Tujuh Pertimbangan Utama dalam Memilih Ponsel BLackBerry

Tidak dapat dipungkiri bahwa pergeseran trend pengguna ponsel ditanah air mulai bergeser lantaran kedatangan ponsel pintar (baca:smartphone) gembul dari Kanada bernama BLackBerry. Padahal sebenarnya keberadaan ponsel BLackBerry di tanah air sudah ada jauh sebelumnya. Nah, bagi Rekan-rekan yang masih kesengsem berat dengan ni ponsel dan berencana membelinya dalam waktu dekat, saya yakin ada yang masih merasa bingung mau milih seri yang mana untuk dimiliki. Maka dari itu simak dulu 7 (tujuh) pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk membeli ponsel BLackBerry.

1. Pertimbangan Harga

Pertimbangan pertama yang saya rekomendasikan ini tentu saja menjadi masalah klasik bagi sebagian besar pengguna ponsel ditanah air. Bagaimana tidak, harga baru sebuah ponsel BlackBerry yang terhitung paling murah saja masih berada di kisaran harga 3 juta. Namun harga tersebut tentu saja sebanding dengan apa yang ditawarkan. Kalopun anggaran yang tersedia masih berada dibawahnya, bolehlah kita melirik yang tergolong second, banyak pilihan kok.

2. Bentuk (Form Factor)

Setidaknya untuk saat ini ada 3 (tiga) bentuk ponsel yang dirilis oleh BLackBerry. Batangan dengan thumbboard QWERTY dibagian bawah layar sehingga ponsel tampak sedikit gembul, Flip atau lipat dengan desain keypad QWERTY versi lama dan terakhir adalah yang berlayar sentuh. Memang ada kabar bahwa dalam waktu dekat BLackBerry bakalan merilis ponsel yang berlayar sentuh namun tetap didukung oleh keyboard QWERTY mini, namun untuk menantikan itu barangkali kita perlu waktu hingga 1 (satu) tahun kedepan.

3. Navigasi Menu

Untuk sistem navigasi Menu, setidaknya ada 4 (empat) sistem yang diperkenalkan oleh BLackBerry yaitu TrackWheel, TrackBall, TrackPad dan tentu saja sapuan jari pada seri layar sentuh. Sekedar Informasi, yang dimaksud dengan TrackWhell adalah roda yang berada disisi kanan ponsel, biasanya digunakan pada seri lama, serupa dengan Jog Dial ponsel pintar milik Sony Ericsson. TrackBall berada dibagian bawah layar dan dapat dikenali dari keberadaan bola kecil yang dapat digulirkan dengan ibu jari, sistem ini memiliki kelemahan  yang sama seperti yang digunakan oleh Mouse pada PC terdahulu, yaitu macet akibat kotoran atau debu yang menempel pada roda penggerak bola. Sedangkan TrackPad yang pada akhirnya diadopsi oleh ponsel rilis terkini menggantikan sistem navigasi TrackBall.

4. Koneksi

Internet merupakan tawaran paling utama dari sebuah ponsel BLackBerry. Dari aktivitas browsing, mengirim/menerima email hingga yang belakangan booming, beraktifitas dengan jejaring sosial. Untuk dapat melakukan hal itu diperlukan koneksi internet yang memadai, minimal cepat namun murah dari segi biaya. Memang benar beberapa seri ponsel BLackBerry telah mendukung frekuensi 3G atau HSDPA, namun jujur saja hampir sebagian besar pengguna ponsel ditanah air belum mampu merasakan manfaatnya secara langsung dengan biaya yang murah. Untuk itu jika ingin merasakan asyiknya internetan murah dan cepat tanpa menggunakan koneksi 3G, pada beberapa ponsel BLackBerry bisa ditemukan koneksi tambahan yaitu Wifi. Koneksi yang kini sudah mulai bisa dinikmati di berbagai tempat umum sekitar kota.

5. Memory Internal

Setahu saya ada 3 (dua) kapasitas yang pernah dirilis pada beberapa seri ponsel BLackBerry yaitu 64 MB pada ponsel seri lama, 256 MB pada seri-seri terkini dan 1 GB pada seri Bold dan Storm. Besaran kapasitas memory ini nantinya bakalan berpengaruh pada banyaknya aplikasi tambahan yang dapat disuntikkan kedalam ponsel yang akan berbanding terbalik dengan efek kecepatan akses yang ditimbulkan.

6. Prosesor

Tidak banyak pengguna ponsel yang menyadari perihal besaran prosesor yang diadopsi oleh masing-masing seri ponsel. Intinya, semakin besar prosesor yang ditanamkan pada tubuh ponsel, baik akses maupun respon yang diberikan oleh ponsel akan semakin gegas dirasakan. Sayangnya semakin besar prosesor yang digunakan, semakin memperpendek usia batere dengan penggunaan yang sama.

7. Fitur Pendukung

Pertimbangan terakhir ini meliputi kemampuan tambahan yang disertakan dalam ponsel, misalkan keberadaan GPS, besaran kamera atau autofokusnya, dan lain-lain. Fitur pendukung ini biasanya bakalan berguna untuk melengkapi aktifitas utama yang dilakukan.

Bagaimana ? ada yang terlewatkan ?

Saya sengaja tidak mengulas terkait fitur jualan utama BLackBerry seperti push email, BB Messenger dan lain sebagainya lantaran fitur-fitur ini tersedia secara default pada masing-masing seri ponsel milik BLackBerry. Semoga tips diatas dapat berguna bagi Anda. Salam dari Pusat Kota Denpasar.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

7 thoughts on “Tujuh Pertimbangan Utama dalam Memilih Ponsel BLackBerry

  • February 28, 2010 at 4:30 am
    Permalink

    ponsel gw tetep dari dulu ampe skrg nokia 1100 coz awet, battere tahan lama bisa ampe seminggu and gak pernah gangguan sinyal.. mau ganti yg lain sayang, mending ganti laptop aja 🙂

  • February 28, 2010 at 6:42 am
    Permalink

    Yah, kali ja sebelum beralih ke laptop, pingin nyoba BB dulu. Hehehe…

  • February 28, 2010 at 11:57 pm
    Permalink

    Butul bli, jangan lupa kontak kita klo butuh laptop baru yee …

    *bakul mode ON

    -Balinotebook.com-

  • March 1, 2010 at 3:56 am
    Permalink

    Ya, kali ja nanti pas dah jadi Guru Besar, ada niat lagi. ;p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *