PanDeBaik.com seorang PLaGiat ?

6

Category : tentang DiRi SenDiri

Seorang Rekan pernah mencurigai isi sebagian besar tulisan BLoG PanDe Baik ini, apakah melakukan copy paste dari blog atau sumber lain ? atau mendapatkan ide trus dikembangkan lagi ?

Untuk yang pertama, dengan tegas saya jawab TIDAK. Namun untuk yang kedua, bisa jadi.

Sejauh ini jumlah posting yang pernah dipublikasikan pada BLoG PanDeBaik.com sudah mencapai angka 1.434… sebuah jumlah yang fantastis bagi saya pribadi, dan jumlah yang lumayan wajar untuk memicu kecurigaan Rekan saya tadi. Namun sedikit saya informasikan bahwa dari angka tersebut, sebagian merupakan tulisan sampah yang gak penting dan sebagian lainnya lagi merupakan tulisan pribadi dan lebih bersifat personal, ungkapan hati dan situasi kondisi. Sampai saat ini belum satupun yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang.

PanDeBaik.com BUKAN seorang PlaGiat, saya berani menjaminkan kalimat tersebut. Karena sebagian besar ide tulisan berasal dari sebuah perjalanan, kisah hidup, pengalaman atau juga terlintas begitu saja. Semua itu lantas dituangkan dengan gaya bahasa yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Sayangnya masih banyak yang belum percaya.

Jujur, jangankan Rekan saya tersebut, istri saya bahkan saya pribadi juga heran… kok bisa saya melahirkan ratusan tulisan dalam kurun waktu 4 (empat) tahun, yang kalo dirata-ratakan bisa dikatakan ‘nge-BLoG tiap hari ???

Yah, bisa jadi lantaran waktu luang yang ada dalam kondisi pekerjaan saya sebagai abdi negara. Dibandingkan dengan Gayus Tambunan yang sepertinya memanfaatkan waktu luangnya sebagai Konsultan Pajak lantas menimbun uang negara, saya pribadi cukup memanfaatkan waktu luang dengan menumpahkan isi kepala dalam bentuk tulisan. nge-BLoG…

Bisa juga lantaran saya malas untuk diajak berdebat dalam sebuah topik berjam-jam, atau merumuskan angka matematika untuk mendapatkan hasil kesimpulan Kepala dan Ekor, karena dalam kurun waktu tersebut saya mampu menghasilkan 2 (dua) sampai 3 (tiga) tulisan yang siap dipublikasikan.

Terkait ide tulisan, bersyukur BLoG PanDeBaik.com merupakan sebuah BLoG yang mendukung Pluralisme. Hehehe… asal comot dari istilahnya Gus Dur. BLoG yang berisikan multi tema (lihat pada Kategori Tulisan), tentang Buah Hati putri kecil saya yang ‘lutu tetali’, tentang Diri Sendiri kalo lagi pengen Narsis, tentang CINTA kepada Istri, tentang Pekerjaan, Kuliah, Plesiran dan banyak lagi. Mungkin itu sebabnya BLoG ini jadi jarang ada yang mengunjungi, lantaran multi ide tersebut. (bahkan hal ini tidak disarankan oleh sebagian besar Buku Tips dan Trik jika ingin mendulang pundi uang lewat BLoG).

Percaya atau tidak, tulisan ini saja sebenarnya tidak direncanakan, hanya lewat terlintas dikepala lantas mengalir dan selesai. Bahkan tema pertama yang ingin saya tuliskan, hanya mampu sampai pada judulnya saja. Edan.

Semuanya mengalir dengan bahasa dan kata-kata yang biasa saya ucapkan dan sampaikan pada orang lain. Saya anggap wajar, karena ide terkait tulisan tersebut memang benar-benar terjadi, saya alami bahkan saya kuasai secara fisik dan pemikiran. Maka jangan heran, kalo setiap dua tiga hari selalu ada yang baru di BLoG PanDeBaik.com. jumawa mode ON. (JUara MAkan di WArung-red).

Sayangnya prinsip “selalu ada yang baru” diatas, sangat tidak konsisten. Tidak setiap hari, Tidak nyambung antara satu dengan lainnya, dan Tidak berkualitas dari segi isi tulisan dan gaya bahasa. Terkadang ngawur bahkan absurd. Tapi kalo ada satu dua tulisan yang kemudian berguna dan bermanfaat atau malah menjadi inspirasi ya saya rasa itu hanya satu kebetulan saja kok. Hehehe…

Pada intinya ya… PanDeBaik.com BUKAN seorang PlaGiat. Itu saja.

Comments (6)

Gak gampang menulis sampai hitungan ribuan seperti itu, mungkin kalao ada modal sendiri jadi satu buku saku yang bisa dijadikan oleh2 pada teman yang sirik tersebut. <del:mungkin temannya iri melihat banyaknya tulisan yang dihasilka

[Reply]

pande Reply:

dibilang susah ya gak juga… mungkin krena menganggap dah punya media sendiri buat berekspresi ya dijalani aja, gitu kali Mas…

[Reply]

postingan yang banyak sekali? saya salut..
topik campur cari? inilah blog yang sebenarnya, diary online..

intinya, saya percaya anda Bang, eh bli 🙂

[Reply]

pande Reply:

wirautama juga gitu kan ? :p

[Reply]

Gak gampang menulis sampai hitungan ribuan seperti itu, mungkin kalao ada modal sendiri jadi satu buku saku yang bisa dijadikan oleh2 pada teman yang sirik tersebut. <del:mungkin temannya iri melihat banyaknya tulisan yang dihasilka

[Reply]

pande Reply:

He… bisa aja… Terima kasih sudah mampir yaa…

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge