Lindungi Privacy dan Keamanan ber-FaceBook

Pernah mendengar atau membaca berita yang isinya tentang seseorang yang menuntut temannya sendiri dengan pasal pencemaran nama baik menggunakan UU ITE hanya karena komentar atau kata-kata ejekan di dinding/wall profil FaceBook ? jangan sampai hal-hal seperti itu terjadi pada diri Anda sendiri.

FaceBook sebagai salah satu situs pertemanan yang sudah mendunia memang memiliki sejuta kenikmatan yang terkandung didalamnya. Semua pengguna tanpa terkecuali diijinkan menggunakan kenikmatan tersebut hingga akhirnya banyak yang terlena dan malah mengundang sejuta masalah dalam hidupnya.

Kasus pencemaran nama baik, putus cinta hingga perceraian, atau dipecat dari perusahaan agaknya menjadi hal yang biasa terjadi ketika FaceBook itu mulai digemari. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada pihak-pihak yang merasa dilecehkan atau benar dalam sudut pandangnya pribadi, FaceBook ternyata selain menyediakan tips-tips berguna juga mempersiapkan pilihan guna menutup celah ketidaknyamanan saat ber-FaceBook. Pilihan itu disebut Privacy Setting.

Privacy Setting/Pengaturan Privasi adalah satu dari tiga pengaturan (dua lainnya yakni Account dan Applications Setting) yang disediakan oleh pihak penyedia FaceBook, untuk mengatur tingkat kenyamanan dan keamanan saat melakukan aktifitas di jejaring sosial FaceBook. Pengaturan ini dapat diakses melalui deretan menu sejajar logo FaceBook dalam blok biru tua warna khas milik FaceBook, tepatnya disebelah kanan nama/username akun yang bersangkutan.

Ada 5 (lima) opsi yang terdapat dalam pilihan Privacy Setting yakni berkaitan dengan Profile Information (wall/dinding, info, tanggal lahir, photo album hingga ijin untuk meninggalkan/menanggapi komentar), Contact Information (email, website, alamat, kota hingga permintaan hubungan pertemanan-add me as friend), Applications and Website (kurang lebih maksudnya sama dengan tulisan saya sebelumnya perihal notifikasi atau aplikasi yang aktif dan dapat ditampilkan pada wall/dinding Profile), Search (mengantisipasi pilihan hasil pencarian terkait nama dan info yang kita miliki) dan Block List (kurang lebih berfungsi sama dengan aplikasi atau aksi Black List, hanya di FaceBook, orang yang masuk daftar ini sama sekali tidak diijinkan melihat apapun yang berkaitan dengan profil kita termasuk kemungkinan mengajukan hubungan pertemanan).

Pada masing-masing menu pilihan yang disajikan 5 (lima) opsi diatas, rata-rata memberikan pilihan siapa yang boleh melihat informasi yang disajikan halaman profil kita. Apakah semua orang (termasuk yang tidak kita kenal), Hanya teman (yang ada dalam list/daftar), Teman dari Teman ataukah oleh Orang-orang terentu saja (Customize/Spesific People). Terkait spesific people ini, pilihannya bukan hanya diperbolehkan melihat tapi ada juga pilihan untuk menyembunyikan informasi terkait dari orang-orang tertentu tersebut.

Ketika pilihan diatas sudah diatur secara lebih cermat, maka bolehlah kita berharap bahwa masalah-masalah yang seharusnya tidak sampai keranah pengadilan tidak akan terjadi dan menimpa kita. Kendati demikian tetaplah kita musti mampu menjaga diri agar tidak sampai memulai satu masalah dengan teman atau orang lain diranah FaceBook.

Waspadalah ! Waspadalah !!!

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

27 thoughts on “Lindungi Privacy dan Keamanan ber-FaceBook

  • January 19, 2010 at 2:05 pm
    Permalink

    thanks yach nasehatnya 🙂 skrg semakin marak pencurian account

  • January 21, 2010 at 7:05 am
    Permalink

    mengamankan posisi dibawah pertamax apakah boleh bli pande??^_^ hehe (bercanda)

    memang sebagian besar pengguna facebook, belum tahu d(atau tidak mau tahu) akan pentingnya settng privasi ini.

    dan yang lebih fatal kadang orang lupa bahwa facebook adalah ruang publik

    mereka seenaknya saja berkomentar, kemudia mengupload foto atau video sembarangan, dan yang sering terjadi, saat mengupdate status pun, status yang menurut saya amat pribadi, malah terposting, dan terlihat oleh banyak orang. sungguh amat disayangkan. Semoga dengan artikel dari bli pande, rekan2 menjadi sadar untuk menset facebook profile mereka supaya tidak terlalu viral.

    salam hangat bli…^_^

  • January 21, 2010 at 7:14 am
    Permalink

    Setidaknya untuk berjaga2 akan sesuatu hal yang tak diinginkan. He… Terima kasih atas masukannya…

  • January 26, 2010 at 6:38 pm
    Permalink

    Yea well, what can you expect. do you recall when facebook changed their privacy settings so that the default choice was ‘everyone’? I think they only did that with the intent to increase net number of pages visible in search engines and to all their users. They did this simply for money, because they knew that if more people saw more pages, they would make more money off of the advertisments. And they made this choice without caring for their users current privacy settings. But hey, what can you expect. Facebook is a corporation, and corporations make money.

Comments are closed.