MoZat re-inkarnasi MoRange V dengan Fitur FaceBook Chat dan Twitter

Sudah cukup lama saya tidak membahas tentang MoRange, sebuah aplikasi ponsel yang multifungsi dan sangat bermanfaat bagi mereka yang menginginkan fitur-fitur terkini. Kalo tidak salah tulisan terakhir yang saya turunkan pada BLoG PanDe Baik adalah terkait rilis baru MoRange V yang memiliki tampilan user interface baru.

Tepatnya Jumat pagi, saya menerima sebuah email pemberitahuan dari MoRange terkait rilis baru aplikasi yang mereka kembangkan dan meminta saya untuk mencobanya. Namun sebelum saya memulainya, ada satu hal yang aneh yang saya baca dari email tersebut. Alamat web site yang dianjurkan bagi pengguna pc adalah menuju www.mozat.com dan bukan www.morange.com seperti yang saya ketahui selama ini.

Aplikasi MoRange yang dikatakan terbaru itu rupanya masih mengadopsi versi V, namun dari penjelasan yang saya baca, ada 2 (dua) fitur baru yang menarik untuk dicoba yaitu FaceBook Chat dan Twitter Tweets. Selama ini untuk FaceBook Chat saya menggunakan aplikasi eBuddy yang mampu menampung beberapa akun Messenger termasuk Yahoo Messenger yang saya miliki. Sedangkan untuk Twitter Tweets saya menggunakan bantuan aplikasi Opera Mini. Sayangnya lantaran ponsel yang saya gunakan merupakan tipe ponsel Java S40 dari Nokia yang artinya belum mendukung Multitasking, ketiga aplikasi tersebut (termasuk MoRange) tidak dapat saya gunakan secara bersamaan. Tidak demikian halnya ketika saya menggunakan ponsel N73.

Berhubung MoRange yang terbaru ini masih mengadopsi versi V, tidak banyak perubahan yang saya dapatkan ketika layar ponsel menampilkan halaman aktif atau disebut juga dengan istilah HomeScreen. Namun aplikasi yang rupanya telah mengubah namanya menjadi MoZat ini terasa jauh lebih gegas ketimbang MoRange versi V awal kemarin. Demikian pula dengan fitur Push Email yang masih kerap saya gunakan hingga kini.

Memasuki opsi App Centre, pengguna MoZat (nama lain MoRange V) dapat memilih beberapa fitur tambahan yang nantinya akan ditampilkan pada Application List atau Dock halaman aktif (HomeScreen). Saya pun mengambil kedua fitur baru diatas, FaceBook Chat dan Twitter Tweets, untuk langsung dicoba kemampuannya.

Fitur FaceBook Chat hanya memerlukan username/email beserta password yang digunakan pada akun FaceBook untuk masuk ke tampilan berikutnya yang berisikan nama Rekan-rekan yang terlihat online pada waktu yang sama. Untuk melakukan Chat, pengguna MoZat tinggal memilih nama Rekan yang diinginkan dan mengetikkan apa yang ada didalam pikiran. Balasan Chat dari Rekan akan diberitahukan dengan suara dan strip keterangan di bagian atas layar ponsel. Mengasyikkan tentu saja.

Fitur Twitter Tweets sebenarnya tidak jauh berbeda dengan shortcut alamat Twitter yang saya jadikan BookMark pada aplikasi Opera Mini. Hanya saja pada saat tombol pilihan ditekan, ada beberapa pilihan Menu khas Twitter yang dapat diakses, seperti Following dan Followers.

Dibandingkan dengan aktifitas saya sebelumnya sebenarnya tidak jauh berbeda, hanya saja dengan MoZat (nama lain MoRange V) saya tidak lagi memerlukan aplikasi eBuddy yang sedianya tidak dapat diaktifkan dalam waktu bersamaan pada ponsel Nokia CDMA ini. Cukup dengan mengeksekusi satu aplikasi MoZat, saya sudah mendapatkan berbagai aktifitas yang saya inginkan, seperti Push Email, Web Browser untuk mengakses BLoG dan FaceBook, Internet Messenger meliputi FaceBook Chat, Yahoo Messenger serta Twitter.

Ah, rupanya pengembang aplikasi MoRange mendengar juga apa yang diharapkan oleh pemilik BLoG ini. Hehehe…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

29 thoughts on “MoZat re-inkarnasi MoRange V dengan Fitur FaceBook Chat dan Twitter

  • March 14, 2010 at 7:49 am
    Permalink

    Saya lebih suka mengandalkan Opera Mini atau browser bawaan untuk aktivitas web di ponsel, jadi teringat dengan Aplikasi Yahoo! Go yang dihentikan pengembangannya gara-gara tidak banyak laku. Kalau ketergantungan bisa bahaya tuh…
    .-= Cahya´s last blog ..Keperawanan Dalam Perspektif Kekinian =-.

  • March 14, 2010 at 11:49 am
    Permalink

    Sayangnya untuk Opera tidak mendukung Push Email dan FB Chat. 🙂

  • March 14, 2010 at 4:57 pm
    Permalink

    haloo..lama tak berkunjung…posting yg lain berat2 bgt,bli…otak semut saya ga mmpu nangkepnya +_+

    wah..tampaknya menarik…saya klo internet di ponsel paling cm bwt twitter..yg palng pas smpe skrng masih ‘snaptu’ 😉
    .-= .gungws´s last blog ..ayunan merah =-.

  • March 14, 2010 at 11:13 pm
    Permalink

    Waduh… segitu aja dikatakan Berat ? apalagi kalo mbaca tulisannya Gendo atw Ancak. Hihihi… Snaptu saya pernah coba, cuma karena fiturnya terbatas, jadi gak direkomendasikan. :p

  • March 15, 2010 at 5:10 am
    Permalink

    wah saya gak pernah menggunakan morange ini temen2 blg sich enak gitu okelah next time saya coba hehe

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    makasihhh
    😀

  • March 15, 2010 at 5:16 am
    Permalink

    dulu pernah pake morange tp blm bisa fb hehe makasih infona keren

    blogwalking

  • March 15, 2010 at 7:15 am
    Permalink

    dilanjutkan Gan…

  • March 15, 2010 at 7:16 am
    Permalink

    …tergantung usahanya. hehehe…

  • March 17, 2010 at 8:33 am
    Permalink

    Salam kenal, saya baru sekali ini mampir ke blog ini. Kebetulan saya pengguna morange yg memanfaatkan fitur push emailnya.
    Baru dua hari menggunakan Mozat. Tapi kenapa push emailnya gak jalan ya ? Kirim lancar tapi tidak bisa terima.
    Mohon bimbingannya….
    Terima kasih….

  • March 17, 2010 at 12:00 pm
    Permalink

    Sejauh pengalaman saya menggunakan MoRange (sebelum Mozat), itu lantaran besaran Send/Receive-nya gak sepadan dengan sinyal bar yang puenuh. kadang ini terjadi juga pas saya menggunakan kartu StarOne Indosat. send/Receive-nya dormant 0 kbps. Jadi walo sekuat apapun berusaha ya gak bakalan berfungsi tuh Push Emailnya. 🙂

  • March 29, 2010 at 4:12 am
    Permalink

    Hallo. . . .saya baru download mozat morange v ni tadi yg versi 5.2.1. O ya mo nanya ah. . Btw kok pas aq log in ke facebook chat kok invalid trus ya? Ktanya ada baca’an birthday2 gtu deh,q dsuruh msukin tnggal lahir, tp dmananya? Aq gak tau 🙁 . .n kalo bka fb di browser nya gak bsa ya. Coz aq coba bka facebook.com katanya “not support format”. Yah masa gtu si, tlong dunk bantu. Coz aq pgen chat di fb skalian bsa nulis status jga. Or apa ad vrsi yg lbih bru dr v 5.2.1 itu. Klo ad ksh tau. Tlong bntuan nya. Makasih . Cheers Hadi ^_^

  • April 30, 2010 at 3:27 am
    Permalink

    LOgin Facebook chat pertama kali memang begitu, isikan data-data yang sesuai pada saat kita biikin akun facebook.
    Untuk Facebook.com sayabg sekali meamng tidak bisa tampil di Mozat, versi sebelumnya (morange) bisa tapi tidak ada FB chat.

    Push mailnya okeh banget.

    Sya pake Mozat di hp china murah meriah. Ol ga harus pake black berry toh. Hidup teknologi gratis

  • April 30, 2010 at 6:04 am
    Permalink

    MoZat sampe sekarang masih saya gunakan untuk mendapatkan fitur FB chat, Twitter dan YM plus Push Emailnya. Sedang untuk browser, saya lebih suka menggunakan opera. Tapi Terima Kasih sudah berbagi. 🙂

  • May 14, 2010 at 4:48 pm
    Permalink

    morange for PC ga da Mochat nya… gmn sh caranya biar da Mochat nya???

  • May 14, 2010 at 11:42 pm
    Permalink

    …memangnya dah ada Morange for PC ya ? hihihi… saya malah gak tau. Kalo urusan Chat, biasanya make Digsby. 🙂

  • May 24, 2010 at 12:56 am
    Permalink

    Para mozer jangan lupa add gwa ?inggaDJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.