Hari Kedua Pendidikan e-Procurement LKPP – LPSE

2

Category : tentang iLMu tamBahan

Ada satu hal yang selalu memenuhi kepala selama proses Pendidikan e-Procurement ini berlangsung, apakah ketika kami kembali ke daerah usai pendidikan akan mampu menerapkannya sesuai harapan ataukah hanya menjadi sesuatu hal yang mubazir seperti pendidikan atau pelatihan yang dilakukan sebelumnya ?

Memahami satu persatu makna yang terkandung dalam setiap sesi pendidikan semakin menguatkan keyakinan kami bahwa sebuah proses Pengadaan Barang dan Jasa akan mampu menekan atau meminimalkan segala tekanan atau kompromi yang selama ini selalu menghias dalam setiap langkah yang dilakukan oleh Panitia Pengadaan. Membuka peluang bagi banyak Penyedia Jasa dalam hal ini Rekanan Konsultan atau Kontraktor yang ingin bersaing atau berkompetisi secara sehat.

Memang harus diakui jika sistem ini masih tergolong baru dan belum sempurna untuk dilepas sedemikian rupa menggantikan Proses Pengadaan Barang dan Jasa sepenuhnya yang selama ini dipenuhi oleh intrik politik atau jalan tikus -meminjam istilah seorang Rekan- namun ada rasa optimisme dari sebagian besar Peserta untuk mengedepankan Transparansi Proses dan Efisiensi Biaya serta Waktu.

Selama seharian tadi cukup banyak masukan yang dapat kami kemukakan dalam rangka membantu pengembangan aplikasi nantinya, dengan memadukan pengalaman juga permasalahan-permasalahan yang kerap terjadi secara nyata maupun teknis proses operasional dari sistem aplikasi ini. Sehingga ruang kelas Pendidikan tak ubahnya suasana Gedung DPR atau Perwakilan Rakyat yang dihujani Interupsi, namun bersyukur tingkat toleransi kami masih jauh lebih baik. Hehehe…

Secara proses Pendidikan saya bersyukur bisa dipandu oleh rekan-rekan Pengajar dari LPSE-LKPP yang dengan sabar melayani banyak pertanyaan kami dan penuh konsentrasi mampu menyelesaikan satu persatu persoalan yang kami kemukakan. Sungguh, memasuki Hari Kedua dari proses  Pendidikan e-Procurement ini sama sekali tidak membuat mata mengantuk sedikitpun.

Kendati begitu, saya pribadi bersyukur juga dengan adanya koneksi Wireless yang disediakan dan dapat digunakan secara free, hingga disela penjelasan ataupun rehat, kami tetap bisa terhubung dengan dunia luar melalui beberapa portal berita ternama, terutama terkait pandangan terakhir Pansus Century hingga bentrok demonstrasi yang terjadi di dekat lokasi Pendidikan kami.

Jelang akhir proses Pendidikan hari kedua ini saya cukup dikejutkan oleh tugas yang barangkali nantinya mau tidak mau harus saya emban sepulangnya kami dari sini. Apa itu ? nanti saya ceritakan deh…

Comments (2)

[...] Hari Kedua Pendidikan e-Procurement LKPP – LPSE [...]

Lama tidak ke sini :razz:

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge