Minuman Sari Alang-alang UKM R.Rovit Batu Jawa Timur

36

Category : tentang PLeSiran

Tuhan menciptakan berbagai jenis makhluk hidup didunia ini agar dapat saling membantu satu sama lain untuk membuat hidup jauh lebih bermanfaat.

Apa yang tersirat dipikiran Anda apabila saya menyebutkan salah satu makhluk ciptaan-Nya yang bernama Alang-alang ? satu tumbuhan yang tidak berguna ? rumput yang secara rutin harus dibersihkan dari halaman ? atau malah bisa jadi salah satu pengobatan alternatif untuk keluhan hipertensi, diare dan kencing batu ?

Adalah R.Rovit, salah satu UKM yang berkumpul dalam satu wadah Jaringan Usaha Kota Batu Jatim yang bernama GRAS (Guyub Rukun Agawe Santoso) dan berdomisili di jalan Trunojoyo Kelurahan Songgokerto, mencoba mengolah hasil pertanian disekitar lingkungan mereka agar mampu memberikan manfaat secara optimal. Salah satu yang saya temui adalah Minuman Sari Alang-alang.

Minuman ini dibuat dari akar alang-alang yang dioven dan dikeringkan untuk kemudian diolah dengan gula batu dan diklaim mampu menyembuhkan beberapa keluhan penyakit seperti yang saya katakan diawal tadi. Sekedar informasi, Alang-alang adalah sejenis rumput yang berdaun tajam dan kerap menjadi gulma dilahan pertanian.

Saya bersua dengan mereka secara tidak sengaja, hanya karena ingin mencari segelas kopi hangat diseberang hotel tempat kami menginap saat liburan beberapa waktu lalu. Dari keterangan ibu Sulastri, R.Rovit dikelola oleh keluarga bersama sang suami Ruslan Guntoro dan Anung Triboy. Nama R.Rovit sendiri diambil dari nama sang anak yang mengemukakan ide dan pengolahan produk, dan didirikan sejak tahun 1995.

Adapun beberapa produk mereka merupakan hasil pertanian lingkungan setempat seperti Alang-alang yang diolah menjadi minuman, baik siap minum maupun yang dikeringkan (dapat diolah sendiri). Apel Malang mereka olah menjadi minuman, kripik, jenang dan dodol, Bunga Rosella dalam bentuk kering dan dengan campuran kopi, Nangka, Jahe hingga Temulawak. Masing-masing produk ternyata dibimbing oleh Disperindag selaku penanggungjawab kualitas dan Depkes bertindak meninjau keamanan khasiatnya.

Untuk pemasaran, saat ini produk mereka sudah dapat ditemui di berbagai toko atau minimarket setempat seperti Well-Mart, Plaza Batu atau di Pusat Oleh-oleh yang terakhir kami kunjungi. Kisaran harganya sendiri sangat terjangkau oleh kantong. Produk Kripik 100 gram dijual seharga 7.500 saja, demikian pula dengan kopi Rosella, dodol ataupun Temulawak dan jahenya. Sedangkan yang sudah berupa minuman, dijual seharga 1.000 per cup. Sejauh pengamatan saya, untuk produk kripik biasanya dijual kembali seharga 10.000 (oleh pedagang yang mangkal disekitar hotel), 12.000 (di Pusat Oleh-oleh) dan 25.000 (di Bandara Juanda Surabaya).

Perihal rasa, dijamin uenak. Yang berupa minuman rasanya kurang lebih seperti jelly anak-anak namun dalam kondisi cair, sedang yang berupa kripik sangat gurih dan kriuk. Hihihi… saya sendiri sebelum meninggalkan hotel sempat memborong 4 bungkus kripik nangka, 4 bungkus kripik apel, dodol, jenang, kopi Bunga Rosella dan tentu saja beberapa biji minuman Alang-alang dan Bunga Rosella. Sekalian untuk oleh-oleh. Hehehe…

Ohya, bagi Rekan-rekan yang berminat (entah untuk dikonsumsi sendiri atau dipasarkan kembali) bisa menghubungi mereka secara langsung :

UKM R. ROVIT

  • Bapak Ruslan Guntoro
  • Ibu Sulastri
  • Anung Triboy

Alamat : Jl. Trunojoyo II Nusa Indah no.22 Kelurahan Songgokerto – Batu – Jatim

Telp : 0341 598716 atau 0341 9018106

BLoG : http://pesonaukm.blogspot.com/

Comments (36)

Sayang, samplenya dah pada laris diminta orang. Bawanya cuma dikit, eh ternyata disukai…

[Reply]

Padahal selama ini, alang2 selalu dimusnahkan oleh petani.
Mereka nggak tau kalau itu sangat bermanfaat.
.-= san´s last blog ..Lagu untuk hari Valentine =-.

[Reply]

tradisional yang menyeharkan tanpa efek samping nuy heheh
berkunjung n ditunggu kunjungan balikna

salam kenal
.-= darahbiroe´s last blog ..jumong prince of the legend | serial drama korea terbaik =-.

[Reply]

Boleh juga itu gan jadi lahan bisnis yang menggiurkan. Orang makin banyak yang kembali ke pengobatan alami. Salam
.-= ALRIS´s last blog ..Bakureh di Negeri Dhewe, Foya-Foya di Negeri Orang =-.

[Reply]

alang-alang sama dgn ilalang ya?
ad sampleny ga bli? he..
di bedugul ad ga? kn daerahny mirip dengan batu..

[Reply]

pande Reply:

Betul. Sampelnya yang kmaren dah habis dicobain. 🙂

[Reply]

saya msh aktif bekerja di bidang perbotolan kemasan botol beling. alangkah menariknya jika dikemas spesial dg Jar untuk selainya. saya ada yg volumenya 130 ml. terima kasih.

[Reply]

pande Reply:

Infonya saya lanjutkan ke ybs deh. Terima kasih sudah mampir…

[Reply]

EMH … rich delicious! alang2 drink useful for what?

[Reply]

pande Reply:

Please Check This out :
http://pesonaukm.blogspot.com/2009/08/alang-alang-imperata-cylindrical_16.html

[Reply]

nice info 😉

[Reply]

Mohon info berapa harga akar aalang2 kering, dikemas dalam ukuran berapa gram. Juga info harga minuman alang2, berapa harga/cup , minimum pembelian berapa/ Sy tinggal di jkt. Tks

[Reply]

pande Reply:

Hubungi mereka langsung ya…
Telp : 0341 598716 atau 0341 9018106

[Reply]

pemanfaatan alang untuk minuman sari alang-alang di atas kan memakai akarnya???? berarti batangnya tidak dipakai ya pak….

[Reply]

pande Reply:

Sepertinya batangnya juga digunakan, malah saya sudah banyak melihat kalo batang-batangnya tersebut dijual dalam kondisi kering di supermarket sini. Untuk lebih jelasnya, Kontak langsung yang bersangkutan ya. 🙂

[Reply]

kami berencana datang kesini bersama siswa dari jawa tengah tanggal 10 mei, sediakan kripik apelnya ya

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge