Mengusut Kehilangan Data dengan PCI File Recovery

3

Category : tentang TeKnoLoGi

Ketika seorang pengguna pc ataupun laptop menyadari bahwa tindakan yang baru saja ia lakukan telah menghapus sebuah data secara permanen, bisa jadi yang bersangkutan hanya bisa menyesali diri dan mengulang pembuatan data tersebut sedari awal lagi. Apabila data tersebut tidak banyak mengandung informasi penting yang notabene sulit didapat sih tidak masalah, tapi bagaimana kalo sebaliknya ?

Melanjutkan tulisan sebelumnya perihal alternatif tindakan yang dapat dilakukan saat pengguna komputer mengalami kehilangan data, cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi tambahan yang memang secara kemampuannya berfungsi untuk mengembalikan data, khususnya yang telah terhapus. Salah satu aplikasi yang dimaksudkan adalah PC Inspector File Recovery.

Aplikasi PC Inspector File Recovery buatan Convar ini saya rekomendasikan sebagai alternatif lantaran ukurannya yang sangat ringkas (5,83 MB), dengan kemampuan mengembalikan data yang telah terhapus dengan sangat baik, lagipula aplikasi ini dapat digunakan dengan bebas alias tidak berbayar.

Cara pengoperasiannya pun sangat mudah. Hanya perlu 3 (tiga) langkah saja. Pertama pilih drive yang diinginkan (dugaan dimana lokasi file berada) kemudian lakukan pemeriksaan. Langkah Kedua, dari hasil pencarian yang didapatkan, pengguna tinggal memilih dan melihat atribut perkiraan file yang dimaksud (file yang telah terhapus ditandai dengan icon berwarna hijau) meliputi ekstensi, ukuran dan nama file. Langkah Ketiga, lakukan penyimpanan pada tempat yang diinginkan. Selesai.

Saya pribadi sempat mencobanya berkali-kali dan sangat memuaskan. Sebuah flash disk berukuran 1 GB setelah diobok-obok oleh aplikasi ini, mendapatkan sekitar 3,4 GB file yang telah terhapus sebelumnya (hasil pengembalian data bergantung pada aktifitas yang pernah dilakukan). Adapun file yang sebelumnya terhapus akan dikembalikan secara berurutan dalam sebuah file/folder yang diberi nama ‘cluster’ dan ‘sector’. Isi dalam setiap folder dijamin utuh, dapat dibuka dan digunakan kembali.

Penggunaan aplikasi PC Inspector File Recovery ini tidak memberikan efek samping pada pc ataupun laptop yang digunakan. Hal ini berbeda dengan alternatif cara ketiga yang barangkali bisa saya katakan jauh lebih ekstrem. Apa itu, silahkan tunggu tulisan saya berikutnya.

Comments (3)

Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk rusak
– no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
– delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
bisa datang ke ertech komputer.
Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
Hub : 031 72357968/081330029001
Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
Semoga sukses…..teman2…!!

[Reply]

data yang sudah 3 hari setelah di delete apakah mampu untuk dikembalikan?

[Reply]

pande Reply:

Tidak ada batasan waktu yang ditentukan untuk mengembalikan data kok…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge