Menu
Categories
Cara mengHapus Akun FaceBook-mu
May 26, 2010 tentang TeKnoLoGi

Keinginan ribuan FaceBookers untuk menutup akun mereka di situs jejaring sosial pertemanan FaceBook menjadi topik terakhir yang paling booming pasca kebocoran Privacy yang seharusnya bisa jauh lebih diproteksi. Beberapa berita terkait mengacu pada hasil pencarian yang dilakukan pada Search Engine Google yang rata-rata menggunakan keyword “delete Facebook account”.

Masalah keamanan data atau Privacy sebenarnya masih bisa diatur untuk diproteksi secara personal, sayangnya tidak semua pengguna FaceBook mengetahui bagaimana caranya. Demikian pula dengan cara penghapusan akun FaceBook apabila dirasa terpaksa.

Secara resmi seperti yang dijelaskan pada opsi Help, hanya ada satu cara untuk melakukan penghapusan akun FaceBook, yaitu dengan mengakses ‘Account Setting’ dari tombol ‘Account’ yang berada di pojok kanan atas halaman FaceBook. Pilih opsi yang berada paling bawah yaitu ‘Deactivate Account’.

Pilihan ini akan mengantarkan pengguna menuju halaman pengungkapan alasan mengapa pengguna memutuskan untuk menghapus akun mereka. apakah karena merasa tidak aman ketika beraktifitas di FaceBook, tidak paham dengan cara menggunakannya atau karena alasan lainnya. Setelah pengguna merasa yakin dengan pilihannya, dapat dilanjutkan dengan memilih tombol biru ‘Deactivate My Account’.

Pasca mengakses halaman diatas, pengguna diwajibkan untuk tidak melakukan login ke halaman akun yang bersangkutan minimal selama 2 minggu untuk meyakinkan pihak pengembang FaceBook dengan keputusan penghapusan akun tersebut. Apabila tidak, akun FaceBook akan tetap dianggap aktif dan opsi ‘Deactivate My Account’ secara otomatis dianulir.

PanDe Baik sendiri pernah mencobanya saat diminta oleh seorang rekan kuliah untuk menghapus akun FaceBook-nya dengan alasan ‘sudah mulai keluar jalur’. Maka terhitung sekitar 2 minggu pasca melakukan aksi ‘Deactivate My Account’ tersebut, akun si teman sudah menghilang atau dihapus secara permanen oleh pihak FaceBook.

Bagaimana, Mau mencobanya dengan akun sendiri ? :p

"12" Comments
  1. Belum Bli. Soalnya temen2 ada di pesbuk semua T_T ya kita terpaksa bergulat dgn Privacy Setting terus2an. Kata orang sih ketika pesbuk melakukan perubahan, maka semua opsi default pada Privacy Settings adalah Semua Orang (sekarang ini, kalo dulu kan Hanya Teman).

    [Reply]

    pande Reply:

    hehehe… saya juga blom berminat atas dasar yang sama. :p

    [Reply]

    kresna eko Reply:

    tkz …..
    i like u

    [Reply]

  2. like this!!!
    selama ini gw cuma tau deactivate doank..
    ternyata bisa toh untuk remove acc…
    tapi sayang juga yah udah punya temen banyak..

    need IT??
    http://www.linovtech.com

    [Reply]

    pande Reply:

    yah, kali ja terlanjur punya banyak “penggemar” yang tidak bisa ditolerir barangkali, bisa juga kan ? hihihi….

    [Reply]

  3. yang saya tahu jarang sekali teman yang menghapus account-nya, tapi mereka membiarkan account Facebook-nya terlantar begitu saja, hehe

    [Reply]

    pande Reply:

    Ya, sayapun banyak memiliki teman yang seperti itu. Malah bikin gak enak diri sendiri. DiRemove Akunnya, nanti salah tanggap, didiamkan toh juga gak pernah di-update. :p

    [Reply]

  4. oh perlu didiamkan selama 2 minggu,,hm..

    [Reply]

    pande Reply:

    Silahkan dicoba… :p

    [Reply]

  5. boleh, tapi kayaknya belum sekarang deh…btw, thx infonya….

    [Reply]

  6. Terima kasih infonya.. tapi pengalaman saya ceritanya lain pak.. saya sudah deactivasi dan tidak buka selama 1 bulan.. tapi ternyata masih bisa dibuka.. ada cara lainnya?

    [Reply]

  7. sy udah deactivated account selama kurleb 1 tahun dan gak pernah dibuka selama itu…tp ternyata kmrn iseng2 kucoba log in lagi…ternyataaaaaaaa….BISA…
    kayaknya FB account emank gak bs di hapus dech…… 🙁

    [Reply]

Leave a Reply
**** *