Nyaman ber-FaceBook tanpa Gangguan

8

Category : tentang TeKnoLoGi

Ada beragam aktifitas yang dilakukan oleh para pemilik akun FaceBook ketika berinteraksi secara langsung dijejaring pertemanan dunia maya ini. Meliputi Update Status, membalas komentar teman, saling berkirim pesan secara private, meninggalkan pesan di halaman teman hingga mengobrol (chat) dan juga berbisnis. Tidak lupa sesekali memasukkan foto aktifitas bersama, orang-orang yang disayangi hingga kenangan masa lalu dan menandainya. Hampir semua aktifitas ini nyaris bisa dilakukan dengan baik dari media ponsel tertentu ketika pengguna sedang berada dalam situasi mobile.

Sebaliknya bagi mereka yang melakukan aktifitas melalui Personal Computer alias pc desktop ataupun laptop, selain semua aktifitas diatas masing-masing pengguna diberikan akses lebih leluasa untuk melakukan pengaturan lebih jauh terhadap masing-masing akun yang dimiliki. Pengaturan ini dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan dalam beraktifitas baik secara personal maupun dalam lingkup pertemanan dan perkembangannya. Secara default semua aktifitas diatas telah diatur sedemikian rupa secara terbuka pada area tertentu dan diproteksi pada area lainnya khususnya yang berkaitan dengan data pribadi.

Tidak semua pemilik akun FaceBook memiliki banyak waktu luang dalam berinteraksi didalamnya (saya tidak termasuk salah satunya hehehe…), apalagi ketika sedang berkonsentrasi melakukan satu aktifitas yang membutuhkan perhatian dan pikiran. Salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah memutus komunikasi secara sepihak agar keberadaan akun tidak diketahui oleh orang lain yang kebetulan sama-sama sedang dalam keadaan online.

Untuk memutus komunikasi ini dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu memilih teman Chat dikhususkan untuk yang berkepentingan saja dan meng-offline-kan akun secara permanen saat beraktifitas (apabila tidak ingin diganggu sama sekali).

Jika dalam tulisan saya sebelumnya telah diberikan langkah dan cara untuk memilih teman Chat dan tulisan tersebut bisa dilihat disini, kali ini saya berikan cara untuk memutuskan komunikasi secara permanen (berlaku untuk semua teman tanpa terkecuali) sehingga pengguna atau pemilik akun dapat beraktifitas dengan nyaman tanpa gangguan.

Buka jendela Chat atau obrolan dengan melakukan klik pada pojok kanan bawah layar yang menampilkan jumlah teman yang kebetulan diketahui berada dalam keadaan online, kemudian arahkan kursor mouse pada bagian title atau judul jendela, pilih bagian Options atau Opsi yang ada disebelah kanan Friend List atau daftar teman. Pilih Go Offline dan akun sudah siap digunakan.

Opsi Go Offline atau pemutusan komunikasi secara sepihak dapat dikatakan berhasil dilakukan apabila tulisan Chat yang berada di pojok kanan bawah berubah warna menjadi abu-abu tua demikian pula dengan lingkaran hijau kecilnya. Dalam kondisi ini pengguna atau pemilik akun diberikan jaminan tidak akan mendapatkan gangguan obrolan atau Chat dari siapapun yang kebetulan berada dalam situasi sama-sama online. Kendati demikian, fitur notifikasi atau pemberitahuan tetap berada dalam keadaan aktif.

Opsi pengaturan pemutusan komunikasi atau Chat secara sepihak ini dapat diaktifkan kembali dengan cara melakukan sekali klik pada jendela Chat dan FaceBook akan merefresh kembali jendela Chat untuk melihat siapa saja yang masih berada dalam keadaan online.

Comments (8)

bener mas…
saya juga udah suka ngegunain itu…
biar aman…
hehehe….

[Reply]

Lha, saya biasanya selalu ofline, jarang sekali online di facebook, karena lebih nyaman begitu. Kalau memang ada yang mau chat, biasanya saya pakai YM atau Gtalk 🙂

[Reply]

pande Reply:

sebaliknya, saya malah jarang menggunakan YM. :p

[Reply]

kalau lagi nyetting2 apa tau2 di ajakin chatting terganggu juga ya..hehe

[Reply]

pande Reply:

hehehe… bisa aja…

[Reply]

saya jarang banget online Chat di Facebook bli, bikin browser jadi lambat, entah kenapa… makanya lebih suka di YM aja

[Reply]

pande Reply:

Lha, kok bisa ya Wir ? Masalahnya rekan”saya lebih banyak di FB. 🙂

[Reply]

online chats are nice, you can meet lots of friends and acquintances out there over the internet **~

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge