Menu
Categories
iPhone BT Simulator hanya sekedar Animasi perangkat iPhone
January 24, 2010 tentang TeKnoLoGi

Setelah sukses mencoba menjalankan dan menjajal kemampuan BlackBerry Device Simulator Development dan Windows Mobile 6.5 Device Simulator Development kini giliran berburu iPhone Device Simulator Development. Tujuannya ya tiada lain hanya ingin tahu seperti apa sih sistem operasi yang ditanamkan pada iPhone tersebut ? Kan tempo hari sudah pernah mencoba langsung menjajal iPhone 3G ? hehehe…

Setelah bolak balik mencari di mbah Google, ternyata apa yang saya harapkan tidak dapat terwujud berhubung iPhone Device Simulator Development yang disediakan hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Mac, bukan Windows. Kendati demikian untuk mengobati rasa penasaran pengguna sistem operasi Windows, seorang Shaun Sullivan berkenan membagi sedikit pengetahuannya terkait iPhone Device Simulator yang dinamakan iPhoneBT. Sebuah aplikasi berukuran 8,44 MB yang difungsikan sebagai simulator dari sebuah device iPhone untuk pengguna sistem operasi Windows.

Kecilnya ukuran file (tak sampai 10 MB-bandingkan dengan simulator yang lain minimal 75 MB) membuat saya ragu apakah benar aplikasi ini akan dapat berfungsi sebagaimana layaknya sebuah Device Simulator yang dapat diotak-atik hingga ke sub menu terdalam ataukah hanya sebuah installer seperti halnya Google Earth 5.0 yang kemudian memaksa penggunanya menginstalasi aplikasi secara online ?

Setelah mengeksekusi aplikasi ini barulah keraguan saya terjawab. File ini bukanlah sebuah file installer melainkan sebuah aplikasi yang sudah ‘jadi’ dan pengguna tinggal menggunakannya tanpa perlu menunggu waktu lama. Tidak seperti kedua Simulator Device sebelumnya, iPhone BT tidak memerlukan waktu start-up untuk memulai sistem operasi siap dijalankan.

Kesan pertama dari aplikasi ini adalah ‘this is iPhone’. Tampilan layar aktif atau deretan icon Menu memang sesuai device aslinya, demikian pula saat mencoba kembali ke layar utama dengan menekan satu-satunya tombol yang ada dibawah layar. Tak hanya itu, diberikan pula opsi untuk mengunci dan membuka layar yang dikenal dengan teknologi ‘Slide to Unlock’. Benar-benar seperti memiliki sebuah device iPhone.

Tapi sayang kekaguman saya tidak berjalan lama lantaran ketika mencoba untuk mengakses icon Menu, tampilan layar hanya berubah sampai tampilan dari Menu yang dipilih. Tidak ada pilihan untuk opsi ‘Option’, seperti halnya kedua simulator lainnya, tidak ada area interaktif yang dapat digunakan untuk menulis sms/pesan, menyimpan Contact ataupun membuat Note. Pula tombol back ataupun pilihan meng-customize tampilan. Area layar sentuhnya pun tak berfungsi sebaik Windows Mobile 6.5 Device Simulator Development, hanya mengkhusus berada pada icon Menu dan tombol dibawah layar. Rupanya aplikasi ini hanyalah sebuah animasi tampilan dari sebuah device bernama iPhone.

Jadi kurang lebih aplikasi iPhoneBT ini hanyalah diperuntukkan sebagai pengobat rasa penasaran bagi mereka yang ingin tau bagaimana tampilan awal/aktif iPhone plus tampilan awal masing-masing Menu yang dimiliki. Bukan difungsikan untuk pengembangan aplikasi ataupun menjajal sistem operasi lebih jauh. Yaaaaaahhhh…

"11" Comments
  1. Nah kanggoang malu montoan :mrgreen:

    Btw, ada ga software gratisan untuk nge-blok sms atau filter di hp nokia? Kalau pakai KAV kan bayar, muahal lagi 😀
    .-= Cahya´s last blog ..Kode Etik Narablog Dokter dan Petugas Kesehatan =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Tuh, dah dijawab ma dr.Basuki Pramana di Cirebon. Beliau Blogger juga loh…

    [Reply]

  2. Saya pakai Nokia E63, kadang kala masuk SMS yg nawarin iklan atau salah sambung. Nyeblein juga ya. Lalu saya minta diinstall ( di Counter HP, Rp. 15.000,- ) softwarae Handy Black List utk Nokia. Bila ada SMS yg negerepotin, masukkan saja ke dalam daftar Block. Bila lain kali ia dari NO HP yg sama kirim SMS / mau bicara, pasti tidak bisa nyambung ke HP kita. Bila mau di batalkan dari daftar Black list lakukan menu UnBlock. Caranya simple tapi banyak manfaatnya. Semoga berhasil.
    .-= Basuki Pramana´s last blog ..Tersedot kloset =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Terima Kasih untuk masukannya Dok. Tumben mampir. hehehe… untuk nge-blok/filter SMS sebetulnya banyak kok yang disediakan untuk ponsel Nokia tapi mengkhusus ke yang mengadopsi OS Symbian 60 saja…

    [Reply]

  3. To Pande baik,

    Wah…masih rajin dan sempat membuat tulisan tentang HP
    .-= Basuki Pramana´s last blog ..Tersedot kloset =-.

    [Reply]

    pande Reply:

    Tetap eksis Dok. hehehe… Mengisi waktu Luang.

    [Reply]

  4. Pingback: PanDe Baik » Blog Archive » Symbian 60 Device Simulator Development

  5. Nice post. I like my iphone very much.I have been using iphones for quiet some times . It is fun to watch tv on iphone

    [Reply]

  6. mana link download-nya om? ane kan pengen nyoba juga gan 😀
    .-= Pascal´s last blog ..UFO Menurut Al Qur’an =-.

    [Reply]

  7. Nice information.Thanks !

    [Reply]

  8. Pingback: PanDe Baik » iPad dan iPhone Simulator ? Enggak Deh…

Leave a Reply
*