Menu
Categories
Bakalan makin jarang nge-BLoG
February 23, 2010 tentang DiRi SenDiri

Makin kesini rupanya yang namanya Mood buat nge-BLoG ternyata makin ancur. Padahal baru beberapa waktu lalu didaulat siaran bareng Bali Blogger Community di BaliFM, mengulas tentang ‘stamina nge-BLoG’. Eh… ternyata kena batunya juga.

Sebetulnya bukan lantaran ide yang mentok, karena yang namanya ide tuh banyak banget, tapi sayangnya yang namanya waktu buat menuangkan ide kedalam satu bentuk tulisan kok dirasa makin sempit ya ? padahal saat ini sudah gak lagi terbebani oleh tugas-tugas perkuliahan. Hmm… kira-kira apa yah yang patut dikambinghitamkan ?

Pekerjaan. Yang namanya PNS sebetulnya pekerjaannya gak banyak, tapi kalo mau diseriusin ngambilnya ternyata makan waktu dan energi. Apalagi kini sudah punya atasan baru yang jauh lebih paham tentang tugas dan kewajiban kami sesungguhnya. Pemikiran-pemikirannya itu sungguh luar biasa, sayangnya rata-rata kami belum mampu mengimbanginya. Mungkin lantaran masih keenakan dengan situasi sebelumnya. He…

Rutinitas. Pagi bangun tidur, menemani MiRah putri kecil kami hingga waktu mandi trus bersiap-siap dan ngantor. Sore pas pulang kantor, nyempetin buat istirahat sebentar trus menemani MiRah hingga waktu mandi tiba. Malam usai nyetrika menyempatkan diri buat online bentar, rasa-rasanya mata mulai mengantuk, tiada pilihan lain lagi, ya langsung tidur.

MiRah GayatriDewi, putri kecil kami. Sesuai ramalan beberapa buku yang dilahap, diusianya kini MiRah mulai menyukai kehadiran orang tuanya yang berbeda jenis kelamin, yang artinya ya si Bapak. Dari menungguinya bermain, ngajak ngobrol, nonton foto dan videonya hingga becanda. Mutlak harus dengan Bapak. Sikap yang kemudian lumayan membuat kecemburuan kakek neneknya yang kalo ada Bapak, langsung dicuekin. Bisa dimaklumi sebenarnya, lantaran kami hanya bersua pagi dan sore saja. Lepas malam, MiRah biasanya sudah bobo lebih awal. Apalagi saat tempo hari ditinggal liburan ke Malang-Surabaya. Praktis gak pernah sua…

Pekerjaan Sampingan. Bisa jadi barangkali lantaran hal satu ini yang menyebabkan waktu begitu banyak terkuras dari sebelumnya. Beberapa pekerjaan yang sedapat mungkin diambil diluar jam kerja kantor, nyatanya memakan porsi waktu yang cukup banyak. Apalagi terakhir, kegiatan Rehab Rumah Mertua Indah sudah mulai berjalan, praktis yang namanya waktu pulang kantor ya gak bisa seperti biasanya. Minimal, musti menyempatkan diri buat mampir nengokin pekerjaan dah sejauh mana diselesaikan. Kalopun kebetulan ada tugas kelapangan deket-deket situ sih asyik, bisa sekalian mampir, tapi kalo pas lagi ditugaskan kedaerah selatan ? Jimbaran, Bualu atau Nusa Dua ? wah… beneran, capeknya sepanjang perjalanan.

Rencana Reuni SMA… yang bentar lagi bakalan digelar di Restaurant Canang Sari. Ego pribadi yang tinggi menyebabkan proses penyebaran undangan Reuni yang semestinya bisa dibagi ke beberapa Rekan, malah ditanggung sendiri. Jadinya ya musti meluangkan banyak waktu buat mengedarkannya satu persatu ke 30-an Rekan yang ada dalam daftar rekan sekelas. Mengapa menyusut dari 41 orang, ada beberapa rekan yang berada diluar daerah lantaran tuntutan pekerjaan dan berhalangan hadir. dan Mengapa ditanggung sendiri, ya lantaran ingin tahu seberapa jauh perkembangan rekan-rekan baik secara fisik, pekerjaan ataupun sekedar melepas kangen… 15 tahun tak jumpa.

Apalagi yang namanya nge-BLoG setahun terakhir ini sepertinya gak asyik kalo belum bercerita panjang lebar. Sepertinya nanggung kalo cerita atau tulisan yang dipublikasi Cuma secuil seperti halnya tulisan atau posting BLoG dua tahun lalu. Minimal perlu waktu yang cukup dan pengembangan ide yang mengalir. Untuk hal ini pula akhirnya ketika waktu luang itu didapatkan, editing tulisan pada posting jauh sebelumnya pun dilakukan. Yang sekiranya gak layak dibaca ya terpaksa dipending, diubah statusnya jadi Draft. Yang sekiranya dapat mengundang amarah orang ya langsung dihapus agar tidak sampai melibatkan UU ITE. Yang sekiranya masih aneh kalo dibaca ya musti disensor atau edit lagi.

Masalahnya ketika mengetahui kalo ternyata banyaknya tulisan yang ada di BLoG ini sudah mencapai angka 1.444 tulisan termasuk yang masih tunggu tanggal tayang/publish. Edan gak ? seribuan tulisan yang musti dilihat kembali padahal yang namanya waktu luang dah mepet dan mata gak bisa diajak kompromi. Wah… bakal lama nih.

Entah apakah sekian banyak alasan diatas layak untuk menjadi kambing hitam atas kendurnya mood buat nge-BLoG, saya pribadi belum dapat memastikannya. Namun biasanya kalo sudah dalam kondisi begini, artinya si empunya BLoG musti mendapatkan angin segar kembali, entah dengan jalan-jalan mencari hijaunya persawahan barangkali…

"24" Comments
  1. To PanDe Baik,

    Dalam kehidupan semangat kadang naik kadang turun bak Tekanan darah yang kadang naik dan kadang turun atau normal.

    Yang penting tetap semangat.

    Salam sukses.
    .-= Basuki Pramana´s last blog ..Tersedot kloset =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Betul juga ya Dok. Terima Kasih untuk advisnya… 🙂

    [Reply]

  2. Mengapa mesti berhenti menulis / ngeBlog, sobat?

    Kata orang bijaksana, salah satu cara untuk meghilangkan Stres adalah dengan menulis. Menulis apa saja: catatan harian, artikel, surat cinta, dll.

    Jangan patah semangat. Selama masih ada Junior, maka hidup itu akan lebih indah. Percayalah.

    [Reply]

    pande Reply:

    he… ini tulisan lama Dok… Februari lalu… meski “maunya” jarang ngblog, tapi rupanya gak berhasil… tetep saja pandebaik.com update tiap 2-3 hari sekali. hehehe…

    [Reply]

Leave a Reply
**** *