X

Cantumkan alamat akun FaceBook pada Kartu Nama Anda

Pernah punya kartu nama ? Jika pernah, apa yang Anda cantumkan pada selembar kecil kartu tersebut ? Bisa jadi Nama, alamat, nomor telpon rumah, kantor atau ponsel, logo perusahaan, kemampuan atau keahlian bisa juga alamat website atau email. Tapi tahukah Anda bahwa sebuah alamat didunia maya atau yang dikenal dengan sebutan link (pranala) yang menuju pada akun FaceBook yang Anda miliki juga dapat dilampirkan sebagai salah satu referensi ? Atau katakanlah pernah gak terpikirkan bagaimana caranya agar orang yang memegang kartu nama kita kelak atau orang yang baru saja kita kenal dapat dengan mudah menemukan akun FaceBook Anda dan memulai sebuah pertemanan ?

Berikut adalah contoh sebuah alamat didunia maya (link/pranala) yang secara default akan menuju ke sebuah akun milik seorang famili saya, Gung ‘Jantuk’ Januardika. Semoga BeLiau mengijinkan saya untuk meminjam alamat berikut sebagai contoh dalam tulisan ini. Ohya, berikut link yang saya maksud.

http://www.facebook.com/profile.php?id=1799917013

Melihat panjang dan banyaknya jumlah karakter yang terkandung dalam link tersebut, kira-kira apakah alamat tersebut akan langsung ditampilkan dalam Kartu Nama Anda ? Yakin ? hehehe… sebenarnya bisa saja kok. Masalahnya bagaimana caranya menampilkan alamat tersebut dalam satu format sederhana ?

Berikut langkah-langkahnya. Pertama, lakukan login atau masuk ke akun FaceBook Anda. Jika sudah, silahkan akses alamat berikut dengan cara meng-copy paste-kan alamat berikut pada kolom alamat yang ada dalam jendela web browser yang Anda gunakan.

http://www.facebook.com/username

Layar halaman web browser akan menampilkan beberapa pilihan Username yang dapat Anda pilih dan gunakan sesuai dengan Nama Profil pada akun FaceBook.  Andaikata dari pilihan tersebut tidak ada yang berkenan, Anda dapat memilihnya sendiri. Jika sudah klik pada tombol ‘Cek Ketersediaan’.

Apabila Username tersedia dan dapat digunakan, yakinkan kembali pikiran Anda. Karena FaceBook hanya menyediakan opsi Sekali saja untuk mengubah alamat menjelimet tadi dalam sebuah bentuk yang sederhana.

Untuk melihat apakah usaha anda berhasil atau tidak, silahkan mencoba mengakses akun FaceBook Anda dengan menggunakan Username yang telah anda pilih dengan mengetikkan alamat sebagai berikut http://www.facebook.com/(username yang telah dipilih/dikonfirmasi)

Berhasil ?

Selamat… Kini Anda dapat memanfaatkan alamat tersebut sebagai usaha membangun jaringan pertemanan baru lewat jejaring sosial FaceBook, entah akan dicantumkan pada Kartu Nama atau signature email. Bisa juga pada halaman khusus yang menjelaskan keberadaan didunia maya seperti yang saya tampilkan pada Sistem Informasi Jalan Raya Kabupaten Badung dihalaman Kontak Kami.

Categories: tentang TeKnoLoGi
pande: hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik