyone), teman (friends only), teman dari teman yang dimiliki (friends of friends) atau orang tertentu saja (customized).
  • Sharing on FaceBook (2) mencakup pengaturan update status, album foto, relationship, alamat email hingga nomor telepon. Adapun yang tertera pada halaman tersebut adalah pengaturan yang telah diatur sebelumnya oleh masing-masing pengguna atau pemilik akun. Disini pihak pengembang FaceBook memberikan satu opsi standar (Recommended) pengaturan yang bisa digunakan tanpa melakukan pengaturan lain secara manual. Seandainyapun pengguna atau pemilik akun FaceBook menginginkan pengaturan yang lebih secure terhadap data yang mereka miliki, bisa memilih Customize Setting.
  • Applications and Websites (3) adalah pengaturan terkait penggunaan aplikasi, games hingga hubungan dengan website lain seperti YouTube, WordPress atau Okykrismadi terakhir kemarin yang digunakan dan disetujui oleh masing-masing pengguna atau pemilik akun FaceBook.
  • Block List (4) adalah pengaturan terakhir yang dapat diatur mencakup orang per orang yang tidak diijinkan untuk melihat maupun mencampuri keberadaan pengguna atau pemilik akun FaceBook. Bisa dilakukan dengan cara pemblokiran nama ataupun alamat email yang bersangkutan. Yang paling menarik disini adalah diberikannya opsi tambahan berupa Block Application Invites dimana dimaksudkan untuk memblokir orang atau nama tertentu yang dikenal memiliki hobi meng-invite atau mengundang kita untuk join dalam aplikasi atau group tertentu yang dirasakan tidak berguna. Hal ini jujur saja mengingatkan saya pada seorang teman SMA yang hampir setiap harinya selalu menyempatkan diri untuk mengundang saya bergabung dalam group atau event yang bagi saya, sampah banget. Akhirnya mau tidak mau dahulu itu saya malah memasukkan nama yang bersangkutan dalam daftar Block List, kendati merasa kasian juga memperlakukan teman kayak gitu. Hehehe…

  • Controlling How You Share (5) merupakan opsi Bantuan/Help, bagaimana cara menggunakan pengaturan Privacy ini apabila pengguna atau pemilik akun FaceBook merasa kebingungan saat mencobanya.

Opsi pengaturan Privacy ini sangat penting artinya bagi mereka yang melampirkan data alamat email, nomor ponsel maupun yang bersifat pribadi agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Jadi, tunggu apa lagi ?

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

6 thoughts on “Sempurnakan Securitas Privacy akun FaceBook Anda

  • May 30, 2010 at 5:27 am
    Permalink

    Wah, ini dia facebooker sejati, sampai detailnya 😀

    Sudah usia Bli, bentar lagi jadi sanyasin, di hutan entar ndak ada facebook apalagi privasi 😀

  • May 30, 2010 at 9:13 am
    Permalink

    Hush… masih jauuuuuuhhh… dibanding catatan legawa. :p

  • May 30, 2010 at 9:21 am
    Permalink

    Jauh gimana Bli, di seberang lautan ya? Ya iyalah, Bli kan di Bali 😀

    Btw, saya sering kelupaan subcribe comment di sini, karena kotak yang dicentang ada jauh di bawah tombol submit comment 🙁

  • May 30, 2010 at 9:36 am
    Permalink

    diatas langit… gak terkejar oleh pandebaik. :p

  • May 30, 2010 at 9:41 am
    Permalink

    Gimana mau ngejar, wong PandeBaik.com ada di atasnya, ndak mungkinah 😀

Comments are closed.