How to UpgraDe OS BLackBerry

9

Category : tentang TeKnoLoGi

Apabila sebelumnya BLoG ini pernah mencoba memaparkan langkah dan cara bagaimana melakukan UpgraDe OS WinDows MobiLe Pocket PC, WinDows MobiLe SmartPhone, Symbian 60 dan Symbian UIQ, kini giliran OS BLackBerry sebagai target operasi berikutnya.

Seperti OS lainnya, tindakan upgrade tidak bisa dilakukan secara sembarang. Katakan saja sebuah handset BLackBerry lawas macam Pearl tidak dapat disuntikkan OS BLackBerry terkini seperti BoLD misalnya. Lantaran pihak RIM selaku pengembang OS BLackBerry telah menyediakan rilis terbaru dari masing-masing handset yang pernah mereka keluarkan. Yang perlu dicermati selain penentuan seri handset sebelum melakukan pengunduhan OS versi UpgraDe adalah jenis Operator yang digunakan.

Adapun OS UpgraDe ini dapat diunduh dari situs resmi BLackBerry dengan memilih seri handset BLackBerry yang diinginkan. Sebelum proses pengunduhan dapat dilakukan, setiap user diwajibkan mengisi terlebih dahulu  form data yang telah disediakan. Untuk membantu jalannya proses UpgraDe, diperlukan aplikasi BLackBerry DeskTOP Manager yang biasanya terdapat dalam cd pada paket penjualan. Apabila tidak memilikinya, aplikasi ini dapat pula diunduh dari situs yang sama. Ditambah dengan kabel data ataupun docking yang terhubung dengan perangkat pc atau laptop.

Langkah pertama adalah mematikan atau me-nonaktifkan aplikasi BLackBerry DeskTOP Manager, lalu eksekusi file installer OS versi UpgraDe hasil pengunduhan sebelumnya. Proses extracting akan berjalan hingga membuka aplikasi BLackBerry DeskTOP Manager dengan sendirinya. Sambungkan handset dengan perangkat pc ataupun laptop, dengan menggunakan bantuan kabel data atau docking.

Pilih Application Loader yang terdapat pada menu aplikasi BLackBerry DeskTOP Manager, lantas pilih Update Software dan klik tombol Start. Langkah selanjutnya adalah menunggu proses pencarian software UpgraDe OS yang tersedia, hingga menu aplikasi menampilkan Update Summary atau hasil pencarian terhadap UpgraDe OS yang tersedia. Lanjutkan dengan menekan tombol Next, lalu tunggu hingga selesai.

Tiga hal yang saya jadikan nilai positif dari proses UpgraDe OS BLackBerry ini adalah, Pertama, ketika proses berlangsung tidak lagi memerlukan koneksi internet seperti halnya OS Symbian baik S60 maupun UIQ sehingga waktu yang dihabiskan rata-rata kisaran 30 menit, tidak lagi bergantung pada kecepatan koneksi internet yang digunakan. Proses ini tidak jauh berbeda dengan proses UpgraDe OS WinDows MobiLe yang juga tidak memakan waktu lama.

Nilai positif kedua adalah pengguna atau user dalam melakukan proses UpgraDe OS tidak lagi direpotkan oleh urusan Backup Data lantaran sudah menjadi salah satu opsi yang tersedia pada proses UpgraDe secara default. Tindakan ini dirasakan sangat bermanfaat terutama ketika handset memiliki akun email lebih dari satu dan juga data email yang belum sempat dipilah satu persatu.

Nilai positif yang ketiga atau terakhir adalah adanya pilihan untuk melakukan DowngraDe atau pengembalian OS BLackBerry ke versi yang sebelumnya digunakan, tanpa memerlukan tambahan aplikasi seperti halnya OS WinDows MobiLe. Proses ini dapat dilakukan apabila hasil UpgraDe OS yang dilakukan ternyata tidak dapat memuaskan pengguna atau malah menghasilkan masalah baru.

Sebagai studi kasus, saya mencoba melakukan UpgraDe OS pada BLackBerry versi jadul 8700 yang ternyata masih mengadopsi sistem navigasi jog dial seperti halnya ponsel smartphone milik Sony Ericsson atau dalam dunia BLackBerry dikenal dengan istilah TrackWheel. Proses berjalan lancar dan sukses. Sekedar informasi, permasalahan yang saya dapatkan sebelumnya adalah setiap kali batere dibuka (dalam proses penggantian kartu sim card), icon menu secara otomatis menghilang dari tampilan layar. Walaupun sebelumnya proses format (Hard Reset) pada handset telah berhasil dilakukan.

Comments (9)

Wah…, asyik nih…, bisa upgrade sekarang (dalam mimpi maksudnya) 😀
.-= Cahya´s last blog ..Memperbaharui OpenSuSE 11.2 Dengan KDE 4.4.1 =-.

[Reply]

pande Reply:

Sekedar tahu itu perlu, kali ja nanti dah punya jadi ga bingung lagi. :p

[Reply]

Lama tidak ke sini 😛

[Reply]

lah koq saya pernah baca tuk upgrade perlu langkah2 yg cukup panjang, truz klo baca yg ini simple abiz. Trus yang mana yang lebih aman prosesnya? supaya kita ga pake kana ongkos lagi tuk upgrade kita punya BB

[Reply]

pande Reply:

ah, masa sih se-simpel itu ? sepertinya ribet loh. Karena tidak sembarang OS bisa disuntikkan ke sebuah BB. Musti nyari yang sesuai tipenya dulu. Disesuaikan pula dengan jenis operator.
Tapi memang, caranya ya seperti yang saya jelaskan. Sekedar saran saja sih, kalo masih garansi mending bawa ke SC-nya, tapi kalo dah lawas macam seri 8700 yang saya coba, ya usaha sendiri saja. Siapa tau bisa buka layanan upgrade. 🙂

[Reply]

Bos tanpa aktifin BIS bisa gak upgrade OS BB ke versi 5

[Reply]

mas pande mau tny neh…saya punya bb yg serinya 8700 trus cara upgrade saya rada susah heheheheee 😆 trus mau kegerai ditarik biaya gmn caranya unduh kelaptop ya trus apa yg cocok bwt 8700?

[Reply]

pande Reply:

Nah itu dia. Tulisan diatas kan studi kasusnya BB 8700, coba aja dirunut dari awal. Tentu mencari OS firmware terbarunya ya dari bb dot com. 🙂 Yang paling susah barangkali cuma nge-set paket BIS Operatornya kembali. :p

[Reply]

trus gmna bos,,, kalo icon menu pada BB 8700c ilang dan ga bisa diakses????

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge