X

Cara mengHapus Akun FaceBook-mu

Keinginan ribuan FaceBookers untuk menutup akun mereka di situs jejaring sosial pertemanan FaceBook menjadi topik terakhir yang paling booming pasca kebocoran Privacy yang seharusnya bisa jauh lebih diproteksi. Beberapa berita terkait mengacu pada hasil pencarian yang dilakukan pada Search Engine Google yang rata-rata menggunakan keyword “delete Facebook account”.

Masalah keamanan data atau Privacy sebenarnya masih bisa diatur untuk diproteksi secara personal, sayangnya tidak semua pengguna FaceBook mengetahui bagaimana caranya. Demikian pula dengan cara penghapusan akun FaceBook apabila dirasa terpaksa.

Secara resmi seperti yang dijelaskan pada opsi Help, hanya ada satu cara untuk melakukan penghapusan akun FaceBook, yaitu dengan mengakses ‘Account Setting’ dari tombol ‘Account’ yang berada di pojok kanan atas halaman FaceBook. Pilih opsi yang berada paling bawah yaitu ‘Deactivate Account’.

Pilihan ini akan mengantarkan pengguna menuju halaman pengungkapan alasan mengapa pengguna memutuskan untuk menghapus akun mereka. apakah karena merasa tidak aman ketika beraktifitas di FaceBook, tidak paham dengan cara menggunakannya atau karena alasan lainnya. Setelah pengguna merasa yakin dengan pilihannya, dapat dilanjutkan dengan memilih tombol biru ‘Deactivate My Account’.

Pasca mengakses halaman diatas, pengguna diwajibkan untuk tidak melakukan login ke halaman akun yang bersangkutan minimal selama 2 minggu untuk meyakinkan pihak pengembang FaceBook dengan keputusan penghapusan akun tersebut. Apabila tidak, akun FaceBook akan tetap dianggap aktif dan opsi ‘Deactivate My Account’ secara otomatis dianulir.

PanDe Baik sendiri pernah mencobanya saat diminta oleh seorang rekan kuliah untuk menghapus akun FaceBook-nya dengan alasan ‘sudah mulai keluar jalur’. Maka terhitung sekitar 2 minggu pasca melakukan aksi ‘Deactivate My Account’ tersebut, akun si teman sudah menghilang atau dihapus secara permanen oleh pihak FaceBook.

Bagaimana, Mau mencobanya dengan akun sendiri ? :p

Categories: tentang TeKnoLoGi
pande :hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik