Menu
Categories
Rencana Pembentukan Maha Semaya Yowana Pande Tingkat Kota Denpasar dan Kabupaten Badung
May 5, 2010 tentang DiRi SenDiri

Om Swastyastu Semeton Pande sareng sami. Berikut tiang selaku pengelola blog www.pandebaik.com, ingin meneruskan Pesan/Surat yang disampaikan oleh semeton I Wayan Putrawan saking Pedungan, berkaitan dengan keinginan untuk membentuk Maha Semaya Yowana Pande Tingkat Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Om Cantih Cantih Cantih Om.

* * * * *

Om Swastiastu, Teruntuk adi, bli, mbok, lan semeton Pande semuanya. Semoga sehat dan dalam keadaan baik semuanya.

Perkenalkan nama saya I Wayan Putrawan, saya asli dari dan bertempat tinggal di Banjar Pande, Pedungan, Denpasar Selatan. Dalam kesempatan ini ada hal yang ingin tiang sampaikan terkait dengan Pesemetonan Pande dan upaya untuk mempersatukan semeton Pande khususnya semeton Yowana Pande.

Beberapa bulan yang lalu saya diminta untuk datang ke rumah pak Wayan Puja (Ketua Maha Semaya Pande Kota Denpasar) untuk mendiskusikan niat beliau membentuk Maha Semaya Yowana Pande Tingkat Kota Denpasar. Sebenarnya mengenai Maha Semaya Yowana Pande adalah bukan hal yang baru, dalam tingkat propinsi sudah terbentuk, dan pengurus yang menduduki jabatan tersebut diberikan kepada semeton Pande pada setiap kabupaten dan kota di Bali. Hanya saja berdasarkan info yang saya peroleh, sejak dibentuknya hingga sekarang belum pernah diadakan pertemuan, mungkin pernah diadakan pertemuan, namun tidak dalam kuantitas yang seharusnya dilakukan oleh sebuah organisasi. Maklum saja pengurus yang menduduki jabatan berasal dari berbagai kabupaten sehingga ada kalanya sulit untuk berkumpul.

Oleh karena kenyataan itu (namun tidak terbatas pada satu masalah itu saja) kemudian tercetus suatu keinginan untuk mempersatukan semeton Yowana Pande se-Kota Denpasar dan atau Kabupaten Badung juga, dalam suatu bentuk wadah Maha Semaya Yowana Kota Denpasar.

Tujuan dibentuknya Maha Semaya Yowana Kota Denpasar ini adalah pertama-tama untuk mempersatukan kita semeton Pande agar memiliki rasa kebersamaan yang kuat, kemudian diharapkan kedepannya kita bisa sejak dini belajar untuk memangku tugas dan kewajiban kita sebagai “sentana” yang akan meneruskan semua yang akan diwariskan kepada kita, terpenting adalah kebudayaan dan keagamaan yang tidak mungkin akan ditinggalkan.

Sejak dini kita berharap dapat membantu orang tua kita agar memahami “sesana” sebagai orang Pande. Dalam forum tersebut diharapkan pula akan terkumpul informasi penting mengenai kegiatan keagamaan, kegiatan kemanusiaan dan kegiatan lain terkait. Terlebih pula forum ini dapat memberikan informasi dan penerangan kepada semeton yang ada di luar bali agar tetap ingat akan “sesana” sebagai keturunan Pande.

Untuk dapat terwujudnya keinginan ini saya mengajak semeton untuk meluangkan waktu duduk bersama membahasa kemungkinan dibentuknya Maha Semaya Yowana Kota Denpasar. Adalah tidak mungkin akan terwujud keinginan ini apabila tidak disertai dengan partisipasi semeton semua.

Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik. Semoga dapat terwujud dan Ida Hyang Widhi Waca memberikan penerangan bagi langkah kita.

Om cantih cantih cantih Om.

I Wayan Putrawan
Banjar Pande, Pedungan, Denpasar Selatan

"2" Comments
  1. Saya setuju dan siap membantu bli.
    *tumben bisa blogwalking* 😛

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima Kasih. Update Informasi akan disampaikan selanjutnya dari Group ‘Warga Pande Bali’. Suksema

    [Reply]

Leave a Reply
*