Aktifitas FaceBookers terganggu aplikasi gak jelas ? Non-aktifkan saja !

27

Category : tentang TeKnoLoGi

Masih di arena FaceBook, beberapa rekan kadang begitu rajin mengirimkan kita aplikasi-aplikasi meliputi gifts (hadiah), quiz, rekomendasi games atau tawaran keikutsertaan group, event dan lain sebagainya. Untuk orang yang memiliki banyak waktu luang saya jamin sangat menikmati pemberian atau tawaran tersebut, karena memang itulah salah satu daya tarik jejaring sosial ini.

Demikian pula saya rasa bagi mereka yang baru berkenalan dengan situs pertemanan bernama FaceBook. Lantaran minimnya pengetahuan atau malah ketidaktahuan apa maksudnya, semua aplikasi dan permintaan atau pemberian tersebut diterima dan diikuti (dilanjutkan) serta disebarkan kembali. Hingga pada akhirnya pemberitahuan yang secara otomatis dilakukan oleh server FaceBook langsung memenuhi halaman Wall/Dinding profil yang bersangkutan plus dipojokan bawah pada tampilan PC.

Sayangnya tidak semua aplikasi, quiz, hadiah ataupun games tersebut sesuai dengan keinginan kita. Ada kalanya pemberitahuan atau penawaran itu sepertinya mubazir, tidak nyambung atau malah cenderung ngawur, gak jelas maksud dan tujuannya. Untuk yang satu ini jelas-jelas akan sangat mengganggu. Trus, bagaimana cara untuk mengatasinya ?

FaceBook pada dasarnya memang ditujukan untuk sharing bersama teman, namun ketika kita merasa bahwa itu semua mulai mengganggu namun tetap ingin terkoneksi seperlunya saja, mereka menyediakan opsi bagi para penggunanya untuk memberlakukan aturan sendiri pada akun masing-masing.

Pengaturan ini mencakup Privacy seperti siapa saja yang dapat berinteraksi ataupun melihat keberadaan kita di FaceBook, entah semua orang, hanya teman, teman dari teman bahkan melarang orang-orang tertentu untuk mengaksesnya. Ada juga pengaturan terkait aplikasi, dari sejauh mana aplikasi tersebut digunakan hingga pemberitahuan terkait penggunaan aplikasi tersebut.

Pengaturan tersebut dapat diakses melalui menu Setting/Pengaturan yang terdapat di sisi atas halaman pada blok warna biru khas FaceBook, tepatnya disebelah kanan nama akun yang digunakan. Untuk Privacy bisa diatur langsung dengan men-drop down pilihan seperti uraian diatas sedangkan untuk pengaturan aplikasi dan pemberitahuannya tinggal menghilangkan centang (tanda rumput) yang ditandai pada aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu, apabila sebuah aplikasi sudah dirasa mengganggu ya tinggal menekan tanda silang yang berada disebelah kanan nama aplikasi tersebut. Hal ini berlaku pula untuk menghilangkan atau memutuskan hubungan pertemanan dengan seseorang yang pula dianggap mengganggu kenyamanan beraktifitas.

Akses menuju pengaturan aplikasi ini dapat pula dilakukan melalui pojok kanan bawah dibagian Notification. Andaikan aplikasi, quiz dsb yang terlanjur diikuti sudah terlalu banyak, setiap kali usai menghilangkan centang (tanda rumput) yang ditandai, disarankan untuk me-Refresh halaman kembali dengan menekan tombol F5. Tindakan ini untuk menampilkan pemberitahuan aplikasi yang masih berlaku.

Apabila langkah-langkah tersebut dilakukan, silahkan melakukan pengujian sejauh mana tingkat keberhasilan dicapai. Bisa dilihat pada halaman Wall/Dinding tidak lagi dipenuhi oleh pemberitahuan/penawaran untuk mengikuti sebuah aplikasi, quiz dsb dan Notifikasi/Pemberitahuan yang berada pada area pojokan kanan bawah tidak lagi menampilkan pemberitahuan sejenis.

Comments (27)

baru ngerti maksud ‘Tak bersalam itu. :p

[Reply]

hehehe… iya deh. Tapi menyusul… 🙂 Tumben mampir pak Komandan ?

[Reply]

tips yang sangat berguna bli..

saya sih biasanya langsung ignore aja, hehe
.-= imadewira´s last blog ..Apa Yang Sebaiknya Jangan Dilakukan di Facebook =-.

[Reply]

pande Reply:

Tapi biasanya kalo ada yang mengundang ya keliatan lagi Wir. Kalo dgn cara diatas, dijamin gak ngliat hal yang sama kelak. 🙂

[Reply]

[…] Aktifitas FaceBookers terganggu aplikasi gak jelas ? Non-aktifkan saja ! […]

While I wasdoing some browsing and noticed your website looks a bit confusedin my netcapeinternet browser. I think I’m the only one still using it….

[Reply]

Wah…ada spam… hajar!!! :mrgreen:
.-= Cahya´s last blog ..Setelah Mencoba DISQUS Commenting System =-.

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge