Tag Teman dalam Update Status FaceBook-mu

23

Category : tentang TeKnoLoGi

Tips FaceBook lagi ?

He… selalu berbagi dalam setiap kesempatan, jadi jangan bosan ya.

Update Status dalam FaceBook seperti Sayur tanpa Garam, gak lengkap kalo gak Update Status kata sebagian besar penggunanya. Tapi tau gak kalo dalam kolom Update Status itu (khusus yang pengguna PC tapi ya…) kita bisa nge-TAG beberapa nama teman yang barangkali kita harapkan untuk berkomentar dan langsung menanggapinya ?

Caranya gampang. Tinggal mengetikkan karakter @ kemudian disambung atau diikuti dengan penggalan nama teman yang diinginkan. Misalkan saja seperti ilustrasi dibawah ini, saya ingin melakukan Tag ke seorang rekan sesama Alumni SMAN 6 Denpasar, Ibu Sari Herawati terkait Update Status terbaru hari jumat malam kemarin. Saya bisa melakukannya dengan @sar atau @hera maka secara otomatis FB bakalan memunculkan beberapa nama teman yang mengandung penggalan tiga empat huruf tersebut.

Bahkan yang terkini, FB sudah mampu menampilkan Foto Profil dari nama yang ditampilkan dalam daftar sementara. Bisa jadi ini diperbaharui untuk meyakinkan pengguna sebelum melakukan Tag ke nama teman yang diinginkan.

Sayangnya sejauh yang saya ketahui, ada pembatasan jumlah nama yang diperkenankan dalam Update Status ini. Kalo gak salah maksimum 6 (enam) orang. Pembatasan ini berlaku pula untuk Notes dan Foto.

Tips ini akan berguna apabila kita ingin melakukan Update Status yang bersifat mengundang.

  1. Mengundang untuk dilihat semua orang (lantaran berupa Update Status dan bukan Message yang bersifat lebih Private)
  2. Mengundang secara langsung dan tepat sasaran kepada teman yang dituju (biasanya secara otomatis terlihat pada wall Teman yang dimaksud) sehingga harapannya dengan segera mendapatkan tanggapan
  3. Mengundang Teman-teman yang dituju untuk berkomentar dalam satu Status sekaligus (sama halnya seperti Message) namun tidak menutup kemungkinan ada teman lain yang senada dan seirama bisa ikutan berkomentar, urun rembug didalamnya (ini yang membedakan dengan Message yang tidak dapat diganggu oleh Teman lain)

Kelebihan dari Tips ini adalah kita tidak bersusah-susah meninggalkan posting pada Wall Teman yang bersangkutan (dengan mencari nama atau profil teman terlebih dahulu) dan tidak melakukannya secara satu persatu (tindakan ini bisa jadi dianggap sebagai spam, menuliskan hal yang sama pada sejumlah wall yang berbeda).

Semoga Berguna. Salam dari Pusat Kota Denpasar.

Comments (23)

Hihihi nemu idenya pas bikin status itu Sar, makanya langsung saja di skrinsyut. 🙂

[Reply]

kok syah gk bisa
udh pencet karekter @ kok gk muncul bwt nge tag nya……
gmana y??
sya pke opera n laptop bwt OL….

[Reply]

pande Reply:

Kalo dari laptop, coba lakukan lewat Profile, jangan lakukan lewat Home/Beranda. Kemarin ada juga Rekan saya mengeluhkan hal yang sama… Kalopun gag mau, coba gunakan browser lain… Yang saya gunakan sebagai contoh itu kebetulan Google Chrome. 🙂

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge