Hari Ketiga Pendidikan e-Procurement LKPP – LPSE

3

Category : tentang iLMu tamBahan

Bisa jadi lantaran istirahat malam tadi sudah mulai terasa lebih dari cukup, sayapun terbangun di pagi hari dengan perasaan segar kendati tengkuk kiri sedikit nyeri, yah… satu hal yang biasa.

Tidak demikian dengan perubahan rencana diskusi yang sedianya dilakukan malam tadi, di sela sarapan pagi atasan kami mulai membagi tugas dan bertukar pikiran terkait pendidikan yang telah dilakukan selama 2 (dua) hari kemarin. Saya sendiri akhirnya ditunjuk sebagai Administrator (dalam sistem e-Procurement disebut Admin Agency) bersama seorang senior dari Dinas Perhubungan yang hingga kini masih secara rutin meng-update berita di portal resmi milik Pemda Badung.

Berkaitan dengan penugasan ini, maka untuk hari ketiga Pendidikan e-Procurement yang bekerja sama dengan LKPP – LPSE Pusat, salah satu dari kami didaulat untuk ikut serta menengok keberadaan LPSE Daerah yang direkomendasikan oleh Pusat, yaitu Jawa Barat, sedangkan satunya lagi tetap mengikuti Pendidikan seperti biasa.

LPSE Jawa Barat ini kami capai kurang lebih sekitar 2 (dua) jam perjalanan . Berlokasi disebuah kawasan perumahan yang bagi kami cukup asri mirip-mirip kawasan Taman Wisata Bedugul, lengkap dengan sejuknya suasana khas Kota Bandung. Kalo gak salah di kawasan Resort Dago Pakar.

Setelah berdiskusi sedikit terkait dengan pembentukan LPSE di daerah  sebagai bahan penjajagan kelak, kami diajak berkeliling gedung untuk melihat Ruang Server yang nantinya bakalan digunakan sebagai tempat penyimpanan sistem dan data lengkap dengan kriteria khusus berdasarkan pengalaman yang didapat, demikian pula Ruang Bidding, Help Desk dan Training bagi Penyedia Barang dan Jasa.

Dari pemaparan yang kami dapatkan, rupanya masih ada beberapa hal yang masih perlu untuk diketahui terkait dasar hukum yang akan digunakan untuk membentuk LPSE di daerah kami. Untuk itu pihak LPSE Jawa Barat memberikan bimbingan untuk menghubungi pihak yang lebih berkompeten dalam menjawab dan menguasai hal tersebut. Maka meluncurlah kami ke Gedung Sate di Pusat Kota Bandung, sebelum akhirnya bertolak kembali ke Jakarta.

Secara pribadi saya kagum pada beberapa atasan yang ikut serta menjajagi keberadaan LPSE Jawa Barat ini. Banyak hal yang dapat dipelajari dari mereka, dari pandangan, tukar pendapat hingga diskusi dalam kendaraan pun dilakukan sepanjang perjalanan. Walopun terkait dengan proses Pendidikan ini saya harus melewatkan salah satu materi yang tak kalah penting, namun sepertinya masih dapat saya pelajari lewat Buku Panduan (Manual) Sistem saat kembali ke daerah nanti.

Seperti halnya kemarin malam, kami akhirnya sampai di Hotel sekitar pukul 9 waktu setempat, tentu saja dengan kondisi yang sudah mulai kendor, lantaran perjalanan panjang dan melelahkan sepanjang Tol, namun tetap harapan saya secara pribadi, esok harus lebih baik lagi. Jadi tentu saja saya harus ber-Terima Kasih kepada Tuhan untuk hari ketiga ini…

Comments (3)

nungguin oleh2 aja ahh… 😀
.-= Yanuar´s last blog ..Sahabat =-.

[Reply]

pande Reply:

Oleh” yang bisa dimakan atw yang bisa dibaca Pakde ?

[Reply]

Lama tidak ke sini 😛

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge