Need For Speed Undercover

Games dengan tipe ‘fisrt person shooter’ boleh jadi terfavorit yang saya mainkan sejak pertama kali mengenal PC, namun kegemaran itu mulai kendur ketika pernikahan saya jalani. Jiwa yang dahulunya meledak-ledak mendadak lembut begitu mendapatkan sentuhan Istri. Hehehe…

Lima tahun berlalu tanpa sekalipun saya berminat dengan games yang dapat memunculkan adrenalin ketitik tertinggi, namun secara kebetulan awal November lalu, atasan saya meminta tolong menginstalasi sebuah games bergenre balap mobil ‘Need For Speed ProStreet’ untuk dimainkan putranya nanti. Tidak ada yang istimewa sebenarnya dari proses instalasi, hanya memerlukan barisan abjad sebagai Serial Number sebelum proses dilakukan. Lantaran saat itu saya disibukkan untuk mempersiapkan diri mengikuti wisuda, games tersebut saya abaikan. Baru pasca wisuda, ada ketertarikan ingin tahu seperti apa sih rupa games tersebut ?
NFS 1

Mendapatkan informasi bahwa NFS ProStreet merupakan rilis game yang agak jeblok dipasaran, sayapun mencari seri yang belakangan dihadirkan NFS Undercover. Games yang sebenarnya dirilis awal tahun 2009 ini kabarnya merupakan usaha untuk mengembalikan kedigjayaan games bergenre balap ini, salah satunya menonjolkan peran serta polisi dalam menghentikan laju kendaraan yang dipacu dengan kecepatan tinggi.
NFS 14

Need For Speed Undercover hanya dapat dijalankan pada PC yang sudah mengadopsi sistem operasi minimal Windows XP Service Pack 2 atau Windows Vista dengan prosesor Pentium IV 3,2 GHz dan memory 1 GB, Directx 9.0 yang kompatibel dengan kartu grafis 128 MB. Dalam percobaan yang dilakukan ternyata jenis kartu grafis yang digunakan akan banyak berpengaruh pada tingkat detail dan kecepatan permainan. Dalam spesifikasi minimum terdapat dua jenis kartu grafis yang dianggap mampu mendukung yaitu ATI Radeon seri 9500 keatas, x550 atau HD 2400 keatas dan NVidia GeForce 6600 keatas.

Kenyataannya penggunaan kartu grafis ATI Radeon (laptop Compaq CQ40 -Windows Vista) dengan menggunakan pengaturan grafis default terasa lebih lambat dalam menjalankan permainan ketimbang penggunaan kartu grafis NVidia Geforce (laptop Acer 4535 -Windows XP). Ketidaknyamanan jalannya permainan akan sangat terasa pada pengaturan grafis pada tingkat paling tinggi, walaupun tampilan games terlihat sangat halus dan real, namun frame yang patah-patah disepanjang balapan sangat mengganggu, membuat kontrol terhadap kendaraan yang digunakan tak mampu dikuasai dengan baik. Hal ini dapat diatasi dengan menurunkan semua pengaturan grafis ketingkat yang paling rendah. Yah, ga’pa-pa lah, ketimbang macet-macetan. Hehehe…
NFS 16
Need For Speed Undercover dimulai dari adegan ‘meloloskan diri dari kejaran polisi pada satu trek dengan menggunakan kendaraan default -Nissan Silvia S15- dilanjutkan dengan satu video pembuka yang durasinya kurang lebih 2 menitan. Bagi yang tidak sabar ingin menjajal permainan tentu saja hal ini akan sangat mengganggu karena tidak bisa dinonaktifkan atau dilewati, jadi nikmati saja.

Bagaimana dengan tantangan permainan yang disajikan dalam games Need For Speed Undercover ini ? simak tulisan saya berikutnya.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

19 thoughts on “Need For Speed Undercover

  • November 27, 2009 at 12:58 am
    Permalink

    Jelaaaasss…

  • November 27, 2009 at 1:00 am
    Permalink

    Silahkaaann…

  • November 27, 2009 at 1:00 am
    Permalink

    cukup via laptop… :p

  • November 27, 2009 at 1:58 am
    Permalink

    Mas Win kesurupan…ingat besok traktir..

    saya pernah maen dulu Pak, tapi yang Undergorund…yang Undercover pernah dulu Install tapi keseringan macet2…

  • November 27, 2009 at 3:23 am
    Permalink

    Hehehe… Sudah biasa tuh Ka. TTg macet2 itu mungkin krena kartu grafis yang kurang memadai…

  • November 27, 2009 at 7:22 am
    Permalink

    sama dg eka. saya jg prnah mainin nfs 2. pke kmptr pentium 4. skg klo pke acer 4535 brarti bs buat main dg quality bagus ya?

  • November 27, 2009 at 8:03 am
    Permalink

    Yup, cobain lagi dan buktikan… :p

  • November 27, 2009 at 10:25 am
    Permalink

    RPG itu yang kaya’ the Sims atw Command and Conq itu ya ? yang perlu pemikiran, strategi dan kesabaran ?
    Hihihi… kalo bener, untuk saat ini saya belum menemukan games seasyik ‘Theme Hospital’. game lawas tentang merancang sebuah Rumah Sakit diatas sebidang lahan. Targetnya bisa jumlah pengunjung, total benefit bisa juga penghargaan.

  • November 27, 2009 at 11:08 am
    Permalink

    SIMS sepertinya masuk ke golongan game Simulations, sedangkan Red Alert Command & Conquer masuk ke bagian RTS (real time strategy).

    RPG (role playing game) lebih sedikit santai, masuk ke dolongan ini seperti Final Fantasy, The Last Remnant dll.

    Oh…, game RS ya? Saya malah belum pernah dengar. Game lawas favorit saya adalah Final Fantasy VIII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *