Menu
Categories
PanDe Baik menjawab tentang BLoG www.pandebaik.com
April 16, 2010 tentang DiRi SenDiri

Gak terasa BLoG www.pandebaik.com kini sudah mencapai usia 4 (empat) tahun, usia yang boleh dikatakan (untuk sekelas BLoG www.pandebaik.com) sangat besar tantangannya. Waktu menempati urutan pertama, karena rupanya yang namanya waktu untuk nge-BLoG makin kesini makin sedikit, itu sebabnya intensitas posting BLoG antara satu dengan yang lainnya akhirnya saya atur memiliki jeda 2 (dua) sampai 3 (tiga) hari. Kedua adalah masalah Ide, bisa jadi lantaran kesibukan kerja yang mulai menyita perhatian dan pikiran juga terkait keluarga dan putri kecil kami.

Kendati demikian, respon yang diberikan terhadap keberadaan BLoG www.pandebaik.com sangat saya hargai, walau saya yakin masih banyak kekurangan yang ada dalam perkembangan BLoG ini. Dari berbagai kalangan dan juga banyak orang-orang baru yang pada akhirnya mengantarkan kami menuju jalur pertemanan. Bukankah itu kedengarannya mengasyikkan ? satu nilai positif yang barangkali tidak pernah saya bayangkan jauh sebelumnya.

Sayangnya dari berbagai respon yang ditujukan untuk BLoG www.pandebaik.com ini tidak semuanya bernada positif, beberapa malah mencurigai atau mengindikasikan bahwa BLoG www.pandebaik.com melakukan hal-hal yang menyimpang. Beberapa dialamatkan lewat jalur pribadi, ada juga yang disampaikan secara langsung. Berhubung BLoG www.pandebaik.com bukan merupakan media yang populer, jadi saya rasa ya gak perlulah saya sebagai pemilik BLoG www.pandebaik.com sampai mengklarifikasi satu persatu respon atau anggaplah kritik yang disampaikan, melalui media cetak ataupun malahan media dunia maya yang ternama, cukup melalui BLoG www.pandebaik.com ini saja.

  • BLoG www.pandebaik.com PLAGIAT. Ide tulisan yang tiada henti merupakan pemicunya. Kecurigaan lantas muncul bahwa bahwa saya mengambil tulisan orang untuk kemudian diklaim sebagai tulisan pribadi. Well, itu hak mereka tapi jujur saja, saya bersyukur belum pernah melakukan hal itu. Seandainya pun ada satu dua tulisan atau tema yang menarik saya dapatkan dari luar, saya jamin saya sudah meminta ijin penulis (dengan menggunakan link langsung menuju tulisan yang bersangkutan) atau mencantumkannya dibagian awal atau akhir tulisan.
  • Tips yang diberikan BLoG www.pandebaik.com mengutip atau mencontek dari majalah, tabloid ataupun media lain secara vulgar (tanpa pengembangan). Sejauh ini tips-tips yang saya tulis berkaitan dengan BLoG, FaceBook, ponsel, PDA, aplikasi dan lainnya merupakan hasil pengalaman dan pengamatan secara pribadi. Biasanya ini baru bisa saya tuangkan dalam bentuk tulisan setelah mengalami dan memahaminya. Bisa juga atas permintaan rekan-rekan terdekat yang sempat mengalami kesulitan dan saya berhasil memecahkannya.
  • Isi tulisan BLoG www.pandebaik.com terlalu mengada-ada. Well, ini pula saya hargai, bahkan sangat malah. Tapi yah itu saya kembalikan pada pembaca atau pengunjung. Jika memang dianggap terlalu mengada-ada ya silahkan meninggalkan alamat BLoG ini. Simpel bukan ?
  • “Utamakan pekerjaanmu dulu, jangan bisanya Cuma update BLoG saja. Tiap pagi kok sempat-sempatnya update BLoG.” Well, kritik macam ini biasanya datang dari rekan sekantor yang tidak seruangan kerja. Ini wajar mereka lontarkan, lantaran mereka saya anggap tidak memahami sistem dari BLoG itu sendiri yang jelas-jelas sangat jauh berbeda dengan aktifitas update status di jejaring sosial FaceBook misalnya. BLoG bukanlah satu media yang aktifitasnya mutlak dijalankan secara Real Time, namun masih disediakan opsi untuk menjadwalkan penayangan tulisan entah pada tanggal ataupun jam tertentu. Jadi selama ini aktifitas BLoG biasanya saya lakukan pada jam malam, setelah putri kami dan istri sudah tertidur atau pada jam-jam dimana yang namanya mood menulis itu hadir. Sekali beraktifitas, biasanya saya mampu menuliskan 1 (satu) hingga 2 (dua), terkadang juga lebih. untuk menjaga intensitas update materi BLoG pada akhirnya saya melakukan trik ‘update dengan jeda seperti yang saya ungkap diatas.

Yang barangkali menarik perhatian mereka adalah, saya menjadwalkan update tulisan pada jam ke-0 dimana kalo diterjemahkan kedalam waktu setempat itu jatuhnya sekitar pukul 8 pagi. Itu sebabnya setiap pukul 8 pagi, dalam rentang jeda tertentu selalu ada tulisan terbaru yang ditampilkan dihalaman BLoG www.pandebaik.com. Jika itu kebetulan dijadwalkan pada hari kerja, maka bisa ditebak bukan ? bagaimana reaksi mereka ?

  • Ide dan tulisan BLoG www.pandebaik.com tidak aktual dan memahami situasi. Well, saya pribadi mengembalikan pilihan kepada para pembaca atau pengunjung termasuk juga pemberi kritik. Jika Anda menginginkan sebuah informasi yang aktual dan memahami situasi, saya kira sudah banyak ada pilihannya. Detik, Vivanews, Kompas dan lainnya sudah siap menjawab keinginan tersebut dalam hitungan jam. Mereka memiliki misi dan visi yang jelas, bahkan armada dan pembiayaan untuk mendukung ‘‘aktual dan memahami situasi’ yang diharapkan. Sebaliknya BLoG www.pandebaik.com bukanlah satu media seperti itu, hanya satu wadah untuk menumpahkan ekspresi (secara pribadi) dan berusaha berbagi pengalaman saja. Tapi memang ada satu dua tulisan yang pada awalnya menarik minat mereka untuk mampir lantaran dianggap ‘aktual dan memahami situasi’ seperti misalnya saat update status Evan Brimob atau Ibnu ‘Nyepi’ kemarin.

Memang saya akui bahwa dalam perjalanan BLoG www.pandebaik.com ada saja saran ataupun kritik yang disampaikan, namun agar tidak melulu hal-hal seperti itu saja yang dipertanyakan, maka saya pikir sudah waktu PanDe Baik selaku pengelola BLoG www.pandebaik.com berusaha untuk meluncurkan tulisan ini. Kurang lebih yang dimaksudkan adalah mirip ‘Buku Putih’ yang dirilis oleh berbagai kalangan tokoh negeri ini. Salam dari Pusat Kota Denpasar.

"12" Comments
  1. Kalau ditulis begitu jadi malah ragu memberikan tanggapan Bli…

    Jalan saja dulu nge-blog-nya, ini kan halaman pribadi masing-masing, suka-suka orang bagaimana menatanya…

    [Reply]

    Pande Baik Reply:

    :mrgreen: gitu ya ? 😆

    [Reply]

    Cahya Reply:

    obviously like that 😀

    [Reply]

  2. masa ada yang sampai segitunya bli?

    [Reply]

    panDe Baik Reply:

    😆 Sayangnya itu beneran adanya. 🙄

    [Reply]

  3. Bli Pande, terkait jam posting itu, mungkin setelan di dasbor » Settings » General » cari kolom Timezone, belum pas +8. Atau mungkin setelan waktu di server yang kurang pas. cmiiw 🙂

    [Reply]

    panDe Baik Reply:

    Wiiihh… TIPS nya saya baru tau loh… :mrgreen: Terima Kasih ya Dan. Ini Suami Istri nolongin saya terus nih. 😆

    [Reply]

  4. kritik itu adalah salah satu modal untuk tetap eksis di dunia blog..

    salut untuk blog ini, keep blogging bli 😉

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima kasih Wir…

    [Reply]

  5. Aku tetang bangga mempunyai pelanggan sekaligus sahabat yg setia dan energik terhadap blog nya. Nge-Blog ibarat seseorang yg hobi bermain bola. Walaupun dikritik model apapun, kalau yg namanya hobi, maaf sekali, itu area independen dan pribadi yg tdk bisa diganggu gugat. Jadi, tetaplah pada hobi mu Bli !

    [Reply]

    pande Reply:

    Yup. Terima Kasih pula sudah berkenan mampir ditengah kesibukan Bisnis Bali Orange. :p

    [Reply]

  6. obviously like that 😀

    [Reply]

Leave a Reply
*